Pinhome

Tips Properti

Beragam Jenis Atap Rumah untuk Hunian di Daerah Tropis

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 5 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Atap mempunyai peran yang esensial bagi sebuah rumah. Peran atap menjadi pelindung di bagian atas hunian. Atap menjadi perisai dan penghalang bagi cuaca panas, hujan dan hewan liar agar tidak masuk ke area pribadi di dalam rumah. Setiap jenis atap rumah yang kamu temukan di sekitar mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai pelindung. Namun, apakah setiap bentuk atap tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing?

Pinhome –  Atap dibangun secara seimbang untuk menaungi bangunan di bawahnya. Atap mempunyai ruang kosong di dalamnya yang disebut dengan loteng. Di Indonesia, loteng biasanya sengaja dikosongkan sebagai area untuk aliran udara dan penahan panas pada siang hari. Di Indonesia jenis atap rumah umumnya dibuat miring ke arah samping. Tujuannya adalah agar air hujan yang jatuh bisa langsung mengalir ke bawah. Namun, saat ini beberapa bangunan juga ada yang menggunakan atap datar dengan dilengkapi pipa sebagai aliran air saat hujan tiba. 

Baca Juga: Beragam Jenis Atap Rumah Berdasarkan Fungsinya

Cara Merawat Atap Rumah

architecture, buildings, apartments-3108075.jpg
(Pixabay)

Baca Juga: 15 Desain Rumah Atap Miring Yang Hits Dan Menarik Diaplikasikan Untuk Hunian

Sebagai bagian dari bangunan rumah, atap juga memerlukan perawatan rutin. Tujuannya agar kondisi atap tetap awet dan terjaga kualitasnya, sehingga tidak akan mengurangi fungsi utama area tersebut. 

Beberapa masalah yang sering terjadi pada bagian ini adalah genteng bocor, genteng yang jatuh karena terkena angin kencang, atau tikus yang masuk dan tinggal di area loteng. 

Masalah-masalah tersebut tentu akan sangat mengganggu sekali, apalagi jika dibiarkan begitu saja. Alhasil akan merusak fungsi dari pelindung rumah. Lalu, bagaimana ya cara merawat atap yang tepat? Berikut ini penjelasannya.

Lakukan penggantian genteng jika ada yang bocor

Apabila terjadi bocor di beberapa bagian genteng, segera lakukan penggantian genteng. Bocor akan menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah. Apabila dibiarkan ini akan berbahaya bagi penghuni. Akibat jika bocor dibiarkan akan menyebabkan lantai licin karena tetesan air. Jika bagian yang bocor dekat dengan sumber listrik, maka risiko korsleting bisa terjadi. Untuk menghindari keadaan yang tidak diinginkan, maka pastikan langsung memperbaiki genteng bocor, ya Pins.

Bersihkan area loteng dan usir tikus yang menetap

Apabila di bagian loteng terdapat tikus yang mondar-mandir, kamu harus langsung memasang perangkap tikus. Kamu juga bisa menghubungi tenaga pengusir hama di rumah. Tikus cenderung akan tinggal di area yang gelap dan lembab. Loteng bisa menjadi area yang nyaman untuk hama tersebut. Hal yang bahaya adalah tikus bisa menyebarkan penyakit melalui kotoran, urin dan bakteri yang ia bawa dari luar rumah. Sebisa mungkin, usir tikus di loteng sebelum melahirkan anak tikus dalam jumlah banyak.

Lapisi bagian atap dengan cat anti bocor

Saat ini sudah tersedia cat anti bocor. Kamu bisa menggunakan cat ini untuk melindungi bagian atap agar tetap kuat saat cuaca hujan. Dampaknya, air tidak akan meresap ke dalam atau bagian dalam rumah dengan mudah.

Macam-macam Atap Rumah

Indonesia yang merupakan negara tropis mempunyai kebutuhan atap rumah yang khusus. Hal ini karena di negara kita terdapat dua musim yaitu hujan dan kemarau. Pada musim hujan, curah hujan cenderung tinggi sehingga sebuah bangunan rumah memerlukan aliran air yang baik agar tidak menggenang di atas. Sementara pada musim kemarau, sebuah bangunan memerlukan ruang penahan panas sebagai aliran udara agar tidak memberi hawa panas pada penghuni rumah. Berikut ini adalah macam-macam atap rumah di daerah tropis yang bisa kamu jadikan acuan dan referensi.

Atap Pelana

(Miller’s Home Improvement)

Atap jenis pelana sangat umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebagai penutup bagian atas. Hal ini karena bentuknya yang mempunyai kemiringan 45 derajat sehingga akan memudahkan air hujan agar mengalir ke bawah dengan mudah. Keunggulan lainnya adalah mudah dibersihkan, ketika musim kemarau biasanya daun-daun akan berguguran dan beterbangan ke bagian atas rumah. Penggunaan penutup bagian atas jenis pelana ini akan memudahkan pemilik rumah untuk membersihkan area atas.

Bentuk Limas

(Stoltzfus Structures)

Jika atap pelana cenderung runcing di bagian atas, maka di atap limas bagian atas cenderung datar. Disebut limas karena jika dilihat dari bagian depan atap membentuk bangun ruang limas. Penutup atas rumah jenis limas mempunyai karakter yang mirip dengan jenis pelana. Kemiringan pada setiap sisi akan memudahkan air hujan turun sehingga tidak menggenang di bagian atas. Air yang menggenang bisa menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit demam berdarah. Dengan kemiringan tersebut tentu akan menghindari bahaya yang muncul dari nyamuk Aedes Aegypti

Rumah Palang Runcing

(Pinterest)

Rumah palang runcing bisa menjadi salah satu referensi kamu untuk membangun bagian atas rumah. Bentuk genteng yang asimetris dan jenis atap rumah multiroof ini juga bisa menambah kesan elegan pada rumah. Namun, jangan sampai mengurangi fungsi atap ya Pins. Bagian atas harus tetap memiliki aliran air agar hujan tidak menggenang sehingga menyebabkan nyamuk bersarang. 

Tipe Skillion

(privyhomes.com)

Rumah dengan bagian atas tipe Skillion juga bisa diterapkan di negara tropis. Pasalnya bagian atap mempunyai kemiringan yang pas. Walaupun secara desain termasuk asimetris, namun masih sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketinggian langit-langit di dalam rumah yang harus sama dan disesuaikan. 

Rumah dengan Atap Hip

(allweathertite.com)

Pada dasarnya rumah dengan tampilan di atas bisa menjadi referensi untuk Anda. Hip merupakan kombinasi dari limas dan pelana yang dibuat untuk menyesuaikan ukuran rumah yang besar. Jenis atap rumah multiroof ini mempunyai sisi miring yang juga bisa menjadi media yang pas sebagai aliran air. Selain itu daun kering yang berguguran akan jatuh ke bawah melewati atap yang miring tersebut.

Nah Pins, kira-kira itu saja beberapa informasi mengenai jenis pelindung rumah bagian atas yang bisa menjadi referensi kamu. Semoga bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel