Desain Ruang Tamu Minimalis yang Bikin Betah di Rumah - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 8 Desain Ruang Tamu Minimalis Bikin Kamu Betah di Rumah

8 Desain Ruang Tamu Minimalis Bikin Kamu Betah di Rumah

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 21 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Kamu punya rumah dengan tipe minimalis, Pins? Jika iya, menerapkan tipe desain minimalis di ruang tamu kamu adalah hal yang tepat, lho! Gaya hidup minimalis adalah hidup dengan barang-barang yang kamu perlukan saja. Jadi dengan ruang tamu gaya minimalis, dekorasi dan furniture yang dipilih lebih simpel dan terkesan bersih.

Pinhome – Memiliki desain ruang tamu minimalis tidak hanya memberikan kesan yang simpel, fungsional dan trendi, tapi juga dapat menghemat budget kamu lho, Pins, karena yang ditampilkan adalah seminimal mungkin. Penasaran seperti apa? Yuk simak 8 desain ruang tamu yang bikin kamu betah di rumah versi Pinhome!

Baca Juga:

Tips Untuk Membuat Desain Ruang Tamu Minimalis

Berikut beberapa tips untuk mendesain ruang tamu agar nyaman ketika ditempati, diantaranya:

Ukuran atau Luas

desain ruang tamu minimalis
(Prospeku)

Untuk luas ruang tamu bisa disesuaikan dengan luas rumah. Jika tidak memungkinkan untuk memiliki ruang tamu yang luas, maka ruang yang sempit pun masih bisa digunakan untuk ruang tamu.

Baca Juga:

Posisi

(Rumah123)

Sebaiknya ambil ruang paling depan untuk dijadikan ruang tamu. Selain lebih nyaman bagi tamu yang datang, hal ini juga memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah untuk bisa lebih menjaga privasinya.

Warna

desain ruang tamu minimalis
(Arsitag)

Untuk pemilihan warna bisa disesuaikan dengan mood rumah secara keseluruhan. Namun untuk menimbulkan kesan nyaman, sebaiknya hindari warna-warna gelap. Sebaliknya, pilihlah warna-warna cerah yang teduh seperti putih, hijau, pink, biru, dan lainnya.

Baca Juga:

Furniture

(Elleindonesia)

Memilih furniture untuk ruang tamu harus dilakukan dengan bijak dan teliti. Pilihlah furniture yang tidak menghabiskan ruangan terlebih jika ruang tamu yang ada sudah cukup sempit. Untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, pilihlah meja yang terbuat dari kaca sehingga tembus pandang.

Desain Nyaman dengan Furniture Unik

desain ruang tamu minimalis
(Liputan6)

Daripada memilih furniture yang terkesan besar dan menghabiskan ruangan. Akan lebih baik jika memilih furniture yang memiliki desain unik. Sehingga tamu akan lebih fokus pada keunikannya ketimbang dengan sempitnya ruangan.

Baca Juga:

Sirkulasi Ruang Tamu

(Lintar)

Sirkulasi udara di ruang tamu sangat penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu pertukaran udara di dalam ruang tamu harus cukup. Bagaimanapun mewahnya desain ruang tamu yang kita miliki, jika tidak ada sirkulasi udara yang cukup dan pengap tentu akan membuat tamu menjadi tidak nyaman dan merasa tidak sehat. Supaya tamu betah berlama-lama di ruang tamu maka kita bisa menambahkan kesan natural pada desain ruang tamu kita.

Baca Juga:

Desain Ruang Tamu Minimalis

Berikut ini daftar desain ruang tamu minimalis yang bisa menjadi referensi.

Hitam dan Putih, Warna Minimalis Klasik

desain ruang tamu minimalis
(Pinterest)

Warna putih sebagai warna minimalis tidak pernah salah. Kamu bisa tambahkan warna hitam di furniture seperti meja atau lampu. Dengan furniture yang sedikit dan warna yang aman, rasa minimalis ruang tamu kamu bakal terasa, Pins!

Baca Juga:

Zona Abu-abu

(Ruparupa)

Minimalis bukan berarti hitam dan putih saja, Pins! Warna-warna halus, seperti abu-abu terang, juga bisa kamu gunakan. Percantik ruang tamu kamu dengan tambahan tanaman. Penggunaan meja marbel juga dapat memperindah ruang tamu.

Ruang Tamu Minimalis ala Jepang, Kenapa Tidak?

desain ruang tamu minimalis
(Haibunda)

Pins ingin membuat ruang tamu minimalis yang unik? Coba gaya Jepang, deh! Jepang adalah salah satu negara yang banyak menerapkan konsep minimalis dalam hidup. Buat ruang tamu dengan kursi tatami atau tatakan tempat duduk ala Jepang. Jangan ragu untuk menambahkan pohon atau tanaman yang senada, ya!

Baca Juga:

Serba Putih

(Rumahkuunik)

Warna putih akan memberi kesan bersih, luas, dan ramah pada ruang tamu minimalis impianmu. Tambahkan satu atau dua lukisan untuk menambah kesan artistik. Penggunaan furnitur kaca dan batu juga dapat menambah kesan unik di desain ruang tamu seperti ini, Pins.

Hijaukan Ruang Tamu Kamu

desain ruang tamu minimalis
(iStock)

Warna hijau juga termasuk warna minimalis, jika kamu memilih dengan tepat. Gunakan warna hijau pastel atau hijau mint untuk mendapat kesan minimalis yang memberikan rasa damai dan tenang karena warna dapat mempengaruhi mood kamu.

Baca Juga:

Ruang Tamu Semanis Coklat

desain ruang tamu minimalis
(Designcafe)

Coklat juga termasuk warna minimalis loh, Pins! Pilih 2 atau 3 warna coklat untuk ruang tamu kamu, warna gelap untuk lantai, warna terang untuk dinding, dan warna paling terang untuk langit-langit.

Bagaikan Langit Berwarna Biru

desain ruang tamu minimalis
(iStock)

Ruang tamu berwarna biru semoga tidak sebiru hatimu ya, Pins! Malahan dengan menggunakan warna biru, kamu akan mendapat efek menenangkan. Kamu bisa membuat kombinasi warna biru dengan pink muda, serta abu-abu.

Baca Juga:

Merah Muda yang Feminin

(Pinterest)

Kalau kamu mau sentuhan feminin dalam ruang tamumu, gunakan warna pink atau merah muda. Pilih warna pink pucat atau pink pastel untuk mencapai warna minimalistik estetik.

Itu tadi adalah 8 desain ruang tamu minimalis yang bikin kamu betah di rumah. Semoga bisa menginspirasi kamu, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel