BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti14 Syarat Rumah Sehat yang Wajib Dipenuhi
0
0

14 Syarat Rumah Sehat yang Wajib Dipenuhi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 16, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Syarat rumah sehattop-right-banner

Memiliki rumah yang sehat adalah keinginan semua orang. Rumah yang sehat akan memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada penghuninya. Mewujudkan rumah sehat tentu mempunyai berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Tentunya, kondisi rumah yang baik akan menunjang kualitas hidup yang lebih mumpuni. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai syarat untuk menciptakan rumah yang sehat!

Kamu dapat menemukan rumah yang sehat di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Mengacu pada syarat rumah sehat di artikel ini, Pins dapat mewujudkan dengan melakukan dekorasi total rumah impian kamu di sekitar MRT Bundaran HI menggunakan Pengajuan KPR.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau WC Dengan Bahan Alami

Syarat Rumah Sehat

Rumah yang sehat merupakan kondisi di mana penghuni rumah dapat menjadikan hunian mereka sebagai tempat berlindung, tempat beristirahat, tempat menghabiskan waktu bersama keluarga, yang aman dan nyaman dalam mewujudkan kehidupan penghuni rumah yang sehat secara mental, fisik, dan sosial.

Dalam mewujudkan hal itu, Pins harus dapat memerhatikan akses air minum, akses air bersih, akses terpenuhinya udara, dan pencahayaan di dalam rumah. Jika rumah tidak memiliki beberapa hal tersebut, maka dapat dikatakan rumah tersebut akan membawa dampak yang tidak baik untuk kesehatan penghuninya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai syarat rumah yang sehat meliputi:

1. Terdapat Ventilasi sebagai Pintu Masuk Udara

Syarat yang pertama untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan memiliki alur sirkulasi udara yang baik dan lancar. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kualitas udara di setiap ruangan tetap segar dan baik untuk kesehatan penghuni rumah. Memiliki ventilasi sebagai pintu masuk udara, dapat mencegah rumah Pins menjadi pengap dan berdebu.

Untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, Pins juga bisa menambahkan tanaman hijau baik di taman halaman rumah ataupun di dalam ruangan.

2. Terdapat Pencahayaan yang Cukup

Syarat rumah sehat
Source : Shutterstock

Syarat selanjutnya untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan adanya pencahayaan yang cukup di dalam rumah. Pencahayaan yang tercukupi akan membuat kondisi kesehatan mata dapat terjaga karena tidak terlalu lelah dalam memandang setiap benda yang terlihat samar-samar dalam gelap, sehingga dapat dikategorikan sebagai syarat rumah yang baik.

Pins dapat memerhatikan peletakkan pintu dan jendela rumah yang menghadap sumber cahaya matahari, agar rumah mendapat pencahayaan secara maksimal.

Baca juga: 7 Tips Membangun Rumah Sehat & Nyaman

3. Ruangan Tidak Terlalu Lembab

Syarat ketiga untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan menjaga ruangan dari kelembapan yang dapat menyebabkan berkembangbiaknya bakteri dan kuman di rumah kamu. Tentunya perkembangbiakan bakteri dan kuman di dalam rumah akan menyebabkan penghuni rumah mengalami gangguan kesehatan.

Pins dapat menjaga kelembapan rumah salah satunya dengan melakukan pencegahan kebocoran pada atap rumah. Bocornya atap rumah dapat memunculkan tetesan air yang selanjutnya akan menggenang dan melembabkan bagian ruangan tersebut.

4. Ruangan Tidak Terlalu Kering

Source : iStock

Syarat berikut ini untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan menjaga ruangan agar tidak terlalu kering. Sebelumnya telah disarankan bahwa harus menjaga rumah agar tidak lembab, kemudian disarankan juga agar rumah Pins tidak terlalu kering. Hal ini didasarkan pada ruangan yang kering akan memunculkan suasana panas yang kemudian dapat menyebabkan sesak nafas.

Salah satu cara agar rumah atau ruangan kita tidak terlalu kering adalah dengan memiliki ventilasi sebagai jalur masuk udara atau kamu bisa juga menambahkan humidifier untuk menjaga kelembapan udara di rumah.

5. Material Bangunan yang Tidak Mengganggu Kesehatan

Syarat kelima untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan menghindari penggunaan material bangunan yang mengganggu kesehatan. Terdapat beberapa material bangunan yang dapat mengganggu kesehatan, seperti asbes, seng, dan Polivinil Klorida (PVC).

Sebaiknya hindari penggunaan material tersebut dengan memilih alternatif material lain yang lebih sehat misalnya dinding rumah dengan finishing wallpaper atau batu alam akan lebih sehat, jika dibandingkan dengan manggunakan lapisan cat dinding.

6. Suhu yang Nyaman

Source : iStock

Syarat selanjutnya untuk menciptakan rumah yang sehat adalah dengan memiliki sistem pendingin udara atau pemanas yang memungkinkan untuk mengatur sekaligus menjaga suhu menjadi stabil. Suhu yang stabil berarti kelembapan udara di dalam rumah juga menjadi stabil.

Kondisi suhu yang terlalu tinggi dan juga terlalu rendah tidak baik untuk kesehatan penghuni rumah. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, udara menjadi pengap, muncul bau tidak sedap, noda air di langit rumah, dan lainnya.

Lalu, suhu yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan sinus kering, kulit kering, bibir pecah, rambut kering, tenggorokan sakit, dan lainnya. Oleh karena itu, Pins harus menjaga suhu di dalam rumah menjadi stabil.

Baca juga: 16 Ciri Ciri Rumah Sehat Untuk Hunian yang Lebih Nyaman!

7. Keamanan Maksimal

Syarat ketujuh untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus memiliki sistem keamanan atau penguncian pintu dan jendela yang baik untuk melindungi dari pencurian atau masuknya orang yang tidak diinginkan. Keamanan menjadi penting tidak hanya untuk menjaga harta semata, namun juga untuk menjaga nyawa penghuni rumah. Pins bisa menggunakan sistem keamanan zaman sekarang ini yang sudah canggih, seperti smart lock, smart cctv, dan motion detector.

8. Ketersediaan Air Bersih

Source : iStock

Syarat berikut ini untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus memiliki sistem pengolahan air atau sumber air yang aman untuk memastikan pemasokan air bersih untuk dapat digunakan penghuni rumah. Dengan menjaga ketersediaan kualitas air bersih di rumah, Pins dapat terhindar dari penyakit-penyakit seperti diare, tipes, kolera, disentri, cacingan, dan penyakit kulit.

9. Perlindungan Terhadap Hama atau Serangga

Syarat kesembilan untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus terlindungi dari hama atau serangga melalui pengendalian hama yang baik. Mengapa hama harus disingkirkan? Hal ini disebabkan karena hama dapat membawa bakteri atau virus dari luar ke dalam rumah. Bakteri atau virus yang berhasil masuk ke dalam rumah akan meningkatkan resiko penghuni rumah mengidap penyakit.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dari hal kecil, yaitu selalu membersihkan sisa makanan di dalam rumah. Lalu, sebaiknya jangan menyimpan barang-barang tidak terpakai hingga menumpuk. Kamu juga bisa membersihkan genangan air di sekitar rumah.

10. Ketersediaan Fasilitas Cuci Tangan dan Sanitasi

Source : iStock

Syarat berikut ini untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus memiliki fasilitas cuci tangan dan sanitasi yang baik untuk menjamin kebersihan dan kesehatan. Kuman tidak dapat dilihat menggunakan mata kita, kuman sangat mudah tertular melalui tangan.

Contohnya pada saat kita makan, kuman akan dengan mudahnya masuk melalui mulut dan kemudian menyebabkan kita sakit. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, agar kuman-kuman yang menempel mati.

11. Perlindungan Terhadap Bahaya Kebakaran

Syarat kesebelas untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus terlindungi dari bahaya kebakaran melalui sistem deteksi dan pemadam api yang baik. Kamu juga dapat mengantisipasi hal tersebut dengan memperhatikan penggunaan api.

Seperti pada saat terjadi mati lampu, penggunaan lilin harus selalu menjadi perhatian kamu. Jauhkan lilin dari tempat atau barang-barang yang mudah terbakar, seperti sofa, kursi, gorden, dan lain-lain.

Baca juga: 10 Ide Desain Rumah Sehat, Indah, dan Hemat Biaya

12. Perlindungan Terhadap Bahaya Listrik

Source : iStock

Syarat berikut ini untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus terlindungi bahaya listrik melalui sistem pengaman listrik yang baik. Biasanya di sistem listrik canggih saat ini, saat terjadi konsleting listrik akan langsung otomatis mematikan arus listrik agar mencegah terjadi kebakaran. Cara mengantisipasi lainnya adalah dengan mematikan atau mencabut seluruh alat elektronik, karena alat elektronik dapat berpotensi memunculkan kebakaran.

13. Perlindungan Terhadap Bahaya Gas

Syarat ketiga belas untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus terlindungi dari bahaya gas melalui sistem deteksi gas yang baik. Kamu dapat selalu melakukan pengecekan kompor dan gas sebelum kamu berpergian. Lalu, bila proses memasak tengah berlangsung, maka disarankan untuk selalu di dekat kompor tersebut. Jangan kamu tinggalkan ya Pins! Hal ini bertujuan untuk mengetahui potensi kebocoran gas dari tabung gas.

14. Tersedianya Tempat Pembuangan Sampah

Source : iStock

Syarat terakhir untuk menciptakan rumah yang sehat adalah harus tersedianya tempat pembuangan sampah sebagai tempat pembuangan yang efektif. Dengan tersedianya tempat pembuangan sampah, rumah kamu akan menjadi sangat bersih dan terbebas dari penyakit.

Sampah yang lama kelamaan menumpuk akan terdapat bakteri dan kuman yang berkembangbiak, kemudian dapat menyebarkan penyakit kepada penghuni rumah. Menyimpan sampah terlalu lama juga akan mengganggu sistem pernapasan kamu Pins!.

Manfaat Rumah Sehat dan Bersih

Rumah sehat dan bersih menjadi idaman seluruh pemilik rumah. Setelah menerapkan syarat agar terciptanya lingkungan dan rumah yang sehat maka akan tercipta juga rumah yang bersih. Hal ini akan menyebabkan penghuni rumah menjadi terbebas dari dampak negatif yang menyerang psikologis, fisik, dan juga sosial penghuni rumah. Berikut ini manfaat dari rumah sehat dan bersih:

1. Mencegah Penyebaran Penyakit

Source : iStock

Manfaat rumah sehat dan bersih yang pertama adalah sebagai pencegah penyebaran penyakit. Rumah yang rutin dibersihkan akan terbebas dari gangguan jamur, debu, kuman, dan tungau penyebab penyakit. Pins harus membuat jadwal pembersihan pada kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan seluruh ruangan di rumah agar terhindar dari hinggapnya kotoran penyebab penyakit.

Baca juga:

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat rumah sehat dan bersih kedua adalah meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur kita dapat meningkat karena kebersihan kamar tidur yang terjaga. Mulai dari sprei dan selimut yang bersih tentunya akan terbebas dari debu dan bau yang mengganggu kamu. Rutinkan pembersihan kamar tidur dan penggantian sprei sekaligus selimut, agar debu-debu tidak ada yang menempel selama kamu tidur.

3. Membuat Pins Lebih Produktif

Syarat rumah sehat
Source : Shutterstock

Manfaat rumah sehat dan bersih selanjutnya adalah akan membuat Pins menjadi lebih produktif. Hal ini disebabkan oleh pembentukan mood yang bagus, karena telah melakukan pembersihan yang cukup di rumah. Pins akan merasa tenang dan senang karena rumah telah mencapai titik kebersihan nan menyehatkan. Alhasil mood yang bagus akan membawa pekerjaan menjadi lebih produktif dan maksimal.

4. Mencegah Stres

Manfaat rumah sehat dan bersih keempat adalah mencegah stres. Mengapa rumah bersih dapat mencegah stres? Dilansir dalam suatu penelitian, pergerak tubuh berupa aktivitas fisik yang seseorang lakukan akan mengurangi tingkat kecemasan stres mereka. Keaktifan tubuh yang tercipta dari aktivitas fisik tersebut akan menjaga kesehatan diri kita, lalu hasil dari aktivitas tersebut akan membuat perasaan kita senang dan itulah yang mencegah tingkat stres.

5. Mencegah Perkembangbiakkan Hama

Source : iStock

Manfaat rumah sehat dan bersih kelima adalah mencegah perkembangbiakkan hama. Hama seperti tikus, serangga, nyamuk, dan lainnya, dapat membawa penyakit yang tidak baik ke dalam rumah. Penyakit tersebut akan dengan mudahnya merasuki penghuni rumah. Oleh karena itu, kebersihan rumah yang terjaga akan menjauhkan hama-hama tersebut untuk tinggal di dalam rumah.

Demikian beberapa syarat rumah sehat yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan penghuni rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Fiverr


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download