BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36
0
0

13 Pertimbangan dan Tips Renovasi Rumah Type 36

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
renovasi rumah type 36top-right-banner

Spesifikasi rumah type 36 umumnya memiliki 2 kamar tidur, ruang tamu, 1 kamar mandi, dan taman tepan. Pins ingin renovasi rumah type 36? ternyata ada beberapa detail yang perlu diperhatikan, khususnya agar ruangan dan rumah terlihat lebih luas.

Pins perlu memahami dulu kondisi exsisting rumah yang akan direnovasi. Jangan sampai, ketika renovasi telah dilakukan hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Umumnya, ukuran rumah type 36 memang terlihat kecil tetapi Pins bisa mengubahnya agar terlihat lebih luas. Yuk, simak tips modifikasi rumah type 36 berikut ini!

Baca juga:

Pertimbangan Sebelum Merenovasi Rumah Type 36

Sebelum melakukan renovasi rumah, sebaiknya Pins memahami beberapa pertimbangannya terlebih dahulu. Seperti memperhatikan kondisi existing rumah agar tidak terjadi kesalahan seperti merenovasi bagian yang tidak penting. Berikut beberapa diantaranya:

Kondisi Pondasi

Source : Citinews.id

Pertimbangan pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana kondisi pondasi rumah yang akan direnovasi, apakah cukup kuat untuk masa waktu rumah yang direncanakan nantinya. Jika tidak kuat, maka Pins memerlukan pekerjaan pondasi tambahan sebagai perkuatan struktur rumah.

Kondisi Dinding

Source : ArchDaily

Kondisi dinding perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi rumah, jika kondisi dinding tidak baik Pins bisa melakukan sedikit perubahan. Misalnya, kondisi dinding yang retak, dapat diperbaiki saat melakukan renovasi. Contoh renovasi rumah subsidi type 36 seperti melakukan pengecatan ulang pada dinding atau memperbaiki keretakan dinding.

Kondisi Atap

Source : HomeHow

Kondisi atap rumah type 36 di perumahan seringkali menggunakan genteng beton dengan rangka kayu. Sebelum melakukan renovasi rumah perlu diteliti dahulu apakah terdapat potensi kebocoran nantinya. Apakah model atap nantiya perlu dirubah untuk menyesuaikan desain rumah hasil renovasi, dan yang terpenting adalah tidak terjadi kebocoran.

Baca juga: 8 Tips Jual Rumah Agar Cepat Laku, Lakukan Cara Ini!

Kondisi Lantai

Source : NoBroker

Kondisi keramik lantai rumah perlu diperhatikan sebelum Pins melakukan renovasi rumah type 36. Misalnya, kondisi lantai yang sudah tidak layak pakai, ada baiknya jika diganti dengan yang baru. Namun, jika kondisi lantai masih layak kamu mungkin hanya perlu melakukan sedikit pemolesan.

Ketinggian Plafond

Source : Pinterest

Pins bisa menghitung terlebih dahulu berapa ketinggian plafon di rumah, dengan menaikan elevasi lantai tentu menyebabkan kurangnya tinggi plafon sehingga membuat ruangan tidak sejuk dan membuat rasa tidak aman. Untuk itu, jika Pins berencana untuk meningkatkan lantai rumah, ada baiknya jika tinggi plafon juga diubah.

Baca juga: Anggaran Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai dan Estimasinya

Tips Renovasi Rumah Type 36

Setelah memahami beberapa pertimbangan untuk pengembangan rumah type 36, Pins bisa menggunakan beberapa tips untuk melakukan renovasinya berikut ini!

Gunakan Desain Minimalis

Source : MyDomaine

Rumah type 36 seperti yang telah disinggung sebelumnya, umumnya memiliki ukuran yang kecil dan minimalis. Ketika Pins akan melakukan renovasi rumah type 36, alangkah baiknya jika kamu menggunakan desain minimalis. Meskipun ukuran rumah kecil, jika Pins berhasil memilih desain minimalis yang sesuai ukuran rumah akan terlihat lebih luas. Selain itu, suasana rumah juga akan terlihat lebih nyaman dan sejuk.

Pilih Material Sesuai Kebutuhan

Source : Asian Paints

Kebutuhan material bangunan tentu menjadi hal utama ketika Pins akan melakukan pembangunan atau renovasi rumah. Pengembangan rumah type 36, juga memerlukan material bangunan tertentu. Namun, solusi terbaiknya agar budget yang digunakan tidak terlalu besar, kamu bisa memilih material apa saja yang harus dibeli. Cara lainnya adalah dengan menentukan bagian mana pada rumah yang materialnya perlu diperbaiki atau diganti.

Buat RAB Terlebih Dahulu

Source : Construction Review

Membuat Rencana Anggaran Bangunan (RAB) tidak hanya diperlukan ketika Pins akan membangun rumah saja. Saat Pins berencana untuk merenovasi rumah, RAB juga sangat diperlukan untuk menentukan budget yang dibutuhkan. Mulai dari budget pekerja, material bangunan, hingga biaya untuk desain nantinya.

Renovasi Area Rumah yang Dibutuhkan Saja

Source : Artisan Constructing

Melakukan renovasi bukan berarti Pins merombak semua bagian exsisting rumah saat ini. Modifikasi rumah type 36 bisa dilakukan dengan memilih terlebih dahulu bagian mana yang akan direnovasi. Memilih bagian rumah yang akan direnovasi akan membantu kamu untuk menekan budget yang harus dikeluarkan nantinya.

Gunakan Jasa Arsitek

Source : Housing.com

Menggunakan jasa arsitek atau jasa renovasi rumah untuk merenovasi rumah bisa menjadi solusi terbaik. Pins bisa memilih untuk menggunakan jasa arsitek untuk membuat desain rumah minimalis yang lebih baik dan lebih nyaman. Kamu juga bisa menekan budget jasa arsitek dengan hanya memilih bagian mana saja yang akan didesain menggunakan jasa arsitek.

Gunakan Cat Rumah Sesuai dengan Tema

Source : Nippon-Paint

Penggunaan cat interior dan exterior rumah ternyata akan mempengaruhi hasil renovasi lho Pins! Saat melakukan renovasi rumah type 36, ada baiknya kamu memilih terlebih dahulu warna cat yang akan digunakan. Misalnya, jika kamu menggunakan desain modern, bisa menggunakan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu.

Perhatikan Penataan Ruang

Source : CP Slippers

Penataan ruang akan mempengaruhi suasana dan hasil akhir dari desain renovasi rumah yang dilakukan. Ketika Pins selesai merenovasi bagian inti rumah, usahakan untuk menata beberapa furnitur atau ornamen rumah sesuai dengan keinginan. Khususnya, untuk memperhatikan penataan di sisa-sisa ruang sempit di rumah. Kamu bisa memanfaatkan sisa ruang tersebut dengan menyimpan furnitur atau ornamen mungil.

Pilih Furniture yang Sesuai dengan Desain

Source : Pinterest

Pemilihan furnitur akan mempengaruhi hasil akhir dari renovasi rumah. Mengapa demikian? Karena furnitur yang Pins gunakan akan memberikan vibes tersendiri bagi ruangan tersebut. Jika Pins menggunakan tema rumah tropis minimalis, bisa menggunakan furnitur dari kayu agar suasana terasa lebih sejuk.

Itulah beberapa pertimbangan dan tips untuk melakukan renovasi rumah type 36. Pins juga bisa menjadikan tips tersebut sebagai contoh renovasi rumah subsidi type 36 untuk perubahan minim pada rumah. Bagaimana Pins, sudah siap melakukan renovasi rumah? Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Renowow.ca


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download