Pinhome

Uncategorized

Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Atap rumah merupakan salah satu dari bagian terpenting dari sebuah bangunan rumah karena atap rumah berfungsi untuk melindungi rumah dari panas matahari dan hujan. Atap rumah itu ibarat mahkota sehingga jika kita salah menentukan desain atap rumah minimalis khususnya akan berakibat fatal. Rumah bisa kelihatan tidak menarik dan penghuni rumah pun merasa tidak nyaman. Apalagi kita tinggal di Indonesia, jadi desain atap rumah minimalis haruslah mengakomodasi dua musim yakni musik kemarau dan musim hujan. Jangan sampai kita merasa tidak nyaman karena terkena terpaan sinar matahari yang menyengat dan curah hujan.

Prioritas utama untuk menentukan desain atap rumah minimalis dan pemilihan material adalah faktor cuaca. Bahan desain atap minimalis pun harus sesuai dengan kondisi iklim. Ya, desain atap rumah sebaiknya adalah tetap fungsional walau mengusung gaya. Desain atap rumah minimalis pun menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin membangun rumah. Kalau kita ingin membangun rumah dengan desain atap rumah minimalis, berikut beberapa tips desain atap rumah minimalis:

Tips Memilih Desain Atap Rumah Minimalis

  1. Kita harus memerhatikan bentuk atap. Atap rumah yang sering digunakan lazimnya ada dua jenis yaitu bentuk atap datar dan bentuk atap miring. Bentuk atap miring memerlukan konstruksi lebih rumit dan harus perlu lebih banyak material. Tetapi dengan konstruksi dan bahan tersebut, atap rumah tersebut mampu menahan panas matahari dan mengalirkan air lebih cepat ketika musim hujan. Berbeda dengan atap miring, atap datar berbentuk lebih simpel dan perlu material yang lebih sedikit. Tetapi dalam hal melindungi rumah dari panas matahari akan kurang optimal. Oleh karena itu, ketika musim panas tiba, rumah atap datar akan terasa lebih panas dibandingkan dengan atap miring. Kemudian ketika musim hujan tiba, atap datar tidak dapat mengalirkan air secepat atap miring.
  2. Kita harus memerhatikan bahan penutup. Jika kita memilih desain atap rumah minimalis, kita lebih leluasa dalam hal aplikasi jenis gentengnya. Untuk warna desain atap rumah minamlis sebaiknya gunakan warna abu-abu tua dan hitam.
  3. Untuk bahan desain atap rumah minimalis, kita juga bisa memilih seng sebagai bahannya, jika kita ingin harga ekonomis minimalis bagi rumah minimalis. Tapi faktor kenyamanan harus dikesampingkan.
  4. Tidak hanya faktor keamanan dan kenyamanan yang kita pikirkan tetapi juga nilai estetikanya agar ketika orang lain melewati rumah kita dan melihat maka akan indah terlihat. Pun begitu harus disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal kita agar tidak ada perbedaan yang mencolok dan tidak indah pula. Beberapa model desain atap rumah ada beberapa jenis. Kalau di Indonesia lebih baik memilih desain atap rumah minimalis yang bentuknya lancip karena memberikan sirkulasi udara yang baik apalagi Indonesia sering beriklim panas.
  5. Perhatikan kualitas bahan atap rumah dan sesuai dengan budget kita masing-masing. Kita yang ingin memiliki atap rumah yang awet dan desain atap rumah minimalis terbaik sebaiknya pilihlah atap rumah dengan bahan misalnya bahan sintetis yang ringan walau harganya agak mahal. Memilih harga murah hanya akan semakin merepotkan karena kita harus sering berganti atap rumah.

Untuk rumah minimalis memang pilihan desain atap rumah minimalis akan lebih mudah didapatkan tentunya dengan harga minimalis. Tetapi tentu kita pasti ingin yang terbaik oleh karena itu cermatlah dalam memilih desain atap rumah minimalis dan khususnya bahan atap rumah tersebut.

Tags :

Bagikan Artikel