BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Rumah Tropis dan Cara Menyiasatinya
0
0

7 Tips Rumah Tropis dan Cara Menyiasatinya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Nov 10, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada beberapa tips dekorasi rumah tropis yang perlu diperhatikan agar rumah semakin indah dan nyaman. Rumah tropis bisa menjadi salah satu tren model rumah di negara tropis. Desainnya ideal bagi hunian keluarga dan menginginkan suasana asri yang dekat dengan alam.

Tips merancang rumah tropis tidak hanya selektif dalam pemilihan material namun juga interior desainnya. Kamu bisa memahami model desainnya dari rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Tak hanya rumah yang memakai desain ini bisa pula pusat perbelanjaan seperti Marvell City Mall dengan bukaan yang lebar. Gunakan aplikasi pinhome dan manfaatkan fitur Pengajuan KPR untuk merealisasikan rumah tropis impianmu.

Tips Rumah Tropis

Tips membuat rumah tropis ternyata harus memperhatikan eksterior atau interior rumah. Ada beberapa ciri dari desain rumah tropis yang bisa kamu ikuti dalam poin-poin berikut:

1. Memperbanyak Ruang Terbuka

rumah tropis
Source : Shutterstock

Walaupun tinggal di negara tropis, bukan berarti rumah tropis bisa langsung dibangun begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumahmu bisa menjadi rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Berbicara tentang negara tropis, tentunya kita sering menghadapi perubahan cuaca ekstrim seperti udara panas matahari yang terik, curah hujan, sehingga membuat kelembapan udara yang tinggi di rumah.

Dengan begitu, jika tidak ada sirkulasi udara yang baik, rumah akan menjadi lembab dan panas. Akibatnya, bakteri dan jamur akan berkembang biak dengan mudah. Selain itu, rumah yang lembab juga bisa menyebabkan furniture dari bahan kayu mudah lapuk.

Hadirnya ruang terbuka hijau mampu memperlancar sirkulasi udara. Kamu bisa mulai membangun rumah dengan bentuk U yang mana bagian tengahnya difungsikan sebagai taman. Area ini juga bisa jadi tempat bermain anak dan mengajarkan mereka akan alam lewat aneka tanaman di area ini.

2. Mengatur Pencahayaan

rumah tropis
Source : Shutterstock

Untuk menyiasati masalah pencahayaan pada siang hari, dibuat lubang bukaan cahaya atau skylight pada bagian atap maupun dinding bagian atas. Kamu dapat juga membuat bukaan jendela maupun pintu kaca yang cukup besar sehingga cahaya matahari yang masuk bisa dimaksimalkan. Jendela yang besar dapat pula difungsikan sebagai sekat atau pintu maupun dinding.

Pintu geser dari kaca mampu memaksimalkan pencahayaan sekaligus mengesankan ruangan lapang. Cara alternatif lain yang juga bisa menjadi seni pada tembok rumah adalah pemakaian glassblock dan kaca patri. Dengan begitu lantai dasar bisa mendapat pencahayaan yang cukup dan terlihat lebih terang sehingga lebih nyaman dirasakan.

Baca juga: Ruang Tamu Warna Putih untuk Pencahayaan yang Maksimal

3. Mengatur Arah Rumah

Source : Pexels

Selain kedua hal diatas, pencahayaan pada rumah tropis bisa disiasati dengan mengatur arah sinar matahari pada rumahmu. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan arah rumah dan menyiasati jatuhnya sinar matahari dengan mengatur pintu dan jendela ataupun skylight ke dalam rumah.

Jika rumah menghadap langsung dengan matahari, kamu juga bisa menggunakan kanopi pada jendela, sehingga rumah tidak kering akibat terekspos sinar matahari secara berlebihan. Untuk menghindari adanya kelembapan udara di rumah tropis, kamu bisa membuat bukaan pintu atau jendela saling berhadapan, sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.

Kamu juga bisa membuat lubang angin baik di atas pintu atau di dinding atas, sehingga sirkulasi udara bisa lancar. Bagaimanapun desain rumah tropisnya, kamu harus meyakinkan bahwa rumah yang kamu miliki, mempunyai sirkulasi udara yang baik.

4. Dekorasi Fasad Rumah

Source : Pxhere

Tips merancang rumah tropis selanjutnya adalah memahami dekorasi fasad hunian tropis. Model hunian seperti ini akan menggunakan kanopi pada teras atau roaster beton. Tampilan rumah akan semakin adem dan cantik secara visual walaupun hanya dari fasadnya saja.

5. Selektif Memilih Furnitur

Source : Pxhere

Pemilihan furnitur untuk rumah tropis umumnya memberikan kesan alami. Misalnya menggunakan perabotan dengan bahan kayu, rotan, maupun bambu. Dekorasinya bisa terbuat dari anyaman eceng gondok dan rami mulai dari tatakan piring, karpet, footstool dan lainnya. Pajangan dapat pula memakai tema tanaman atau hewan yang mengisyaratkan hunian tropis.

Baca juga: 

6. Gunakan Tanaman Hias

Source : Pxhere

Tambahan tanaman hias baik dalam ruangan maupun di luar rumah akan menambah asri lingkungan tempat tinggal. Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman anturium, kaktus, monstera, jepun Bali dan lainnya. Tanaman bisa memakai pot dengan menggantungnya ataupun menanam di media tanah.

7. Perhatikan Warna

Source : Pexels

Warna desain tropis umumnya menggunakan biru, merah, hijau, bahkan pink. Implementasi warna ini tak hanya untuk cat dinding namun bisa untuk hiasan dinding hingga sofa. Untuk mengesankan interior modern bisa memakai warna bold atau mencolok seperti kuning dan ungu.

Pada bagian lantai bisa memakan unsur alam seperti kayu, tanaman hingga bebatuan. Lantai vinyl sering dipilih karena cocok untuk semua jenis interior ruangan. Kamu bisa memakai warna lebih terang agar suasana ceria lebih kental terasa.

Rumah tropis dekat dengan unsur alam sehingga kebanyakan memakai furnitur ataupun material alam. Dalam desain rumah tropis, ventilasi memegang peranan penting. Demi memperlancar sirkulasi udara maka ventilasi silang sering dipakai yakni ventilasi yang dipasang di dua sisi berhadapan.

Tips dekorasi rumah tropis lainnya adalah cermat memilih warna serta dekorasi fasad. Pengaturan arah angin juga ikut diperhatikan agar sirkulasi udara berjalan lancar. Rumahpun akan terasa lebih sejuk bahkan saat siang hari.

Baca juga:

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download