Kamus Istilah Properti

Semen Putih

istilah properti

Semen Putih

Semen putih adalah salah satu jenis semen yang memiliki tekstur lebih halus serta berdaya rekat tinggi. Semen ini banyak digunakan dalam proses finishing bangunan dan dekorasi.

Apa Itu Semen Putih?

semen putih
(Cemcrete)

Saat mendengar kata semen, tentu banyak orang yang langsung mengaitkannya dengan bahan bangunan berwarna abu-abu. Padahal, selain semen biasa tersebut, ada semen jenis lain yaitu semen putih. Sesuai namanya, semen jenis ini memiliki warna yang lebih cerah atau putih serta teksturnya lebih halus.

Bahan bangunan berwarna putih ini memiliki kandungan yang berbeda dari semen biasa. Tingkat besi dan mangan di semen ini lebih sedikit sehingga lebih bersih dan warnanya menjadi cerah. Warna ini menjadikan semen putih banyak digunakan untuk keperluan estetika atau dekoratif.

Selain itu, semen putih juga memiliki kualitas yang tinggi, lebih halus, dan daya rekatnya tinggi. Hal ini membuatnya banyak digunakan dalam berbagai jenis campuran seperti acian, bahan perekat, dan lain-lain.

Kegunaannya dalam Bangunan

(Technotrade)

Semen putih memiliki banyak kegunaan saat membuat bangunan. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan bahan ini yaitu sebagai berikut.

Menghaluskan permukaan dinding

Semen ini memiliki butiran yang lebih halus dan bersih. Tekstur ini membuatnya cocok digunakan sebagai acian ataupun plester pada dinding sebelum dicat. Tembok yang telah memiliki lapisan ini akan memiliki permukaan yang lebih halus sehingga hasilnya lebih rapi serta tidak bergelombang. Hal ini tentunya juga akan memudahkan Pins ketika mengecat dinding.

Mengisi celah pemasangan lantai

Kegunaan lainnya dari semen putih yaitu dipakai sebagai isian celah pada lantai karena warnanya putih dan teksturnya halus. Pengisian ini bisa juga disebut dengan tile grouting. Lantai yang sela-selanya diisi dengan bahan ini akan terlihat lebih alami dan cerah.

Bisa digunakan untuk merekatkan granit

Semen jenis ini memiliki daya rekat yang lebih baik sehingga dapat digunakan untuk memasang granit. Daya rekat bahan ini lebih tinggi daripada lem sehingga bisa dipakai untuk menempelkan bahan berat seperti granit.

Memperkuat tembok

Kegunaan lain dari semen ini yaitu dipakai untuk memperkuat struktur dinding. Bahan ini memiliki senyawa silika tinggi sehingga komposisi dan campurannya lebih kuat dan tidak mudah mengelupas. Menggunakan semen putih akan membuat usia tembok lebih panjang.

Sebagai solusi memperbaiki tembok terkelupas atau retak

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan ini untuk meratakan permukaan tembok yang rusak atau retak. Bahan ini dapat digunakan sebagai campuran plamir untuk meratakan dinding. 

Kelebihan Semen Putih

semen putih
(Indigopaints)

Selain kegunaan semen putih di atas, bahan bangunan berwarna cerah ini juga memiliki berbagai kelebihan lain. Berikut ini kelebihan-kelebihan dari semen ini.

Lebih ramah lingkungan

Kandungan yang terdapat pada bahan bangunan ini berbeda dari semen biasa. Hal ini membuatnya lebih aman digunakan dan ramah terhadap lingkungan. Produk dan benda hasil olahan bahan ini juga bisa untuk didaur ulang atau dimanfaatkan kembali.

Warnanya cerah dan netral

Kelebihan lainnya dari semen ini yaitu warnanya yang cerah dan netral. Semen ini cocok untuk digunakan dalam mendekorasi rumah terutama jika kamu memang ingin kesan industrial yang kuat. Selain itu, warnanya juga netral sehingga mudah dipadupadankan dengan warna lainnya.

Memiliki sifat yang lebih tahan air

Semen ini juga lebih waterproof atau tahan air. Sifat ini tentu penting dalam menjaga tampilan dan kualitas dinding. Penggunaan semen putih akan mengurangi kemungkinan munculnya bercak-bercak di dinding akibat lembab atau terkena air.

Lebih hemat dalam penggunaannya

Bahan ini memiliki kualitas baik sehingga porsi penggunaannya pun lebih sedikit. Hal ini memungkinkan Pins untuk lebih hemat karena pemakaian semen ini lebih hemat.

Mengurangi biaya perawatan bangunan

Bangunan yang dibuat dengan menggunakan semen ini akan lebih kuat dan tahan lama. Kamu pun akan lebih hemat karena tidak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan bangunan.

Kekurangan Bahan Bangunan Ini

(OLX)

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti semen putih adalah bahan tanpa celah. Ada beberapa kekurangan semen ini yang perlu diketahui, yaitu sebagai berikut.

Proses pengeringan lebih lama

Kekurangan pertama dari semen ini yaitu memerlukan waktu yang lebih lama untuk pengeringannya. Pada pengaplikasiannya, Pins perlu lebih sabar ketika menunggu semen ini benar-benar kering dan mengeras sempurna. Jika proses pengeringan ini tidak dilakukan dengan benar, tembok akan retak sehingga perlu diperbaiki dan dana yang keluar lebih besar.

Harganya lebih mahal

Semen ini memiliki kualitas yang berbeda dari semen biasa dan tentunya berpengaruh terhadap harganya. Bahan ini harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan semen biasa berwarna abu kecoklatan. Hal ini tentunya perlu diperhatikan ketika sedang mendirikan bangunan karena penggunaannya yang berlebihan bisa membuat anggaran membengkak.

Perlu dilapisi supaya tidak kotor

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahan ini memiliki warna yang cerah. Karena warnanya inilah, kamu perlu menyiapkan lapisan lain atau coating supaya tembok tetap bersih dan tidak kotor. Selain itu, dinding yang telah di-coating tersebut juga perlu untuk sering dibersihkan supaya warnanya tetap cerah.

Semen putih memiliki banyak kegunaan dalam pembuatan bangunan. Bahan ini juga bisa digunakan untuk keperluan estetika. Kamu bisa menggunakan bahan ini jika ingin memiliki bangunan yang lebih tahan lama dan rapi.

Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.