Kamus Istilah Properti

Kantor

istilah properti

Kantor

Kantor adalah area atau lokasi untuk bekerja yang berada pada sebuah bangunan berupa tower, ruko atau rumah yang disewakan menjadi tempat bekerja.

Apa itu Kantor?

Kantor merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu kantoor, dan merupakan turunan dari bahasa Perancis yaitu comptori. Kantor merupakan sebuah area, lokasi atau bangunan yang menjadi pusat aktivitas perniagaan, bekerja, atau transaksi sebuah perusahaan. Biasanya area kantor berada pada pusat bisnis (business district). Namun Kamu juga bisa menjumpai kantor di area rumah toko (ruko) atau rumah yang dijadikan area bekerja.

Contoh-contoh kantor

Beberapa contoh kantor yang biasanya dimiliki oleh sebuah perusahaan adalah,

  • Kantor pusat, yang merupakan lokasi induk atau headquarter sebuah perusahaan, lembaga atau institusi.
  • Kantor cabang yang identik dengan kantor perwakilan di daerah lain yang membantu headquarter mengatur dan memonitor aktivitas di daerah tersebut. Biasanya Bank mempunyai banyak kantor cabang di daerah lain.
  • Kantor cabang pembantu atau KCP adalah istilah yang digunakan sebagai subordinat kantor cabang yang membantu kantor cabang mengurus suatu kecamatan. 

Ruangan di dalam kantor

Kantor terdiri dari berbagai macam bangunan yang mempunyai fungsi esensial. Berikut ini beberapa ruangan yang diperlukan sebuah kantor.

  • Ruang Kerja merupakan area yang disediakan perusahaan untuk para pegawainya melakukan pekerjaan sehari-hari. Tren yang ada saat ini menunjukkan ruang kerja open space, yaitu sebuah ruang kerja tanpa sekat (cubicle). Kondisi ini diharapkan dapat memudahkan para karyawan untuk berkolaborasi dan berinteraksi dengan mudah.
  • Ruang Meeting adalah area yang digunakan untuk melakukan rapat atau diskusi tertutup yang sifatnya rahasia (confidential).
  • Ruang HRD adalah ruang yang digunakan oleh divisi personalia atau Human Resources Development untuk bekerja. Biasanya divisi HRD memegang banyak dokumen internal perusahaan mulai dari dokumen pegawai, surat-surat perusahaan dan lain-lain, sehingga dibuatkan area khusus untuk HRD.
  • Ruang Finance adalah ruangan yang digunakan oleh divisi keuangan untuk bekerja. Sama seperti HRD, biasanya divisi keuangan menyimpan banyak dokumen penting terkait keuangan perusahaan, sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka divisi keuangan mempunyai area terpisah.
  • Ruang Santai adalah area yang digunakan untuk bersantai atau istirahat oleh para karyawan.
  • Ruang Makan atau pantry merupakan tempat untuk makan dan istirahat yang bisa digunakan oleh para karyawan.
  • Ruang penyimpanan atau gudang merupakan lokasi yang digunakan untuk menyimpan barang inventaris perusahaan agar tidak hilang.
  • Area lobby dan resepsionis adalah ruang tunggu yang sering digunakan sebagai ruang tamu perusahaan.

Jenis-jenis kantor

Berikut ini beberapa jenis kantor yang sedang marak di era sekarang. 

Coworking Space

Merupakan sebuah kantor open space yang sistem penggunaannya adalah sewa (rent). Sistem sewa yang diberlakukan coworking space biasanya bisa dalam bentuk satu kursi, satu ruang cubicle, atau bahkan satu lantai. Kantor jenis ini biasanya disewa oleh para startups yang masih dalam proses berkembang. 

Kantor Ruko

Kantor ruko juga merupakan bangunan rumah toko yang digunakan sebagai lokasi bekerja bagi perusahaan. Biasanya lantai 1 akan digunakan sebagai area lobby, dan lantai 2 area kerja. Ada juga yang memanfaatkan lantai 3 sebagai area kerja atau pantry.

Virtual Office

Virtual office merupakan jenis kantor yang tidak mempunyai bangunan fisik. Artinya, pemilik perusahaan hanya menyewa alamat kantor tersebut untuk kebutuhan administrasi. Pada dasarnya sebuah virtual office mempunyai bangunan namun tidak dipergunakan sebagai area kerja perusahaan. Jenis kantor ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang masih dalam fase merintis.

Kantor pabrik

Merupakan sebuah bangunan kantor yang digunakan untuk kegiatan pabrik dan administrasi atau operasional secara bersamaan. Biasanya perusahaan seperti Kao, Nestle, atau Unilever mempunyai kantor pabrik yang lokasinya di area industri.

Kantor yang ideal

Sebagai pekerja kantoran Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan kenyamanan saat bekerja. Kenyamanan ini disediakan oleh perusahaan sebagai bentuk kompensasi atas pekerjaan dan kewajiban yang sudah kamu lakukan. 

Namun, tidak semua perusahaan mempunyai standar yang sama dalam segi pemberian fasilitas di kantor. Nah, tetapi ada beberapa poin yang bisa kamu jadikan patokan untuk menentukan apakah kantor yang akan kamu tempati ideal atau tidak. Berikut ini beberapa hal yang harus disediakan kantor bagi karyawan

  • Kantor harus mempunyai kursi dan meja yang layak untuk bekerja.
  • Kantor perlu menyediakan alat tulis kantor untuk mendukung kegiatan bekerja seperti papan tulis, pulpen, dan lain-lain.
  • Kantor harus mempunyai ventilasi udara dan pencahayaan yang baik. Hal ini untuk menunjang produktivitas karyawan. Di kantor-kantor besar yang berada di tower biasanya menggunakan saluran udara dan AC untuk membuat area kerja menjadi sejuk.
  • Kantor harus mempunyai dapur atau pantry sebagai tempat membuat minum dan bersantai bagi karyawan. 
  • Kantor harus menyediakan akses jalan yang cukup untuk memudahkan aktivitas dan pergerakan karyawan. Artinya perusahaan perlu menata ruangan agar lokasi kerja menjadi nyaman.
  • Kantor harus mempunyai alamat, nomor telepon dan email yang resmi untuk memudahkan dalam kebutuhan administrasi. Beberapa kantor pun sudah mempunyai media sosial sebagai portal untuk komunikasi dengan klien atau konsumen.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Rizko

Editor: Achlisia