6 Pertimbangan Sebelum Renovasi Rumah Type 36 - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 6 Pertimbangan Sebelum Renovasi Rumah Type 36

6 Pertimbangan Sebelum Renovasi Rumah Type 36

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 29 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Renovasi rumah type 36 yang merupakan standar ukuran rumah di perumahan, pada umumnya memiliki spesifikasi ruang berupa 2 kamar tidur, kamar tamu, kamar keluarga, kamar mandi, taman depan.

Sebelum melaksanakan kegiatan renovasi rumah type 36, akan lebih baik jika terlebih dahulu kita teliti  bagaimana kondisi existing rumah yang akan direnovasi. Sehingga dapat direncanakan langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan renovasi.

Baca Juga:

Pertimbangan Sebelum Renovasi

renovasi rumah type 36

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi rumah type 36.

Kondisi Pondasi

Bagaimana kondisi pondasi rumah yang akan direnovasi, apakah cukup kuat untuk masa waktu rumah yang direncanakan nantinya. Jika tidak kuat, maka kita memerlukan pekerjaan pondasi tambahan sebagai perkuatan struktur rumah, sehingga didapatkan sebuah rumah yang kuat sebagai hasil renovasi tanpa adanya keretakan maupun posisi rumah yang miring.

Baca Juga: 

Kolom Praktis

renovasi rumah type 36
(UD Harga Bangunan)

Bagaimana kolom praktis rumah tersebut, apakah sudah menggunakan kolom dengan beton dan spesifikasi pembesian yang kuat, jika tidak maka akan lebih baik untuk diadakan perbaikan terlebih dahulu pada bagian kolom agar dihasilkan sebuah rumah yang kuat.

Kondisi Dinding

Bagaimana kondisi dinding, pembangunan perumahan yang kejar target dari segi waktu maupun mencari keuntungan yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pekerjaan dinding yang tidak baik. Misalnya, penggunaan campuran semen dan pasir yang cukup, penggunaan batu bata atau batako yang baik sehingga tidak terjadi keretakan dinding atau pengelupasan plesteran.

Baca Juga: 

Kondisi Atap

atap rumah
(Shutterstock)

Bagaimana kondisi atap, atap rumah type 36 di perumahan seringkali menggunakan genteng beton dengan rangka kayu, sebelum melakukan renovasi rumah perlu diteliti dahulu apakah ada potensi kebocoran nantinya.

Apakah model atap nantiya perlu dirubah untuk menyesuaikan desain rumah hasil renovasi, dan yang terpenting adalah tidak terjadi kebocoran sehingga dapat menyebabkan kerusakan plafond dibawahnya.

Kondisi Lantai

Bagaimana kondisi lantai rumah, misalnya apakah elevasi rencana renovasi lantai perlu dinaikan dengan melihat potensi kenaikan air disaat hujan maupun banjir, atau rencana kedepan kenaikan elevasi jalan raya disekitar rumah, sehingga elevasi lantai pasca renovasi berada pada ketinggian yang aman.

Ketinggian Plafond

renovasi rumah type 36

Berapa ketinggian plafond, dengan menaikan elevasi lantai tentu menyebabkan kurangnya tinggi plafond sehingga membuat ruangan tidak sejuk dan membuat rasa tidak aman takut runtuh karena plafon terlalu pendek.

Beberapa hal lain juga perlu dipertimbangkan sebelum melaksanakan renovasi rumah type 36 di perumahan sehingga dapat dihasilkan hasil pekerjaan renovasi rumah dengan kualitas maksimal.

Baca juga: Beberapa Tips Desain Rumah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel