BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Model Ventilasi Rumah, Bikin Udara Lebih Segar
0
0

10 Model Ventilasi Rumah, Bikin Udara Lebih Segar

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 30, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
model ventilasi rumah minimalistop-right-banner

Ventilasi udara di rumah sangatlah penting untuk menjaga sirkulasi udara di ruangan tetap sehat. Jika sirkulasi udara tetap baik, penghuni dalam rumah pun dapat menghirup udara yang lebih segar dan sehat. Nah, selain fungsinya sebagai sirkulasi udara, model ventilasi rumah yang bagus juga bisa jadi dekorasi rumah yang menarik, lho!

Melalui aplikasi Pinhome, kamu bisa menemukan Rumah Ekslusif yang sesuai preferensi dan budget. Fitur pencariannya menampilkan rumah bekas di Kota Mojokerto ataupun rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Alora Springhill. Kamu dapat pula menemukan properti dekat Universitas Pasundan atau kampus terkemuka lainnya.

Model Ventilasi Rumah

Ventilasi udara di rumah sangatlah penting untuk sirkulasi udara. Buat kamu yang ingin memiliki ventilasi udara di rumah yang menarik, ada baiknya simak jenis ventilasi rumah berikut ini! 

1. Ventilasi Udara Loster

model ventilasi rumah loster
Propertinews

Rekomendasi model ventilasi rumah terbaru ada ventilasi jenis loster. Model ventilasi rumah ini memiliki celah berupa pola atau motif tertentu. Motif ukiran tersebut merupakan tempat keluar masuknya udara. Selain itu, bentuknya yang unik dapat berfungsi sebagai dekorasi ruangan. 

Model ventilasi udara ini terbuat dari berbagai varian material, ada yang terbuat dari kayu, semen, ataupun keramik. Kamu bisa menggunakan material yang sesuai dengan kebutuhan. 

Oh iya, jenis model ventilasi rumah terbaru ini juga bisa digunakan sebagai sekat ruangan atau pagar rumah, lho. Model pagar seperti ini akan membuat rumah tampak lebih elegan. 

Baca juga: Model Pagar Roster Beton Minimalis, Cocok untuk Segala Rumah!

2. Ventilasi Boven

model ventilasi rumah
Lifetimedesign

Model ventilasi rumah selanjutnya adalah ventilasi boven. Desainnya seperti jendela kecil dengan bingkai rangka persegi empat di tengahnya. Model ventilasi udara ini juga memiliki berbagai macam bentuk, ada bulat, persegi panjang, dan lainnya. 

Model ventilasi ini biasanya juga dibuat menyatu di atas pintu atau jendela. Lubangnya cukup lebar untuk sirkulasi udara ruangan rumah.

Jenis ventilasi yang satu ini merupakan yang paling banyak digunakan di banyak tipe rumah. Model ventilasi rumah terbaru sangat cocok diletakkan di ruangan mana saja, baik itu di kamar tidur, kamar mandi, atau dekat pintu utama rumah. 

3. Ventilasi Jendela Atap

Diadona

Memiliki jendela pada bagian langit-langit rumah mungkin bisa jadi salah satu inspirasi model ventilasi rumah kamu. Model ventilasi jendela ini sangat simpel karena bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. 

Selain sebagai sirkulasi udara, model ventilasi ini juga bisa dijadikan pencahayaan alami pada ruangan. Sehingga, kamu bisa lho mengurangi pemasangan lampu pada ruangan. Pengeluaran energi listrik bisa jadi lebih hemat, deh

Pemasangan ventilasi jenis ini bisa kamu terapkan pada ruangan seperti dapur. Ketika memasak, kamu bisa membukanya sedikit supaya asap dan bau dari masakan tidak terlalu memenuhi rumah. 

4. Ventilasi Udara Kaca Nako

model ventilasi rumah
Kibrispdr

Kaca nako merupakan salah satu contoh ventilasi rumah yang tradisional. Biasanya kamu akan melihat ventilasi udara ini pada rumah zaman dulu. Namun, model ventilasi ini juga mampu menyerap dan membuat sirkulasi udara lebih baik. 

Bentuk ventilasi ini seperti model ventilasi jendela dan berukuran jendela. Kamu bisa menggunakan model ini sebagai jendela ruangan kamu juga. Ventilasi kaca nako juga dapat dibuka tutup sesuai dengan keinginan. 

Meski bentuknya terkesan kuno, kamu juga bisa memadukan ventilasi ini di rumah minimalis modern kamu, kok. Dengan pemilihan warna bingkai putih, serta gorden putih, ruangan akan terlihat lebih modern. 

Baca juga: 10 Warna Cat Pintu Kayu yang Bagus untuk Kesan Lebih Mewah

5. Ventilasi Rumah Jalusi

Arsitag

Model ventilasi di rumah yang menarik selanjutnya ada ventilasi jalusi. Model ventilasi ini berbentuk ruas-ruas persegi panjang yang bagus untuk tempat keluar masuknya udara. 

Biasanya model ventilasi udara ini terbuat dari kayu. Namun, saat ini ada beberapa jenis yang terbuat dari alumunium. Bentuknya yang simpel ini sangat cocok diletakkan pada rumah minimalis. 

6. Ventilasi Kayu

ventilasi kayu
Isi Bangunan

Ada banyak macam macam ventilasi udara untuk rumah. Salah satunya model ventilasi rumah dari kayu. Ventilasi model ini akan sangat cocok dipadukan dengan pintu atau jendela dengan bahan material serupa. 

Model ventilasi rumah jenis kayu ini bisa jadi pilihan yang menarik, karena bentuknya yang dapat meningkatkan estetika rumah. Oh iya, jika kamu ingin memilih model ventilasi rumah dari kayu, pastikan kamu menggunakan material kayu yang tahan terhadap suhu, ya. 

Hal itu karena kayu cukup berisiko terhadap penyusutan dalam jangka waktu tertentu. Kamu bisa mengaplikasikan coating pada kayu untuk membuatnya lebih tahan lama. 

7. Ventilasi Udara dari Bambu

ventilasi bambu
Mustikaland

Selain model ventilasi rumah dari kayu, model ventilasi dari bambu juga bisa jadi pilihan material untuk ventilasi di rumah. Kamu bisa membuat bingkai dengan bambu pada dinding rumah. 

Pemilihan material bambu ini tentunya akan membuat rumah kamu terlihat lebih unik. Konsepnya yang tradisional bisa juga digabungkan dengan konsep rumah modern yang mayoritas material kayu. 

Kamu juga bisa menambahkan kaca pada ventilasi bambu ini agar terlihat lebih elegan. Bagaimana tertarik jenis ventilasi dari bambu ini? 

Baca juga: 10 Rekomendasi Ventilasi Ruang Tamu Terbaik

8. Ventilasi Dinding Atas Rumah

ventilasi atas
Interiordesign

Ventilasi atas rumah atau biasa disebut ventilasi gaya skylight. Seperti namanya, konsep ventilasi ini diletakkan di atas rumah. Bentuknya bisa seperti jendela dengan atap miring atau lebih rendah. 

Model ventilasi rumah ini sangat cocok untuk konsep rumah yang minimalis. Jenis ini bisa dikombinasikan dengan kaca tempered glass sehingga lebih kuat dan awet. 

9. Ventilasi Supply Ventilation

Hydesac

Supply ventilation menggunakan kipas dan saluran udara agar dapat difungsikan sebagai ventilasi pembuangan. Cara kerjanya berkebalikan dengan ventilasi pembuangan. Kipasnya menyedot udara segar dari luar lalu masuk ke dalam ruangan supaya udara panas dalam ruangan terdorong ke luar.

10. Ventilasi Model Jaring Besi

Diadona

Model ventilasi ini berbentuk jaring-jaring besi yang mampu meningkatkan fasad hunian. Motifnya yang unik membuat rumah semakin adem. Sistem bukaan ventilasi ini mampu digeser atau dibuka agar lebih praktis.

Nah, itu tadi model ventilasi rumah yang bisa kamu pasang di rumah kamu. Ada banyak pilihannya, bukan? Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu. Hal yang perlu diingat adalah fungsi ventilasi sebagai sirkulator udara.

Baca juga: 30 Model Pagar Kayu yang Unik dan Menarik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Britania Green Resort dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download