Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Ciri Desain Rumah Idaman Minimalis Di Tempat Tropis

Properti

Ciri Desain Rumah Idaman Minimalis Di Tempat Tropis

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan setiap orang, karena dapat melindungi kita dari perubahan iklim panas maupun hujan didaerah tropis indonesia. Ada beberapa ciri desain rumah idaman minimalis yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah di tempat tropis.

desain rumah minimalis tropis
desain rumah minimalis tropis

Ciri Desain Rumah Idaman Minimalis Di Tempat Tropis

Dijaman yang serba maju seperti sekarang ini, semakin banyak saja desain rumah tropis modern yang dibuat oleh penyedia jasa desain rumah idaman. Pengertian rumah tropis yaitu sebuah rumah yang setiap elemennya dirancang khusus dan dikondisikan dengan iklim tropis. Tujuan dalam pembangunan rumah tropis modern adalah untuk mengoptimalkan potensi iklim tropis dan mengurangi dampak dari iklim tropis itu sendiri. Pada daerah yang beriklim tropis biasanya penyinaran matahari berlangsung secara terus menerus, sehingga sinar matahari ini dapat menjadi potensi yang melimpah dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan akan fungsi dan kenyamanan rumah.

Baca Juga: Tips Desain Rumah Berkarakter Tropis Modern

Iklim tropis biasanya juga dapat memberikan dampak pada kondisi udara yang panas dan juga lembab. Apabila sedang musim kemarau maka suhu udara akan menjadi sangat panas, akan tetapi bila sudah memasuki musim penghujan maka udaranya akan menjadi sangat lembab. Dengan demikian rumah dengan desain tropis menurut jasa desain rumah idaman adalah salah satu cara yang aman untuk mengendalikan suhu udara didalam rumah. Pengendalian suhu udara tersebut dapat dilakukan dengan cara memperbesar volume ruang atap, memperbesar luas ventilasi, penataan ruangan yang terbuka serta menciptakan taman beserta kolam di dalam ruangan, dengan memperbanyak tanaman pada lingkungan sekitar rumah. Berikut beberapa ciri desain rumah idaman minimalis di tempat tropis, antara lain :

Ciri-ciri desain rumah tropis modern

  • Atap rumah iklim tropis biasanya relatif lebih tinggi dan memiliki kemiringan sekitar 30 derajat. Hal itu berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang masuk dari atap kedalam rumah.
  • Rumah iklim tropis biasanya memiliki bentuk overstek atap yang cukup besar untuk mencegah hawa panas masuk secara berlebih ke dalam rumah. Selain itu juga untuk mengurangi dan melindungi dari hujan yang disertai angin supaya suasana di dalam rumah juga tetap aman.
  • Menurut jasa desain rumah idaman, rumah iklim tropis memiliki ventilasi udara yang cukup banyak untuk memperlancar pergantian udara di dalam rumah dengan baik.

Itulah beberapa ulasan lengkap mengenai desain rumah idaman minimalis di tempat tropis. Semoga dapat menginspirasi kita yang ingin membangun sebuah hunian. Desain rumah tropis modern tersebut akan menonjolkan ciri khas bangunan tropis yang ramah lingkungan tetapi tetap terlihat modern. Salah satu kelebihan dari model rumah iklim tropis adalah kemampuan dalam mengakomodasi iklim tropis yang panas. Sehingga rumah dapat terasa lebih nyaman dan sejuk walaupun udara di luar rumah terasa panas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk setiap orang yang ingin membangun rumah.

Tags :

Bagikan Artikel