Pinhome

Tips Rumah Tropis dan Cara Menyiasatinya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan rumah tropis sehingga dihasilkan sebuah rumah yang indah dan nyaman. Rumah tropis bisa menjadi salah satu trend model rumah di negara tropis. Apapun desain rumahnya, rumah ini bisa menjadi rumah ideal untukmu keluarga.

Walaupuun pemilik rumah memegang kendali penuh terhadap desain rumah mereka, mereka juga perlu memperhatikan kondisi sekitar rumah. Jika kamu berencana untuk membangun rumah tropis, kamu bisa melihat beberapa tips di bawah ini.

Baca juga: Cara Membangun Rumah Hook yang Harus Kamu Ketahui

Tips Rumah Tropis

rumah tropis
(Shutterstock)

Walaupun tinggal di negara tropis, bukan berarti rumah tropis bisa langsung dibangun begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumahmu bisa menjadi rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Berbicara tentang negara tropis, tentunya kita sering menghadapi perubahan cuaca ekstrim seperti udara panas matahari yang terik, curah hujan, sehingga membuat kelembaban udara yang tinggi di rumah.

Dengan begitu, jika tidak ada sirkulasi udara yang baik, rumah akan menjadi lembab dan panas. Akibatnya, bakteri dan jamur akan berkembang biak dengan mudah. Selain itu, rumah yang lembab juga bisa menyebabkan furniture dari bahan kayu mudah lapuk.

Ada beberapa cara mengatasi rumah yang lembab, yaitu dengan mengatur pencahayaan dan arah sinar matahari di rumah. 

Mengatur Pencahayaan

rumah tropis
(Shutterstock)

Pertama,  untuk menyiasati masalah pencahayaan pada siang hari, dibuat lubang bukaan cahaya atau skylight pada bagian atap maupun dinding bagian atas. Bisa juga dengan pembuatan bukaan jendela maupun pintu kaca yang cukup besar sehingga cahaya matahari yang masuk bisa dimaksimalkan.

Cara alternatif lain yang juga bisa menjadi seni pada tembok rumah adalah pemakaian glassblock dan kaca patri. Dengan begitu lantai dasar bisa mendapat pencahayaan yang cukup dan terlihat lebih terang sehingga lebih nyaman dirasakan.

Baca juga: Ruang Tamu Warna Putih untuk Pencahayaan yang Maksimal

Mengatur Arah Rumah

Selain kedua hal diatas, pencahayaan pada rumah tropis bisa disiasati dengan mengatur arah sinar matahari pada rumahmu. Unutk itu, kamu perlu memperhatikan arah rumah dan menyiasati jatuhnya sinar matahari dengan mengatur pintu dan jendela ataupun skylight ke dalam rumah.

Jika rumah menghadap langsung dengan matahari, kamu juga bisa menggunakan kanopi pada jendela, sehingga rumah tidak kering akibat terekspos sinar matahari secara berlebihan. Untuk menghindari adanya kelembapan udara di rumah tropis, kamu bisa membuat bukaan pintu atau jendela saling berhadapan, sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.

Kamu juga bisa membuat lubang angin baik di atas pintu atau di dinding atas, sehingga sirkulasi udara bisa lancar. Bagaimanapun desain rumah topisnya, kamu harus meyakinkan bahwa rumah yang kamu miliki, mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel