Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Syarat Rumah Sehat Menurut WHO, Berikut Penjelasannya!

Syarat Rumah Sehat Menurut WHO, Berikut Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Syarat Rumah sehat adalah mempunyai berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk meciptakan hunian sehat bagi keluarga. Berbagai hal dapat dilakukan untuk menciptakan rumah yang sehat dapat Anda temukan disini. Tentunya, kondisi rumah yang baik akan menunjang kualitas hidup yang lebih mumpuni.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau WC Dengan Bahan Alami

15 Syarat rumah sehat

syarat rumah sehat

Menciptakan rumah yang sehat memang tidak mudah, namun Anda bisa menemukan beberapa tips dan syaratnya disini:

Ventilasi atau jendela pada semua ruangan

Alur sirkulasi udara yang baik dan lancar merupakan syarat utama sebuah rumah. Agar kualitas udara disetiap ruangan tetap segar dan baik untuk kesehatan penghuni rumah.

Syarat Rumah Sehat Dengan Cahaya yang cukup

Dengan adanya cahaya yang cukup maka kondisi kesehatan mata dapat terjaga karena tidak terlalu lelah dalam memandang setiap benda yang terlihat samar-samar sehingga dapat dikategorikan sebagai syarat rumah yang baik.

Ruangan tidak terlalu lembab

kelembapan ruangan dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri atau kuman di ruangan yang tentu dapat mengganggu kesehatan.

Ruangan tidak terlalu kering

Suasana panas dan sesak nafas dapat terjadi akibat ruangan didalam rumah terlalu kering sebagai akibat ventilasi rumah yang tidak berjalan dengan baik.

Material/ bahan bangunan yang tidak mengganggu kesehatan

Beberapa material bangunan yang dapat mengganggu kesehatan sebaiknya dihindari untuk digunakan dengan cara memilih alternative material lain yang lebih sehat misalnya dinding rumah dengan finishing wallpaper atau batu alam akan lebih sehat jika dibanding dengan manggunakan lapisan cat dinding meskipun semua material tersebut termasuk syarat rumah yang baik.

Denah yang baik Sebagai Syarat Rumah Sehat

  • Atap dalam kondisi baik dan tidak bocor, tetesan air dapat menyebabkan kelembapan ruangan atau menciptakan suasana yang kurang nyaman sehingga tidak mendukung terpenuhinya syarat.
  • Jarak septictank minimal 10 m dari sumur atau sumber air rumah tangga, hal ini untuk menghindari pencemaran sumber air akibat resapan air septictank yang kotor dan tidak baik untuk kesehatan.
  • Tempat sampah yang rapi, bersih dan pada posisi yang tepat, pengaturan perletakan posisi tempat sampah yang baik dan benar tentu dapat menciptakan rumah sehat.
  • Tanaman hijau di taman halaman rumah maupun didalam ruangan
  • Rumah yang terjaga kebersihanya
  • Letak rumah yang jauh dari polusi lingkungan
  • Sumber air rumah tangga yang sehat
  • Perletakan pintu dan jendela rumah yang baik
  • Rumah dalam kondisi sejuk dan nyaman untuk dihuni

Demikian beberapa syarat rumah sehat yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan. Berbagai hal lainya dapat dilakukan untuk menciptakan rumah sehat.

Ingin Tahu Tips Terkait Properti Lainnya?

Selain menciptakan rumah yang sehat, Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana konstruksi bangunan yang aman untuk keluarga. Temukan tips properti terbaik dari Pinhome, agar bangunan rumah sesuai dengan standar dan impian Anda. Banyak juga tips desain lainnya, untuk membuat hunian menjadi lebih indah.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel