Kamus Istilah Properti

Lantai Teraso

istilah properti

Lantai Teraso

Lantai teraso adalah jenis lantai yang dibuat dari campuran semen dan pasir dengan mengekspos kepingan marmer pada permukaan beton yang dipoles hingga halus.

Apa Itu Lantai Teraso? 

lantai teraso
(Fest Floor)

Jenis lantai bisa menjadi penambah unsur estetika yang membuat bangunan menjadi menawan. Dari berbagai jenis lantai yang ada, lantai teraso adalah salah satunya. Lantai terrazzo bisa diterapkan pada berbagai jenis bangunan yang membuat bangunan menjadi lebih unik dan estetik.

Material utama lantai teraso adalah campuran semen dan pasir dengan mengekspos kepingan marmer pada permukaan beton yang dipoles hingga halus. Jenis lantai yang memiliki corak ini bisa dipakai pada berbagai bangunan, seperti rumah, kantor, sekolah, hingga tempat ibadah.

Corak teraso yang bervariasi inilah yang menjadi keunikannya karena bisa disesuaikan dengan karakter bangunan.

Tekstur permukaan lantai teraso sendiri ada yang halus dan ada pula teraso kasar yang terbuat dari pecahan marmer kasar. Perbedaan tekstur ini berasal dari material komposit yang dicetak sehingga menjadikan teraso lebih kuat.  

Selain kepingan marmer, lantai teraso juga bisa terbuat dari serpisan granit, kuarsa, serpihan kaca, hingga serpihan kerang laut. 

Di Indonesia, ada tiga kota yang membuat teraso terbesar, yaitu Surabaya, Bandung dan Bali. Metode pembuatannya dengan sistem precast dan tersedia dalam berbagai ukuran, seperti 20cm x 20cm hingga 60cm x 60cm.

Awal Mula Lantai Terrazzo  

lantai teraso
(Architizer)

Istilah teraso berasal dari bahasa Italia terrazza yang memiliki arti teras. Melansir dari Terrazzo Restoration Blog, lantai ini semula ditemukan di Venesia selama abad ke-15. Dahulu, terrazzo menjadi solusi praktis untuk desain dan konstruksi kontemporer.

Teraso pertama dibuat menggunakan sisa-sisa marmer yang sudah menjadi limbah sebagai lantai penutup. Pada saat itu, teraso dianggap memiliki nilai yang tinggi karena masih banyak orang yang menggunakan ubin semen sehingga peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan.

Pengrajin teraso membuat teraso menggunakan sebuah alat bernama galera.  Uniknya, Teraso hanya akan menunjukkan warna aslinya saat basah saja. Kemudian, para pekerja menemukan bahwa susu kambing dapat berfungsi sebagai pelapis untuk memungkinkan teraso menunjukkan warna aslinya. 

Pada tahun 1924, Galera ditingkatkan untuk menciptakan peralatan penggilingan listrik untuk hasil akhir yang lebih halus. Tak lama kemudian, semen Portland putih diperkenalkan ke industri yang ternyata bisa diwarnai dengan berbagai warna tanpa harus memakai campuran susu kambing. 

Kemudian, perkembangan teraso semakin pesat hingga dipakai untuk rumah George Washington di Vernon Mount. Terrazzo juga mulai diaplikasikan untuk trotoar, alun-alun, teras, kolam renang dan tangga di Eropa dan Amerika Serikat.  

Sementara di Indonesia sendiri, lantai teraso dikenal karena pengaruh Belanda. Orang-orang Belanda membuka industri teraso dengan mengajarkan  teknik pembuatannya kepada orang Indonesia. 

Barulah tahun 1970an, pabrik teraso mulai bermunculan di seluruh Indonesia menyusul kepopuleran sebagai lantai yang estetik. Bahkan, motifnya pun mulai semakin bervariasi, seperti serpihan batu alam, kaca, hingga kepingan kerang laut.  

Karakteristik Lantai Teraso

(Contro Facilitator)

Lantai terrazzo memiliki karakteristik unik yang membedakannya dengan jenis ubin lain, seperti keramik. Berikut ini beberapa karakteristik dan ciri khas lantai teraso:

Terbuat dari Material Alami

Meskipun dibuat oleh manusia, nyatanya bahan utama terrazzo adalah material alami dan bahan daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan. Misalnya, pecahan batu marmer merupakan sisa penambangan batu marmer. 

Begitupun dengan pecahan atau bahan lain yang terbuat dari bahan-bahan recycling. Hal inilah yang menjadikan lantai teraso memiliki nilai seni yang terbilang tinggi. 

Motif Menyerupai Pecahan Batuan

Karakteristik lain lantai teraso adalah memiliki motif yang menyerupai pecahan batuan. Penyusunan pecahan atau serpihan ini memiliki ukuran, bentuk, dan warna yang tidak seragam. Tetapi inilah yang membuat permukaan lantai terrazzo menjadi unik. 

Kombinasi warna terrazzo tergantung dari jenis batuan yang dipakai. Jenis lantai yang terbuat dari marmer buatan berasal dari berbagai tempat sehingga tidak memiliki bentuk yang pasti. 

Terdiri dari Tekstur Kasar dan Halus 

Tekstur teraso terdiri dari dua variasi yaitu kasar yang dan halus. Masing-masing tekstur memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Lantai teraso kasar: diaplikasikan di luar ruangan dengan ciri khas tekstur yang akan menonjol jika terkena dari sinar matahari. Tekstur kasar juga cocok digunakan di area basah karena akan mencegah lantai menjadi licin.  
  • Lantai teraso halus: diaplikasikan di dalam ruangan di rumah dengan ciri khas lantai yang mengkilap sehingga cenderung licin. Tetapi teraso yang halus memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan. 

Dapat Menyesuaikan dengan Suhu Ruangan

Menariknya, terrazzo juga memiliki karakter unik yang dapat menyesuaikan dengan suhu ruangan. Penyebabnya karena faktor porositas dan sifat menyerap cahaya pada jenis lantai ini. Artinya, lantai teraso dapat memberikan efek dingin ketika cuaca sedang panas. Begitupun saat panas Misalnya, saat cuaca cuaca sedang dingin, lantai teraso dapat menjadi hangat.  

Jenis-jenis Lantai Teraso 

lantai teraso
(Architizer)

Lantai teraso memiliki banyak jenis yang tergantung pada bahan dan metode yang digunakan. Melansir dari Terrazzco, berikut beberapa jenis terrazzo flooring.

Epoxy Terrazzo System

Sistem teraso epoxy adalah yang paling umum tersedia. Teraso epoksi sangat ideal untuk semua jenis bangunan tempat tinggal maupun komersial. Bentuknya yang tipis, bobotnya juga ringan tetapi tahan lama membuatnya digemari.

Selain daya tahan dan kemungkinan desainnya, teraso epoksi memiliki banyak keunggulan seperti tanah terhadap bahan kimia dan anti slip. Tak hanya itu, terrazzo epoksi memiliki biaya perawatan terendah dari semua sistem teraso. Selain untuk lantai, jenis ini juga bisa dipakai sebagai countertop.

Terrazzo Bantal Pasir

Lantai teraso Sand Cushion alias bantal pasir terdiri dari berbagai lapisan material. Pada lapisan bawah lapisan matriks semen dengan jaring kawat, lembaran isolasi, dan lapisan pasir tambahan. 

Ketebalan total terrazzo bantalan pasir adalah 3 inci, yang mencakup setengah inci topping teraso. 

Bonded Terrazzo System

Jenis satu ini merupakan terrazzo juga bisa merekat dengan beton. Bonded teraso bisa diaplikasikan pada interior maupun eksteriornya. Spesifikasi untuk bahan ini termasuk ketebalan yang berkisar dari 1,75 inci hingga 2,25 inci.

Sistem Terrazzo Monolitik

Dikenal dengan waktu pemasangan yang cepat , teraso monolitik adalah pilihan yang bagus untuk arsitek dan desainer yang mengikuti anggaran tetapi menginginkan lantai teraso yang dirancang tahan lama dan indah. 

Sistem ini bagus untuk toko, sekolah, dan mal. Terrazzo monolitik mengandalkan kualitas beton untuk kerataan dan pencegahan retak.  

Rustic Terrazzo System

Sebagian besar instalasi lantai teraso di eksterior memakai jenis satu ini. Penggunaan eksterior terrazzo memberikan keunggulan dibandingkan opsi lantai lainnya. Permukaan bertekstur kasar yang membuatnya tahan slip dan mudah beradaptasi dengan kondisi cuaca apa pun.  

Saat memasang lantai teraso jenis ini, memiliki elemen desain elegan yang sama dengan lantai teraso lainnya. Terdapat berbagai tekstur, warna, dan pola untuk membuat desain apa pun yang diinginkan. Ructic terrazzo dipakai untuk area luar hotel, mal, museum, townhouse, dan sebagian besar perusahaan komersial dengan fitur air seperti kolam renang, air mancur, dan air terjun buatan.

Kelebihan Lantai Teraso  

(Premier Constructed)

Lantai terrazo digunakan dalam konstruksi bangunan modern dan dikenal karena daya tahannya, kemudahan perawatannya, dan fleksibilitas desainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan lantai teraso: 

Ketahanan yang Baik

Jika dibandingkan lantai keramik biasa, ternyata ketahanan terrazzo lebih baik. Penyebabnya karena material yang menyusun teraso yaitu semen, pasir, dan pecahan marmer yang kuat. Komponen ini terbukti lebih tahan lama sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Bisa Diaplikasikan pada Berbagai Kondisi Bangunan

Kelebihan satu ini hampir jarang ditemukan pada jenis lantai lainnya. Teraso memang bisa diaplikasikan untuk berbagai kondisi bangunan dan jenis bangunan. Tak hanya sebagai interior maupun eksterior rumah, terazzo juga bisa dipakai sebagai lantai kolam renang. 

Pins tidak perlu meragukan daya tahan terrazzo dalam menahan beban yang berat. Lantai terrazo bisa dipakai sesuai kebutuhan tanpa perlu takut pecah maupun rusak.

Perawatannya Lebih Mudah

Soal perawatannya, lantai terazzo cenderung lebih mudah dibandingkan lantai marmer. Jenis lantai ini memang tidak mudah pudar meskipun dipakai pada eksterior rumah sekalipun. 

Adapun cara membersihkan lantai terazzo adalah cukup dengan rutin menyapu lalu mengepelnya menggunakan sabun dicampur dengan air hangat.  

Menjadikan Bangunan Lebih Estetik 

Coraknya yang unik sesuai dengan material pendukungnya, menjadikan terazzo bisa mendukung berbagai konsep hunianmu, Pins! Pilih corak yang paling sesuai dengan desain rumah secara keseluruhan. 

Kekurangan Lantai Teraso

(CoverTec Product)

Sementara itu, ada beberapa kekurangan lantai ini sebagai bahan pertimbanganmu. Berikut ini beberapa diantaranya: 

  • Harga jual lebih mahal karena pembuatannya memang lebih rumit.
  • Metode lebih rumit bagai orang awam dan membutuhkan sealant agar bisa menempel dengan baik.
  • Pemasangan yang salah bisa menyebabkan teraso tidak menempel dan malah terlepas.
  • Pemasangan lantai terazzo tidak mudah sehingga Pins akan memerlukan orang yang berpengalaman untuk menghindari risiko kesalahan pemasangan yang  membuat tampilan lantai tidak menarik. 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.