Kamus Istilah Properti

Marble

istilah properti

Marble

Marble adalah jenis batu alam yang terbentuk dari hasil rekristalisasi batuan kapur.

Apa Itu Marble?

marble
(The Gravel Company)

Dalam bahasa Indonesia, marble berarti marmer, merupakan jenis batu alam yang terbentuk dari hasil rekristalisasi batuan kapur atau gamping. 

Proses rekristalisasi menghilangkan struktur asalnya lalu membentuk tekstur yang baru.  Kemudian, menghasilkan corak khas yang tercipta secara alamiah ketika proses pembentukannya. 

Marble digunakan sebagai lantai, dinding, hingga menjadi material furniture. Hunian yang menambahkan unsur marble di dalamnya tampak lebih elegan dan mewah.  

Tak heran, marble sudah sejak lama menjadi simbol kemewahan pada istana dan kuil pemujaan dewa di masa lampau. Bangsa Roma dan Yunani memakai marble untuk membuat patung dan bahan bangunan. 

Dengan karakteristik marble yang demikian, maka tak heran kalah harganya cukup mahal. Apalagi jika mengingat proses pembentukan batu terjadi secara alami dan tidak bisa dibuat oleh manusia.  

Kelebihan Marble

marble
(Walls Need Love)

Tak hanya dari sisi tampilan yang elegan dan mewah, batuan alam ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya begitu digemari di banyak negara. 

Kalau Pins tertarik menghadirkan marble di rumah, mari simak apa saja kelebihannya berikut ini. 

Tahan Lama

Pins bisa menggunakan batu marble pada hunian tanpa perlu khawatir karena sifatnya yang kuat, kokoh, tahan api, awet dan tahan lama. Dibandingkan materialnya, marmer juga tidak mudah tergores.

Penyebabnya karena proses pembuatan batu alam memang memakan waktu yang cukup panjang. Batu alam juga sudah beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca sehingga tidak akan mudah mengalami lapuk. 

Memberikan Efek Sejuk pada Ruangan

Salah satu karakteristik marmer yang jadi unggulan yaitu kemampuannya untuk menahan panas. Di negara tropis seperti Indonesia, marmer populer digunakan sebagai material lantai karena memberikan efek sejuk pada ruangan. 

Untuk itulah, kalau Pins ingin membuat rumah terasa sejuk, maka bisa menghadirkan marmer, baik sebagai dinding maupun lantai.

Mudah Dirawat dan Dibersihkan

Walaupun harganya memang mahal, tetapi marmer lebih mudah dibersihkan dan dirawat. Karakteristik marble yang memiliki permukaan halus jadi salah satu alasannya. 

Misalnya, Pins memakai batu alam ini sebagai material lantai, maka Pins hanya perlu membersihkannya dengan lap basah. Apapun peruntukannya, perawatan batu alam ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Multifungsi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, marmer memang bisa digunakan untuk berbagai keperluan pada bangunan. Tak hanya sebagai material dinding dan lantai, Pins juga bisa menggunakannya untuk tangga, perabotan, bak mandi, wastafel, hingga tiang. 

Hal ini karena marble cenderung mudah dibentuk dan dipotong jadi peruntukannya pun cukup banyak. 

Cocok untuk Indoor Maupun Outdoor

Daya tarik dari batu marmer berikutnya yaitu dapat digunakan untuk semua ruangan, baik untuk indoor maupun outdoor. Lantai yang terbuat dari marble digunakan untuk kamar, ruang tamu, kamar mandi, dapur sampai teras. 

Artinya, Pins bisa memakai batu alam ini untuk lebih dari satu ruangan. Apalagi marble sangat mudah dipadukan dengan interior lain. 

Corak yang Khas

Dari sisi estetika, marble juga memiliki keunikan dari sisi corak dan motif yang khas. Umumnya, corak ini tidak sama antara satu batu dengan batu lainnya. Proses pembentukannya yang terjadi secara alami-lah penyebabnya. 

Selain corak yang bervariasi, warna marble juga bisa dipilih dalam berbagai macam variasi. Batu alam ini sangat cocok bagi Pins ingin membawa suasana yang tidak biasa tetapi elegan di dalam rumah. 

Kekurangan Marmer

(Komar.de)

Meskipun kelebihannya sangat banyak, bukan berarti batu alam ini tidak memiliki kekurangan. Ada sejumlah hal yang jadi kekurangan marmer yang bisa Pins pertimbangkan, antara lain:

  • Harganya yang relatif mahal. Pins harus menyiapkan budget yang cukup besar jika ingin menghadirkannya di seluruh ruangan.
  • Harus dilapisi dengan coating anti licin karena karakteristiknya yang licin. 
  • Proses pemasangan lantai marmer yang tidak mudah. Sebaiknya Pins menggunakan jasa tukang untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Inspirasi Menghadirkan Marble di dalam Hunian

Menariknya, Pins bisa mengaplikasikan batu marmer di rumah menjadi berbagai cara. Bukan hanya sebagai lantai dan dinding. 

Yuk, simak ide menghadirkan marble atau marmer di rumah: 

Countertop

countertop marble
(House Beautiful)

Di antara material countertop yang ada saat ini, marble adalah salah satu yang banyak digunakan sejak dahulu. Batu alami ini memiliki pola yang tidak dapat ditiru dan setiap lempengan berbeda, menjadikan countertop terlihat unik. 

Pins bisa memilih variasi warna termasuk putih, abu-abu, dan hitam. Supaya lebih tahan panas dan air, Pins bisa memasang marmer yang diasah dengan hasil akhir matte.

Wastafel atau Bak Mandi dari Marble

marble bathroom
(Original Mission Tile)

Wastafel yang diukir dari marmer memberikan tampilan yang lebih cerah dan bersih. Pilih marmer klasik untuk mendukung gaya kamar mandi. 

Jika digunakan sebagai bathtub, pilih ukuran dan bentuk yang tepat. Memasang wastafel atau bathtub dari marmer akan menambahkan elemen mewah sekalipun ruangan berukuran kecil. 

Backsplash Dapur

backsplash marble
(Curated Interior)

Backsplash yang terbuat marmer menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Kalau Pins menyukai desain dapur yang cerah dan tidak berantakan, backsplash marmer juga merupakan pilihan yang tepat.

Backsplash yang terbuat dari marble juga lebih mudah dibersihkan dan dirawat. Menariknya, apapun desain dapur-mu, baik itu minimalis maupun colorful, backsplash dari marmer tetap bisa digunakan.  

Fitur Arsitektur

(Houzz)

Jika Pins ingin menghadirkan suasana yang berbeda pada permukaan rumahmu, maka menambah marble sebagai fitur arsitektur. 

Misalnya, pada tanggam perapian, dan bak mandi built-in, langsung menjadi jauh lebih megah ketika menggunakan material batu alam satu ini. 

Nah, itulah informasi seputar marble alias marmer yang bisa Pinhome sampaikan. Semoga informasi ini bisa membantumu untuk memutuskan apakah akan menggunakannya di dalam hunian. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.