Kamus Istilah Properti

Lokasi Alternatif

istilah properti

Lokasi Alternatif

Lokasi alternatif adalah pilihan tempat dan kawasan di antara dua atau beberapa kemungkinan

Apa itu Lokasi Alternatif? 

Sumber: inhabitat.com

Saat tidak bisa mendapatkan lokasi utama, Pins bisa mencari sejumlah lokasi alternatif untuk tempat tinggal maupun tempat usaha.  

Lokasi alternatif adalah pilihan tempat dan kawasan di antara dua atau beberapa kemungkinan. Sebuah tempat atau kawasan yang termasuk dalam lokasi alternatif ini bukan lokasi utama tetapi masih berdekatan dan bisa dijangkau. 

Alasan Lokasi Alternatif Layak Dipertimbangkan 

sumber: inhabitat

Meskipun bukan berada di main location alias lokasi utama, tak ada salahnya jika Pins memilih lokasi alternatif untuk hunian maupun tempat usaha. 

Berikut ini keunggulan dari lokasi alternatif: 

1. Harga Lebih Terjangkau

Harga properti di kawasan yang termasuk lokasi alternatif terbilang terjangkau. Dalam sebuah komplek perumahan, sebuah rumah yang berada di lokasi alternatif tentu harganya akan lebih murah daripada rumah yang terletak di boulevard. 

2. Fasilitas Tak Kalah Lengkap

Sekalipun tidak berada di lokasi utama dan tidak begitu strategis, nyatanya fasilitas yang dimiliki lokasi alternatif ini tidak kalah lengkap.

Dalam sebuah wilayah misalnya, kawasan yang termasuk lokasi alternative akan tetap dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung yang memudahkan untuk mencapai lokasi utama. 

3. Cocok Bagi yang Tak Suka Keramaian

Memiliki rumah di lokasi utama yang sangat strategis, tentu sangat memudahkan. Tetapi kawasan ini akan cenderung bising dan ramai. Untuk itu, kalau Pins tidak terlalu keramaian, maka bisa memilih hunian di lokasi alternatif. 

Meski tidak terlalu strategis, tetapi Pins akan tidak akan begitu kesulitan untuk menemukan berbagai fasilitas, alat transportasi, dan lain-lain, kok! 

4. Bisa Berkembang di Kemudian Hari 

Sekalipun tidak terlalu strategis, tetapi lokasi alternatif akan jadi pertimbangan untuk bisa maju di kemudian hari. Hal ini tentu akan membuat harga jualnya akan terus meningkat.

Terlebih nantinya akan terus dibangun infrastruktur dan fasilitas. Maka jangan heran jika properti yang berada di lokasi alternatif akan punya nilai investasi yang tidak kalah tinggi. 

Contoh Lokasi Alternatif di Indonesia 

sumber: Forbes

Tinggal di kota besar memang jadi pilihan menarik. Tetapi sayangnya, harga tanah dan rumah di kota besar seperti Jakarta sangatlah mahal.

Nah, kalau Pins ingin tinggal di kawasan yang tidak terlalu jauh dari kota besar, berikut ini lokasi alternatif yang bisa dipilih:

Bekasi

Lokasi alternative sebagai tempat tinggal yang pertama adalah Bekasi. Letaknya hanya selangkah dari ibu kota, tepat di sebelah timur Jakarta, menjadikan Bekasi layak dipertimbangkan. 

Belum lagi, perkembangan infrastrukturnya yang kian hari kian menjanjikan. Ada banyak pilihan hunian di Bekasi mulai dari perumahan bersubsidi hingga yang mewah. Bahkan di kawasan ini pun kini sudah banyak berdiri kawasan hunian terpadu yang dibangun oleh pengembang berskala nasional. Tertarik tinggal di Bekasi, Pins?

Depok 

Lokasinya yang berbatasan dengan ibukota Jakarta (Jakarta Selatan dan Jakarta Timur), berbatasan langsung dengan Ciputat Tangerang, Bekasi, dan Bogor, membuat kota ini jadi lokasi alternative yang bisa dipilih saat membeli rumah. 

Di samping lokasi, harga tanah dan rumah di Depok juga belum mahal. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari akses tol untuk menjangkau kota-kota di sekelilingnya,  dan dekat dengan kampus yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma.  

Bogor

Bogor layak Pins perhatikan sebagai lokasi alternatif hunian selain Bogor dan Depok. Tak hanya lokasinya yang tidak begitu jauh dari ibu kota, Bogor juga termasuk sejuk dan udaranya masih asri.

Bahkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik (PBS), rata-rata tinggi permukaan tanah di Bogor berkisar antara 200-700 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Ketinggian inilah yang membuat suhu udara di Bogor cukup sejuk.

Malang

Harga rumah di Malang yang masih terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar di Jawa Timur, membuat kawasan ini bisa Pins pertimbangkan sebagai lokasi alternatif membeli hunian.

Malang sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur terus berkembang pesat di beberapa tahun terakhir.  

Tak hanya itu, Malang juga merupakan kota yang nyaman untuk ditinggali. Suasana sejuk dan dinginnya pegunungan, bisa Pins dapatkan jika tinggal di Malang.  

Jangan Asal, Berikut Ini Tips Memilih Rumah di Lokasi Alternatif

sumber: summarecon

Memilih lokasi rumah memang tidak selalu mudah. Terlebih jika Pins mulai mempertimbangkan memiliki hunian yang berada di lokasi alternatif.

Biar tidak salah pilih, yuk simak tips memilih rumah di lokasi alternative berikut ini:

1. Memiliki Akses yang Baik

Memilih lokasi tak sembarangan. Walaupun bukan berada di lokasi utama, pastikan Pins mendapatkan aksesibilitas yang baik, seperti jarak dari jalan raya dan fasilitas utama yang tidak terlalu jauh.  

Perhatikan juga apakah lokasinya dari tempat umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, jalan tol hingga area sekolah masih bisa dijangkau atau tidak. 

2. Kualitas Bangunan

Kualitas bangunan harus jadi perhatian ketika memilih properti di lokasi alternatif. Pastikan kualitasnya harus baik sehingga nyaman ditinggali. 

Sebagai pembeli, sebaiknya Pins jangan lantas percaya pada spesifikasi yang ada di brosur, karena brosur dapat diubah secara sepihak oleh pengembang. Cek kondisi faktanya saat rumah sudah jadi. 

3. Perhatikan Perizinan

Sejak awal semua izin-izin pengembang dan izin pembangunan rumah dijual harus ditanyakan.

Tujuannya agar bisa dipastikan rumah tersebut tidak bermasalah. Supaya lebih aman, ada baiknya Pins meminta duplikat surat-surat izin dari rumah dijual tersebut.

4. Reputasi Pengembang

Hal yang tak kalah penting dari pemilihan lokasi perumahan yaitu reputasi dan track record pengembang. Telitilah agar tidak terjadi kasus di kemudian hari yang berkaitan dengan pengembang nakal.

Dalam banyak kasus hukum, keluhan terbesar para konsumen terhadap rumah dijual pengembang lantaran ulah si pengembang yang tak bertanggung-jawab.

5. Cari Tahu Kondisi Sosial Masyarakat

Kondisi masyarakat sekitar juga penting untuk dipertimbangkan saat hendak memilih lokasi. 

Dapatkan informasi tentang lingkungan sekitar. Bisa juga dengan cara meluangkan waktu untuk berbincang dengan orang-orang sekitar.