Kamus Istilah Properti

Town House

istilah properti

Town House

Town house adalah komplek perumahan yang terdiri dari rumah-rumah yang dibangun secara berderet dengan jumlah unit yang terbatas. 

Apa itu Town House?

(Pinterest)

Town house adalah kompleks hunian yang berada di tengah kota, terdiri dari hanya beberapa hunian saja dengan bentuk yang serupa. Lokasi town house biasanya terletak di lokasi yang strategis dengan menawarkan hunian eksklusif.  

Karena tipenya yang ekslusif, town house banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas, khususnya oleh para kaum ekspatriat. Harga jualnya pun cenderung mahal jika dibandingkan dengan jenis perumahan lainnya. 

Istilah town house sebetulnya diadopsi dari Amerika Serikat yang dikenal dengan sebutan row house. Di sana, para penghuni yang tinggal di town house memiliki ruang parkir di bawah hunian.

Untuk Indonesia sendiri, tren town house mulai berkembang sejak pertengahan 1990-an. Ketika itu, town house berupa kompleks kecil yang lebih membidik kaum ekspatriat. 

Maka, tak heran hingga saat ini banyak hunian yang berada di town house disebutkan untuk para pekerja berkewarganegaraan asing.  

Kriteria dan Konsep Town House

town house adalah
(sketchup.com)

Town house adalah konsep hunian yang biasa disebut sebagai rumah bandar. Konsep town house banyak diterapkan di perkotaan untuk memaksimalkan luas lahan. 

Adapun beberapa kriteria dan konsep town house di antaranya: 

Model Rumah yang Serupa 

Seluruh rumah townhouse memiliki desain dan model rumah yang serupa sehingga memberikan kesan rapi. 

Bahkan, tinggal di town house memiliki aturan dan ketentuan khusus. Pins biasanya tidak boleh mengubah tampak luar bangunan, memiliki lanskap bersama, serta tidak diperkenankan menambah atau mengganti pohon sesuai kemauan.

Sistem Keamanan Satu Pintu 

Sistem keamanan yang diterapkan oleh town house adalah one gate system. Dengan sistem penempatan satu pintu ini, penghuni hanya bisa keluar dan masuk dalam gerbang yang sama.

Selain itu, petugas keamanan akan berpatroli selama 24 jam setiap hari dan menerapkan pendataan lengkap seperti menitipkan kartu identitas pada pos bagi seluruh tamu yang berkunjung ke townhouse

Jumlah Unit yang Terbatas 

Jika dibandingkan dengan hunian cluster, jumlah rumah yang terdapat di dalam komplek cluster bisa mencapai 100 hingga 300 unit, jumlah unit town house sangatlah terbatas.

Dalam satu town house, biasanya hanya terdiri dari 10 hingga 30 unit saja. Dengan demikian, townhouse sangat cocok dihuni oleh Pins yang menginginkan suasana lingkungan yang tenang, tidak terlalu padat, dan eksklusif.

Lokasi di Perkotaan 

Ciri khas town house berikutnya yaitu lokasinya. Umumnya, town house dibangun di daerah perkotaan dan komplek perumahan pinggir kota. 

Dengan berada di pusat kota, maka akan memudahkan penghuni untuk mengakses tempat dan sarana umum, seperti mall, transportasi publik, rumah sakit, dan kantor

Area Hijau yang Lebih Banyak

Dengan tinggal di town house, Pins bisa memperoleh area hijau lebih luas ketimbang di dalam perumahan. 

Selain itu hubungan dan komunikasi antarpenghuni bisa terjalin baik. Ini dikarenakan konsep town house dikonsentrasikan bangunan infrastruktur di satu area yang digunakan secara bersama-sama.

Fasilitas Town House 

town house adalah
(Youtube)

Di dalam town house, para developer biasanya akan memberikan fasilitas bersama yang lebih lengkap dibanding jenis perumahan lainnya. 

Karena itu, banyak yang menyebut jenis hunian tersebut dengan sebutan separuh apartemen, separuh rumah. Adapun beberapa fasilitas bersama di dalam town house, meliputi:

  • Kolam renang
  • Taman bermain
  • Ruang terbuka hijau
  • Club house  
  • Jogging track 
  • Area golf 

Bahkan, town house juga memiliki asosiasi penghuni yang mengatur segala sesuatunya dan ditaati setiap penghuni. 

Kekurangan Townhouse

(condos.co)

Meskipun kelebihan dan fasilitas yang ditawarkan town house sangat banyak, tetapi jenis perumahan ini juga memiliki kekurangan. 

Komplek rumah town house banyak dibangun di kawasan elite dan strategis sehingga harga yang ditawarkan sangat tinggi. Ini berarti town house hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu saja. 

Selain itu, kekurangan town house juga terletak pada lingkungannya yang cenderung sepi karena jumlah penghuni rumah yang terbatas. Hal ini cukup menyulitkan Pins untuk melakukan sosialisasi.

Town house pun memiliki desain rumah yang seragam dan pemilik hunian harus mengikuti aturan untuk tidak mengubah desain asli rumah town house secara mandiri. Jadi, hunian townhouse tidak disarankan bagi Pins yang ingin memiliki hunian dengan desain tertentu.

Perbedaan Rumah Cluster dan Town House

town house adalah
(Kompasiana)

Mungkin tak sedikit orang yang sulit membedakan antara rumah cluster dan town house. Sebenarnya dua jenis ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Berikut ini beberapa perbedaan antara cluster dan town house:  

  • Konsep rumah cluster tidak seeksklusif town house sehingga harganya pun tidak terlalu tinggi. 
  • Jumlah rumah perumahan cluster umumnya memiliki jumlah rumah yang lebih banyak daripada town house yaitu sekitar 100 sampai 300 unit rumah.
  • Biasanya, dalam satu perumahan cluster, biasanya terdapat sub komplek dengan model rumah yang berbeda.   
  • Fasilitas yang dimiliki town house lebih lengkap dibandingkan rumah cluster, seperti jogging track, kolam renang, taman, dan juga club house. 

Koordinator: Linda

Editor: Achlisia