Kamus Istilah Properti

Cat Epoxy

istilah properti

Cat Epoxy

Cat epoxy adalah salah satu cat yang masuk kategori kuat dan tahan lama. Biasanya cat ini digunakan untuk meningkatkan kilaunya lantai.

Apa yang dimaksud cat epoxy?

(Indiamart)

Cat epoxy adalah produk akrilik lateks yang memiliki kandungan epoksi dalam komposisinya. Biasanya, cat ini digunakan untuk lantai. Karakter utama dari cat ini adalah kuat dan tahan lama. Jika digunakan sebagai pelapis, epoxy tidak merepotkan untuk aksi perawatannya.

Ketika diaplikasikan, cat ini akan dapat menempel dengan baik di permukaan beton atau keramik. Hal ini berbeda dengan cat akrilik biasa yang mungkin akan jauh lebih cepat untuk mengelupas atau rusak. Terlebih lagi, permukaan tersebut sering digunakan untuk jalur perlintasan.

Tahap-tahap pengaplikasian

(Resin-expert)

Dalam bagian ini, akan dijelaskan cara pengaplikasian cat ini secara runtut. Kamu bisa meyimak poin-poin yang tertulis di bagian ini dari atas ke bawah.

Pengamplasan atau grinding

Proses pengamplasan permukaan lantai ini ditujukan untuk membuka pori-pori lantai. Dengan begitu, cat yang nantinya akan melapisi permukaan dapat terserap dengan baik.

Pengamplasan juga bisa menjadi aksi untuk menghilangkan debu, noda bekas minyak, atau lapisan bekas epoxy. Sebaiknya, hindari untuk memakai cairan HCl. Hal ini dapat menyebabkan korosi dan merusak permukaan lantai.

Melapisi dengan cat dasar

Ini adalah proses di mana kamu menerapkan lapisan dasar cat di permukaan lantai. Pori-pori lantai yang sudah terbuka akan diisi oleh lapisan premier ini. Beberapa pihak yang melakukan penghematan biasanya menerapkan cat dasar sebanyak dua kali.

Biasanya pada proses ini juga dilakukan pemberian warna. Hal tersebut ditujukan agar lantai lebih menarik lagi untuk dipandang.

Proses body coat

Pada tahapan ini, hal yang dilakukan pada permukaan lantai adalah pendempulan. Bahan yang digunakan untuk mendempul lantai ada dua yakni cat epoxy dan polyamed. Beberapa pihak juga menambahkan pasir silika untuk menutupi area yang retak atau berlubang.

Finishing atau top coat

Dalam proses ini, hal yang penting untuk diperhatikan pertama adalah meratanya lapisan body coat. Agar lapisan bisa rata, kamu bisa menggunakan alat bantu berupa roll sisir bergerigi.

Setelah dirasa sudah rata, saatnya mengaplikasikan top coat. Alat bantu seperti semportan, kuas dan roller akan membantu kamu mengerjakan proses ini. Kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses ini adalah 8 sampai 16 jam.

Kelebihan dan kekurangan

(Indiamart)

Di bagian ini, akan dipaparkan kelebihan dan kekurangan menggunakan cat epoksi. Jadi, sebelum membeli dan menggunakan cat tersebut, pejelasan di bawah ini bisa menjadi poin-poin pertimbangan.(Epoxy-Resin)

Kelebihan cat epoxy

  • Lebih tahan lama: Cat ini punya umur yang cukup panjang meskipun permukaannya sering dilintasi oleh berbagai macam aktivitas.
  • Tangguh: Cat ini dapat membuat lantai lebih keras melalui lapisan.
  • Hemat: Dibandingkan dengan memasang lantai, cat ini lebih hemat dalam urusan biaya pengaplikasiannya.
  • Mudah pemeliharaannya: Permukaannya yang halus dan rata membuat lantai yang dilapisi epoxy lebih mudah untuk dibersihkan.
  • Bersifat melindungi: Dengan lapisan epoxy, lantai akan lebih tahan dari noda, retak maupun korosi.

Kekurangan cat epoxy

  • Proses pengaplikasiannya butuh waktu dan tenaga yang cukup banyak.
  • Dibutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk menghilangkan lapisan cat ini di lantai.
  • Apabila ada tumpahan air atau cairan tertentu, lantai yang dilapisi oleh epoxuy akan menjadi licin.
  • Tergolong cukup tahan lama dan tahan korosi, cat ini perlu diganti secara berkala. Hal ini perlu dilakukan terutama apabila lapisannya ada yang sudah rusak.

Perbedaan cat epoxy dan epoxy coating

(Epoxy-Resin)

Cat epoxy dan epoxy coating punya nama hampir mirip, tapi berbeda bentuk produknya dan cara pengaplikasiannya. Sebenarnya kedua produk tersebut punya fungsi yang sama, yakni digunakan untuk melapisi permukaan lantai.

Cat epoksi pada dasarnya adalah cat, yang hanya perlu diaplikasikan seperti halnya cat pada umumnya. Sedangkan kalau kamu membeli epoxy coating, kamu akan mendapatkan resin dan pengeras. Untuk menggunakannya, Pins mungkin akan perlu bantuan profesional. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan pengaplikasiannya yang cukup tinggi.

Perbedaan pertama antara dua produk tersebut yang perlu Pins ketahui adalah cat epoksi lebih cocok untuk mempercantik tampilan lantai. Sedangkan epoxy coating lebih cocok sebagai lapisan permukaan yang rentan terkena tumpahan bahan-bahan kimia. Pada dasarnya, epoxy coating lebih kuat daripada cat epoksi .

Dari segi harga, bisa dipastikan kalau cat epoxy punya harga yang lebih murah daripada epoxy coating. Selain itu, kamu bisa mengaplikasikannya sendiri tanpa meminta bantuan profesional. Hal ini dapat menghemat biaya yang kamu keluarkan untuk pengaplikasiannya.

Cara melepas cat epoxy

(Photo Funt)

Setelah mengetahui cara mengaplikasikan, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan atau menghilangkan cat ini dari permukaan lantai. Setidaknya ada dua metode yang bisa dilakukan. Dua metode yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Memanaskan lapisan epoksi

Alat-alat yang harus ada dalam proses ini adalah heat gun. Nantinya, heat gun tersebut digunakan untuk memanaskan lapisan epoxy pada lantai. Pastikan untuk membuat lapisan tersebut sampai melunak.

Apabila sudah melunak, kikis lapisan tersebut menggunakan alat pengikis yang terbuat dari plastik. Penggunaan alat pengikis berbahan logam perlu dihindari karena dapat menimbulkan goresan pada lantai.

Menggunakan bahan kimia

Oksidator dan thinner cat merupakan bahan kimia yang biasanya digunakan untuk melepaskan lapisan epoksi. Kamu bisa mencarinya di toko bangunan dan meminta rekomendasi merk atau produk yang bagus untuk keperluanmu.

Yang perlu dicatat, penggunaan thinner akan memakan waktu lebih lama daripada oksidator. Sedangkan jika kamu memilih oksidator, pastikan untuk menggunakan oksidator yang lebih tidak mudah terbakar bahannya.

Setelah epoksi dari lantai hilang, langkah berikutnya adalah membersihkan lantai dengan larutan trisodium fosfat yang dicampurkan dengan air panas sebanyak 4 liter. Gunakan spons untuk mengaplikasikan larutan tersebut di permukaan lantai. Tunggu 5 menit agar larutan bereaksi. Apabila sudah, bersihkan lagi permukaan dengan alat pembersih dan air.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.