Kamus Istilah Properti

Besi Cor

istilah properti

Besi Cor

Besi cor adalah salah satu material yang umum difungsikan untuk rangka pada pondasi bangunan. Besi tersebut berkarakter kuat dan tahan lembab.

Apa itu besi cor?

(Aneka Adhi Logam)

Besi cor adalah salah satu material yang umum difungsikan sebagai rangka pada pondasi bangunan di Indonesia. Besi ini punya karakter yang kuat, tahan lembab, anti korosi, dan tahan aus.

Dilihat dari komposisinya, material ini mengandung campuran besi, karbon, silikon, mangan, sulfur dan fosfor. Secara khusus, kandungan karbon pada barang ini berkisar di 2% sampai 6,67%. Apabila komposisi karbon lebih dari 2%, besi cor akan punya karakter yang lebih rapuh dan mudah getas.

Barang ini juga punya nama lain yakni besi tuang. Penyebutan ini diambil dari salah satu proses dalam alur pembuatannya yakni proses penuangan. Setelah biji besi dilelehkan dan dicampurkan dengan bahan-bahan lain, proses selanjutnya adalah proses ‘penuangan’ ke dalam cetakan prefabrikasi (casting process).

Usai dituangkan ke dalam cetakan, material ditunggu hingga dingin dan mengeras. Proses pencetakan besi ini sangatlah memudahkan. Sebelum adanya teknik ini, pengolahan biji besi harus dilakukan dengan cara penempaan saja. Maka dari itu, besi jenis ini adalah salah satu material yang produksinya sangat memungkinkan untuk dibuat dalam jumlah besar.

Apabila menelisik artefak yang ada di dunia, penggunaan besi tuang paling kuno yang berhasil ditemukan oleh para Arkeolog ada di kawasan Tiongkok. Material yang ditemukan tercatat difungsikan sebagai bahan pembuatan bangunan, perlengkapan pertanian dan alat perang ketika abad 5 sebelum Masehi.

Macam jenis besi cor

Setidaknya, ada sekitar 4 macam jenis besi cor (pada bagian ini akan lebih banyak disebut ‘besi tuang‘) yang masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Untuk penjelasan selengkapnya, cek bagian di bawah ini ya, Pins!

Kelabu (gray cast iron)

(The Constructions)

Besi tuang kelabu merupakan jenis material yang paling umum ditemui sebagai bahan bangunan. Dari segi harga, barang ini punya banderol yang lebih murah dari pada jenis-jenis besi tuang lainnya. Proses pembuatannya yang lebih mudah dan ekonomis merupakan alasan dari miringnya harga besi tuang jenis ini.

Warna kelabu yang menjadi ciri khas utama dari besi tuang ini berasal dari serpihan grafit yang tersebar merata di material ini. Jika mengetahui komposisinya, kamu akan menemukan kandungan silikon yang cukup besar yang berperan penting dalam meratanya persebaran grafit.

Selain warna kelabu, besi tuang kelabu punya karakteristik spesifik dibanding besi tuang jenis lain yakni punya kekuatan meredam getaran yang baik. Maka dari itu, ia cocok digunakan sebagai struktur bangunan. Beberapa penggunaan lain dari material ini adalah untuk alat berat, landasan mesin, sampai konstruksi poros penghubung.

Nodular (ulet)

(China Foundry)

Nama nodular disematkan pada besi tuang jenis ini karena ketika dilihat menggunakan alat bantu, kandungan grafit yang ada pada material ini berbentuk bulatan-bulatan (nodular). Bentuk grafit menjadi bulat dikarenakan komposisi tambahan yang digunakan yakni sedikit magnesium dan sedikit serium.

Kandungan grafit yang berbentuk bulat pada besi tuang jenis ini membuatnya punya karakter yang lebih ulet atau tidak mudah getas. Maka dari itu, beberapa pihak menyebut besi tuang jenis ini sebagai besi tuang ulet.

Dalam proses pembangunan sebuah konstruksi, besi ini sering dipakai untuk proses cor pada bagian lengkungan. Di bidang lain, besi tuang ini kerap dipakai sebagai poros engkol, pipa, atau suku cadang khusus.

Putih (white cast iron)

(The Constructions)

Warna putih yang melekat sebagai julukan besi tuang ini diambil dari warna permukaannya. Warna putih itu terbentuk karena besi tuang ini melalui proses pendinginan besi tuang yang cepat. Proses pendinginan tersebut menyebabkan kandungan karbon tetap stabil, sehingga karbon tidak sempat membentuk grafit. Seperti yang kita ketahui, grafit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan besi tuang kelabu berwarna kelabu.

Karakter yang menonjol dari besi tuang jenis ini adalah daya tahannya yang sangat baik. Meski begitu, material ini masih mampu dipotong jika kamu menggunakan mesin.

Pengaplikasian material ini paling cocok dipakai untuk menjadi material suku cadang yang harus punya ketahanan aus yang tinggi atau barang-barang yang membutuhkan bahan yang punya tingkat ketahanan korosi yang tinggi.

Tempa (malleable)

(China Valve)

Besi tuang malleable merupakan besi tuang putih yang dilebur di tungku dengan panas mencapai suhu 940 derajat celcius. Proses ini kemudian mampu memisahkan kandungan karbon dalam besi tuang putih. Setelah terpisah, karbon tersebut kemudian digantikan posisinya oleh kandungan besi dan grafit.

Besi tuang malleable punya karakter yang hampir mirip dengan baja ringan. Benda ini mampu untuk ditempa dan punya ciri khas yakni mampu menahan getaran dan beban dengan sangat baik. Maka dari itu, besi tuang ini banyak dipakai untuk industri kereta api, otomotif, maupun sektor-sektor lain yang memerlukan material dengan karakter seperti yang disebutkan sebelumnya.

Fungsi besi cor dalam bidang konstruksi

(Karya Utama Steel)

Dari penjelasan pada bagian ‘Macam jenis’, Pins sudah mendapatkan penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan dari empat jenis besi tuang yang telah disebutkan secara umum. Khusus pada bagian ini, Pins akan mendapatkan informasi tentang fungsi dan kegunaan besi tuang di bidang konstruksi.

Apa saja fungsi besi tuang di bidang konstruksi? Langsung saja cek pemaparan di bawah ini:

  • Digunakan untuk berbagai macam kelengkapan sanitasi. Dari pipa bawah tanah, pipa air, lubang got, tangki air.
  • Dipakai untuk rangka pondasi bangunan.
  • Dibentuk menjadi tangga besi, tiang lampu, gerbang, atau bagian-bagian lain.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.