Pinhome

Tips Properti

Tips Desain Rumah Tropis Modern

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 22 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan sebuah tempat tinggal untuk melindungi manusia dari berbagai cuaca. Banyak sekali desain rumah yang bisa dipilih, salah satunya yaitu desain rumah tropis modern yang sangat cocok dibangun di indonesia.

Ada beberapa tips yang bisa dipelajari dan dipraktekan untuk membangun rumah dengan konsep tropis dan modern.

Baca Juga: Tips Desain Rumah Tropis Minimalis

Desain Rumah Tropis Modern

desain rumah tropis
(Shutterstock)

Di dalam membangun sebuah hunian, memang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Namun, biaya tersebut bisa kita hemat dengan mengotak-atik desain bersama layanan jasa desain rumah.

Misalnya, dengan mencari bentuk yang simple tapi tetap bagus. Apabila kita sedang memiliki rencana membangun sebuah hunian, maka membuat desain rumah tropis minimalis bisa dijadikan pilihan khususnya untuk daerah perkotaan yang memiliki lahan terbatas.

Rumah dengan desain tropis modern merupakan rumah yang cocok dibangun di daerah yang mempunyai iklim tropis. Iklim tropis terdiri dari 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.

Oleh karena itu, rumah tropis harus mampu menciptakan hunian yang nyaman pada saat cuaca kering di musim panas, serta pada saat cuaca dingin di musim hujan.

Selain itu, rumah tropis juga harus mengusung konsep rumah ramah lingkungan. Berikut beberapa tips desain rumah tropis modern.

Tema Rumah

Untuk membangun sebuah hunian, hal utama yang harus dilakukan biasanya kita informasikan kepada penyedia layanan jasa desain rumah untuk menentukan tema hunian.

Contohnya ketika kamu ingin membuat desain hunian tropis yang minimalis, maka harus menentukan tema kayu yang ingin digunakan untuk hunian tersebut.

Sebaiknya dengan menggunakan jenis cat pernis, karena hal itu akan membuat warna asli kayu tersebut akan terlihat semakin kuat.

Pemilihan Lantai

rumah tropis modern
(Shutterstock)

Jenis lantai yang cocok untuk desain hunian tropis modern yaitu menggunakan lantai porselen. Namun, jika kamu memilih tema kayu untuk hunian, maka dengan menggunakan lantai kayu akan membuat desain interior menjadi lebih sempurna.

Jika bahan material kayu dirasa cukup mahal, kamu dapat menggantinya dengan jenis lantai porselen yang bertema kayu. Hal tersebut akan menambah keindahan rumah minimalis modern.

Konsep Pintu dan Jendela

Kusen untuk pintu dan jendela merupakan aksen yang penting dalam sebuah bangunan rumah. Pemilihan kusen pintu dan jendela yang tepat akan memberi kesan tegas pada rumah tersebut.

Saat ini beberapa bentuk jendela sangat beragam, sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan selera. Namun harus tetap disesuaikan dengan tema rumah dan layanan jasa desain rumah tidak mengesampingkan fungsi jendela sebagai tempat sirkulasi udara.

Pemilihan Warna Cat

Pemilihan warna cat yang tepat untuk sebuah bangunan hunian juga harus kamu perhatikan. Untuk hunian dengan tema kayu, sebaiknya menggunakan warna yang senada.

Kamu dapat bereksperimen dengan menggunakan warna kayu asli karena akan memberikan kesan yang lebih natural, atau bisa ditambahkan dengan ornamen batu alam agar lebih terlihat natural dan bersahabat dengan alam.

Itulah beberapa tips dalam mendapatkan desain rumah tropis modern. Kamu dapat membangun hunian impian dengan bantuan layanan jasa desain rumah dan memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel