BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Ide Desain Plafon Tinggi dan Keuntungannya
0
0

7 Ide Desain Plafon Tinggi dan Keuntungannya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki ruangan berluas mini namun menginginkan bentuk ruangan yang dapat terlihat lapang? Kamu bisa loh membuat desain plafon menjadi lebih tinggi dari pada umumnya. Hal ini bertujuan agar ruangan Kamu menjadi lebih lapang, walaupun sebenarnya memiliki luas yang mini. Simak artikel berikut ini supaya bisa menjadi referensi Kamu!

Kamu bisa menemukan rumah dengan plafon tinggi di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Atau Kamu juga bisa membangun rumah sendiri mengikuti desain Kamu untuk menciptakan ruangan berplafon tinggi di KPR rumah.

7 Ide Desain Plafon Tinggi dan Keuntungannya

Plafon merupakan permukaan interior yang berada di langit-langit rumah kalian untuk menutupi rangka struktur atap rumah agar terlihat lebih rapi dan cantik. Tentunya kalian tidak mau bukan jika tidak memiliki plafon! Saat memasuki rumah, kalian akan langsung melihat tampak kerangka-kerangka atap secara transparan. Sungguh kurang menarik pandangan. Interior langit-langit ini akan membuat ruangan demi ruangan di rumah kalian menjadi semakin bagus dan menarik.

Gypsum, asbes, hollow, triplek dan lainnya yang menjadi bahan dasar interior langit-langit ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mencegah masuknya hawa panas dan hawa dingin dari atas menuju ke dalam rumah. Inilah yang berfungsi menjaga suhu ruangan kalian menjadi nyaman. Fungsi plafon juga sebagai meminimalisir atau meredam suara yang berasal dari atap rumah. Jadi plafon akan sangat berguna untuk rumah Kamu Pins!

Sesuai pembahasan artikel ini akan berfokus pada plafon yang tinggi pada sebuah rumah. Kini plafon rumah memiliki berbagai desain dalam perkembangannya, salah satunya adalah desain plafon dengan ketinggian antara lantai dan langit lebih dari pada umumnya. Desain ini tercipta karena ketinggian sebuah plafon dapat menambah keindahan dan kenyamanan warga rumah, serta akan memberikan kesan yang lega dan luas. 

Berikut ini beberapa ide desain plafon tinggi dan keuntungannya:

1. Desain Plafon Tinggi Modern

desain plafon
Source : iStock

Desain plafon tinggi yang pertama dikemas dalam rumah bernuansa modern. Tepat di ruang tamu memiliki jarak antara lantai dan langit-langit yang sangat tinggi. Menggunakan desain satu ini akan membuat rumah Kamu nampak megah dan luas sekali Pins. Plafon tersebut dibuat menyambung dengan plafon pada lantai 2. Keuntungan dari penggunaan plafon yang tinggi salah satunya akan membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk.

Baca jugaPlafon Triplek atau Gypsum, Mana yang Lebih Baik?

2. Rumah Berdesain Plafon Tinggi Industrial

desain plafon
Source : iStock

Desain plafon tinggi kedua yang dapat Kamu ikuti yaitu desain rumah yang menerapkan gaya industrial. Dapat Kamu lihat penggunaan material baja ringan berwarna hitam dibiarkan menampak jelas, tanpa diselimuti dinding atau bahan pelengkap yang dapat menutupinya. Kaki-kaki baja ringan sebagai penopang yang diekspos menancap ke lantai, sengaja dibiarkan untuk menguatkan kesan industrial di rumah ini.

Rumah ini mengusung tema terbuka, terlihat dari penggunaan kaca-kaca besar dengan jumlah banyak yang membiarkan banyaknya cahaya yang masuk ke dalam area rumah. Atapnya dibuat terlihat rangka-rangkanya agar mendukung industrial di rumah ini. Kamu dapat mewarnai plafon Kamu dengan beberapa ide warna yang akan membuat bagus dan punya kesan minimalis.

3. Gaya Mezzanine Berplafon Tinggi

desain plafon
Source : iStock

Desain plafon tinggi berikut ini, yaitu menggunakan gaya mezzanine untuk mendampingi arsitektur ketinggian plafonnya. Langit-langit pada lantai bawah dibuat menyatu dengan langit-langit di lantai kedua. Gaya ini biasa dikenal dengan sebutan mezzanine. Plafonnya dibuat dengan berbahan kayu, tetapi dibuat tidak rata, melainkan terdapat bongkahan kayu yang disusun bersambungan.

Bagi yang belum tahu model mezzanine ini, merupakan sebuah arsitektur yang menambah ruangan dekat langit-langit yang berada di satu lantai agar memaksimalkan fungsi ruangan tersebut. Ini adalah alternatif jika Kamu ingin memaksimalkan ruang namun tidak ingin untuk menambah bangunan lagi di atasnya.

4. Rumah Berdesain Plafon Tinggi Satu Warna

desain plafon tinggi
Source : iStock

Desain keempat ini cocok untuk Kamu yang ingin membangun rumah dengan plafon tinggi satu warna agar nampak senada dan elegan. Dapat Pins perhatikan, desain rumah tersebut memiliki plafon yang tinggi berada di ruang penerimaan tamu. Plafon berwarna putih senada dengan dinding dan lantai rumah tersebut. Penambahan lampu-lampu yang seperti tertelan di dalam plafon semakin menambah kecantikan desain rumah satu ini. Keuntungan dari penggunaan plafon tinggi ini adalah ruangan Kamu akan terlihat lebih besar dan luas. 

Sebelum memutuskan untuk membuat plafon, Pins dapat mengetahui rincian biaya plafon rumah dan cara menghitungnya.

5. Desain Plafon Tinggi Modern nan Unik

desain plafon tinggi
Source : iStock

Desain plafon tinggi selanjutnya terlihat sangat unik dan juga modern. Uniknya plafon dibangun mengikuti bentuk segitiga atap yang dilengkapi dengan jendela-jendela sebagai pintu masuk cahaya matahari. Tentunya hal ini akan menghemat pencahayaanmu di waktu siang hari Pins.

Lalu, karena plafon yang dibangun cukup tinggi, pemilik rumah menambahkan ruangan kecil bermodel mezzanine dengan jendela besar untuk bersantai ria memandang ke luar rumah. 

6. Desain Klasik Plafon Tinggi yang Miring

desain plafon tinggi
Source : iStock

Desain plafon tinggi keenam dapat Kamu terapkan di rumah Kamu jika ingin memiliki rumah bergaya klasik dan juga memiliki arsitektur unik pada atapnya. Ketinggian plafon sudah cukup untuk melegakan ruangan Kamu. Ditambah lagi arsitektur unik pada bagian plafonnya dibuat mengikuti bentuk kemiringan atap. Pada plafonnya dibuat celah berjarak sama rata dan sama ukuran untuk ditambahkan material kayu yang pas untuk rumah bergaya klasik ini. Ketahui beberapa desain plafon yang terbuat dari kayu agar aesthetic!

Baca juga: 12 Desain Rumah Tanpa Plafon yang Menarik

7. Gaya Artistik Berplafon Tinggi

desain plafon tinggi
Source : iStock

Desain plafon tinggi terakhir yang dapat Kamu ikuti untuk mempercantik desain rumah Kamu yaitu desain plafon tinggi mengusung gaya artistik. Bagaimana bisa tidak dikatakan artistik, karena terdapat jendela berbentuk kotak-kotak yang dibuat memanjang ke atas. Interior langit-langit yang dibuat menjadi tinggi ini membawahi sebuah ruang tamu dan sebuah dapur. 

Dikarenakan tingginya plafon, pemilik rumah mengakali dengan pembuatan jendela-jendela yang banyak sebagai penerangan di siang hari dan penambahan lampu yang menggantung hingga berada di tengah langit-langit, hal ini yang menjadi keuntungan penggunaan plafon tinggi.

Itu dia beberapa desain plafon tinggi dan keuntungannya yang dapat Kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat!

Baca juga30 Model Plafon Rumah Minimalis dan Tips Membuatnya

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download