Kamus Istilah Properti

Air Mancur

istilah properti

Air Mancur

Air mancur adalah aliran air yang menyebar secara diagonal dari sebuah sumber. 

Apa Itu Air Mancur?

(Grid)

Air mancur adalah sebuah aliran air yang menyebar secara diagonal dari sebuah sumber. Pengertian lainnya yaitu air di suatu wadah dapat dialirkan ke wadah lainnya dan ditata dalam berbagai tingkat.

Air mancur (water fountain) dapat dibuat di dalam berbagai wadah seperti batu, beton atau logam. Selain itu sebagian besar fountain juga ditata dalam kolam atau wadah kecil, kolam di kebun, serta di tempat kolam ikan.

Di masa lalu aliran air buatan digunakan sebagai sumber air yang digunakan untuk keperluan masyarakat di sebuah kota maupun perkampungan. 

Water fountain ini sudah ada sejak 2000 tahun lalu dan ditemukan di Mesopotamia. Ketika itu, sumber air untuk pancuran ini berada pada posisi yang lebih tinggi sehingga dihasilkan dengan bantuan gaya gravitasi.

Ada banyak water fountain yang terkenal di dunia seperti Alhambra water fountain yang terletak di kota Granada, Raja Fahd water fountain di Jeddah, water fountain Piazza Navona, water fountain Neptune, water fountain Triton, hingga berbagai water fountain di Istana Versailles.

Kini air mancur mengalami berbagai perkembangan seperti munculnya pancuran menari yang memanfaatkan teknologi. Bahkan, saat ini water fountain juga telah digunakan sebagai elemen arsitektur yang bisa dihadirkan di dalam rumah.

Manfaat Air Mancur Sebagai Elemen Arsitektur

(Gardener’s Path)

Menciptakan air mancur di dalam rumah memang menjadi pilihan menarik untuk menciptakan keindahan di dalam ruangan. Sebenarnya lebih dari itu, ada berbagai banyak manfaat menghadirkan pancuran, antara lain:

Menghilangkan Stres dan Relaksasi

Water fountain indoor memiliki manfaat sebagai penghilang stres dan relaksasi. Mendengarkan suara gemericik air dari water fountain nyatanya cukup efektif untuk menghilangkan stress. 

Dengan suara air yang mengalir yang menenangkan. Pins bisa menghadirkannya aliran ini di berbagai ruangan favorit, kantor, taman, atau teras. Jadi, Pins tidak perlu mencari tempat relaksasi di luar rumah.

Mencegah Polusi Suara

Gemericik dan lembutnya suara air yang mengalir dapat meredam suara-suara lain di sekitar Pins seperti lalu lintas, suara-suara di kamar sebelah, anjing yang selalu menggonggong di waktu yang sama setiap malam, maupun suara tetangga.

Suara air yang mengalir akan membantu rileks dan memberi suara baru untuk menikmati meredam suara lain di sekitar.

Unsur Dekorasi 

Air mancur indoor atau outdoor akan menambah keindahan di lingkungan. Apapun jenis air mancur yang dipilih, baik itu air mancur dinding, water fountain meja, maupunb berjenis klasik. Desainer Interior sering menggunakan water fountain yang dipasang di dinding sebagai titik fokus dalam dekorasi mereka.   

Pelembab Alami

Air mancur bertindak sebagai pelembab alami, menambahkan kelembapan ke ruangan yang kering. Artinya, dengan menghadirkan pancuran air, Pins tak perlu menggunakan humidifier di seluruh ruangan.

Bahkan, water fountain dalam ruangan melembabkan udara sambil menikmati suara air mengalir yang menenangkan. Water fountain juga dapat membantu tanaman dalam ruangan dengan menambahkan kelembapan ekstra yang hilang saat unit pemanas atau pendingin udara bekerja.

Sumber Minum untuk Hewan Peliharaan

Bagi Pins yang memelihara hewan seperti anjing dan kucing, pancuran air ini bisa dimanfaatkan untuk minum mereka. Terlebih, sebenarnya para hewan ini lebih menyukai air yang mengalir. 

Selama Pins tidak menggunakan bahan kimia berbahaya untuk air, ini benar-benar aman untuk hewan kesayanganmu.

Memiliki Arti Baik dalam Ilmu Fengshui  

Jika Pins mempercayai ilmu feng shui, menerapkan aliran air ini sangat dianjurkan.Energi air yang kuat dipercaya dapat menghalau ketidakseimbangan atau konflik di dalam rumah. Tak jarang,  air mancur juga dikaitkan dengan derasnya perputaran uang di rumah.  

Selama penempatannya tepat, seperti unsur air (kolam) tidak boleh berada di titik tengah rumah, bagian tengah rumah mewakili organ tubuh jantung (elemen Api), maka keberadaan air di tengah rumah akan menekan Api, sehingga dapat menyebabkan kerugian.

Model dan Jenis Air Mancur di Rumah

Ada beberapa jenis dan model water fountain yang bisa Pins hadirkan di dalam rumah. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Wall Water Fountain

(Revista Landuum)

Aiir mancur dinding ini memiliki konsep modern dan ditemukan di tempat besar seperti hotel. Namun, Pins bisa menerapkan air mancur dinding di dalam rumah.

Kelebihannya karena jenis ini lebih minimalis sehingga tidak memakan tempat, air akan mengalir dari dinding rumah dan  menciptakan suasana menyegarkan.

Floor Water Fountain

Model water fountain ini diletakan di lantai yang biasanya ditampilkan dengan bentuk tradisional yang berupa ukiran batu atau terakota. Kemudian ukiran tersebut dipasang di dalam ruangan hingga membentuk sebuah air mancur yang indah. 

Model lantai ini, umumnya diletakkan di tempat yang mudah terlihat seperti ruang tamu.

Tabletop Water Fountain

(Very Well Mind)

Siapa bilang menghadirkan air mancur di dalam rumah terlalu memakan banyak ruang? Pins bisa memilih jenis water fountain jenis ini karena seperti namanya terletak di meja.

Pins bisa meletakkannya di ruangan manapun. Misalnya, di dekat jendela atau sudut ruangan yang diletakkan meja.

Water Fountain Shower

Untuk hunian yang memiliki cukup ruang pada taman, Pins bisa mengadaptasi water fountain taman minimalis model shower. Air mancur jenis seperti ini cocok pula ditempatkan bila Pins memiliki buah hati. 

Mereka akan senang bermain di taman. Namun bila Pins hanya mempergunakannya sebagai dekorasi, Pins bisa menempatkan bebatuan agar anak tidak bisa bermain disana.

Classic Water Fountain 

(The Golden Glove)

Model satu ini, pasti Pins akan terpikirkan sebuah kerajaan yang memiliki taman luas dengan air mancur di dalamnya. Walau terlihat klasik tetapi model pancuran satu ini pun dapat dibuat modern. 

Kamu bisa memilih warna yang modern untuk hunian minimalis, seperti warna hitam atau abu-abu gelap.

Artificial Water Fountain

Model air mancur minimalis dengan desain yang artistik memang perlu menjadi bahan pertimbangan nih Pins! Desain artistik yang tidak monoton dan memiliki makna yang mendalam dapat kamu pakai pada taman belakang rumah. 

Warnanya pun usahakan dibiarkan natural agar menambah kesan artsy dalam hunian.

Curtain Water Fountain

(Yixing)

Air mancur taman minimalis selanjutnya adalah berbentuk layaknya tirai. Ya, model seperti ini memang sangat unik dan sangat cocok untuk hunian minimalis. 

Air mancur model seperti ini bisa dijadikan sebuah sekat maupun menghiasi dinding taman. Bagaimana Pins, apa Pins suka dengan desain water fountain seperti ini?

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Air Mancur di Rumah

(Pixabay)

Agar air mancur dapat berfungsi secara optimal dan penghuni rumah bisa mendapatkan manfaatnya, maka dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Pilih bahan atau material seperti beton, marmer, batu alam, logam, dan keramik. Pilihlah material untuk water fountain taman rumah yang kualitas dan penampilannya baik. Meski akan lebih mahal, hasilnya tentu akan lebih bagus dan lebih awet serta tahan lama.
  • Tentukan ukurannya dengan mengikuti luas taman yang ada di rumah. 
  • Jika Pins akan menempatkannya di dalam rumah dan berukuran kecil, sebaiknya pilih water fountain taman yang juga kecil.  
  • Posisi peletakan pancuran ini masih terkait dengan ukuran taman itu sendiri. Misalnya, Pins dapat menempatkan water fountain taman di bagian tengah kolam dan taman jika ukuran taman luas sehingga kesan mewah juga bisa muncul.
  • Pilih pancuran air di taman rumah yang bergaya tradisional, model Jepang, hingga desain modern yang mewah. Sesuaikan dengan desain keseluruhan desain rumahmu. 
  • Water fountainmembutuhkan listrik untuk beroperasi sehingga Pins harus memperhatikan keamanan dari penggunaan listrik di taman. Kabel untuk pancuran air biasanya ditanam di dalam tanah.   

Itulah beberapa informasi terkait air mancur. Jangan lupa juga untuk selalu rutin merawat water fountain setelah memasangnya. Perawatan sangat tergantung dengan material yang dipilih untuk membuat baknya. 

Bila Pins masih bingung, Pins bisa menggunakan jasa arsitek untuk hasil yang sesuai. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.