Kamus Istilah Properti

Rumah Tusuk Sate

istilah properti

Rumah Tusuk Sate

Rumah tusuk sate merupakan rumah yang lokasinya berada di ujung jalan tegak lurus sehingga membentuk sate jika dilihat dari atas. Rumah tusuk sate dianggap rumah yang tidak layak huni karena memiliki energi yang terlalu besar dan bisa membahayakan penghuni rumah.

Apa itu Rumah Tusuk Sate

rumah tusuk sate
(Warta Bromo)

Rumah tusuk sate pada umumnya sama seperti rumah lain. Tidak ada yang berbeda dari segi bangunan, fungsi, atau hal lain. Namun yang membedakan hanyalah letaknya yang berada di ujung jalan. Menurut aliran feng shui, rumah tusuk sate menerima energi yang besar sekali dari arah depan. 

Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi penghuni rumah. Misalnya saja ketika dari arah depan ada kendaraan yang melaju dengan cepat, bisa jadi rumah tusuk sate akan tertabrak. Kejadian ini sudah sering terjadi sehingga inilah yang menyebabkan banyak orang enggan membeli rumah ini. Jika dijual pun, biasanya harga rumah akan rendah dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitar. 

Mitos dan Fakta Rumah Tusuk Sate

rumah tusuk sate
(Interior Design)

Sebagai hunian yang lokasinya sedikit berbeda dan unik, menyebabkan rumah tusuk sate sering dikaitkan dengan hal-hal klenik dan sial. Hal ini menyebabkan banyak mitos bermunculan mengenai rumah ini dan sering kali menjadi tema film horor atau sekadar berita showbiz di internet. 

Mitos dan Fakta pertama: Rumah tusuk sate bisa menyebabkan penghuni rumah lebih mudah jatuh sakit. 

Faktanya, karena lokasi dari rumah ini yang berada di ujung jalan, dan sering dilewati oleh kendaraan maka debu akan menghinggapi rumah tersebut. Memang umumnya semua rumah yang dekat dengan jalan akan rentan kotor karena debu, namun karena rumah tusuk sate tidak mempunyai batas dengan jalan potensi terpapar debu lebih tinggi. Hal ini yang bisa memicu penghuni rumah sakit. Solusinya adalah penghuni rumah bisa menanam banyak tanaman di area taman, menghidupkan air purifier, dan membersihkan rumah setiap hari. Selain itu kamu bisa menempatkan ventilasi udara yang tidak langsung menghadap jalan utama dan lain-lain.

Mitos dan Fakta kedua: Rumah tusuk sate bisa membawa sial karena penghuninya rawan mengalami kecelakaan.

Faktanya, posisi rumah tusuk sate akan langsung menghadap jalan yang dilalui kendaraan. Dari arah depan, kendaraan bisa saja melaju kencang. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Solusinya adalah, kamu bisa memasang pagar di bagian rumah yang menghadap ke jalan. Kamu juga bisa memindahkan pintu utama ke arah samping. Kamu juga bisa memastikan ruang tidur harus berada di bagian samping atau belakang. Area yang menghadap ke jalan bisa kamu fungsikan sebagai taman atau gudang. 

Mitos dan Fakta ketiga: Rumah tusuk sate menyebabkan keluarga tidak harmonis karena dipicu suasana panas yang menghampiri.

Faktanya, rumah tusuk sate akan langsung menghadap sinar matahari di siang hari. Hal ini menyebabkan adanya penyimpanan suhu panas di area rumah pada siang hari, sehingga di malam hari rumah akan terasa gerah. Kondisi panas ini akan menyebabkan penghuni rumah mudah emosi. Solusinya, kamu bisa memasang pendingin ruangan untuk menurunkan suhu panas di sekitar rumah. Selain itu kamu juga bisa meletakkan banyak tanaman di dalam ruangan agar suhu tubuh lebih sejuk. Usahakan juga untuk memasang ventilasi udara agar aliran udara tetap baik.

Mitos dan Fakta keempat: Rumah jenis ini berpotensi mengundang perhatian para hantu. 

Faktanya, anggapan atau mitos ini muncul karena seringnya kita melihat film dan cerita yang mengumbar angkernya rumah tusuk sate tersebut. Sugesti yang muncul di otak bisa memicu ketakutan tersendiri. Jadi pastikan kamu mempunyai perspektif dan impresi positif dulu sebelum melakukan viewing rumah tusuk sate.

Hal yang membedakan Rumah Tusuk Sate dengan Rumah Lain

Umumnya, rumah ini sama dengan rumah lain. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara rumah tusuk sate dengan rumah lain. Misalnya saja paparan debu dan kotoran. Hal ini mengharuskan kamu untuk lebih intens membersihkan rumah. Jika ada dana lebih kamu bisa membeli alat-alat pembersih ruangan seperti air purifier untuk menetralkan udara di ruangan. 

Keuntungan Rumah Tusuk Sate

Rumah dengan bentuk seperti tusuk sate cocok digunakan sebagai lokasi toko atau outlet bisnis. Hal ini karena lokasinya yang strategis dan bisa langsung menarik perhatian siapa saja yang melewati jalan tersebut. Jadi tidak selamanya rumah tusuk sate ini dianggap sial ya Pins. Namun untuk mengantisipasi kecelakaan, kamu bisa menambah ketinggian bangunan lebih tinggi dari bangunan sekitar. Tujuannya agar melindungi area toko dari kemungkinan yang tidak diinginkan. 

Cara Merawat Rumah Tusuk Sate

Untuk merawat rumah yang membentuk tusuk sate, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Yuk dicek informasi selengkapnya.

Pertama pastikan kamu tidak hanya menyapu rumah, namun juga mengepel lantai dengan air agar debu-debu tidak menempel di lantai. Selain itu pastikan juga kamu membersihkan peralatan rumah tangga dan elektronik milikmu. Tujuannya agar debu tidak mengendap pada alat-alat elektronik. 

Nah itu saja Pins informasi mengenai rumah yang membentuk tusuk sate. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kamu ya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.