BlogLifestyle17 Manfaat Gas Alam untuk Makhluk Hidup
0
0

17 Manfaat Gas Alam untuk Makhluk Hidup

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 14, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
manfaat-gas-alamtop-right-banner

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya. Bahkan hal ini diakui oleh banyak negara-negara besar. Mulai dari hasil alam yang bisa dimakan, hingga hasil alam lainnya yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Salah satu kekayaan alam Indonesia yang membantu kehidupan manusia adalah gas alam. Manfaat gas alam ini juga terbilang sangat menakjubkan. 

Hasil bumi yang satu ini memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Sayangnya gas alam sering terabaikan, padahal memiliki banyak sekali manfaat. Gas alam ini sering terpinggirkan oleh hasil bumi lain seperti batu bara atau bensin.

Manfaat Gas Alam

Bagi Pins yang penasaran mengenai apa manfaat gas alam, tenang! Pinhome akan membagikan daftar manfaat gas alam untuk mahluk hidup lewat ulasan di bawah ini!

Bahan Bakar Kendaraan

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Manfaat gas alam adalah sebagai bahan bakar kendaraan. Manfaat yang satu ini tidak bisa dipungkiri karena banyak sekali kendaraan yang menggunakan hasil bumi ini sebagai bahan bakarnya. Umumnya, gas alam digunakan sebagai energi pengganti bagi bensin dan solar.

Gas alam dianggap sebagai energi alternatif karena tidak menghasilkan emisi berbahaya seperti bensin dan solar. Oleh karena itu, bahan bakar yang satu ini mulai digunakan sebagai tenaga penggerak pada moda transportasi.

Tenaga Pembangkit Listrik

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Manfaat lain dari bahan baku yang satu ini adalah sebagai tenaga pembangkit listrik. Gas alam ini dianggap sebagai energi alternatif menggantikan tenaga lainnya sebagai pembangkit listrik seperti air maupun angin.

Energi Alternatif di Rumah

Source : Pinterest

Selain sebagai bahan bakar kendaraan dan tenaga pembangkit listrik, manfaat gas alam lainnya adalah sebagai energi alternatif di rumah. Jika biasanya di rumah kita menggunakan listrik untuk menjalankan berbagai kegiatan di rumah seperti memasak nasi, menggunakan microwave dan masih banyak lagi. Penggunaan gas alam bisa menjadi solusi sebagai energi alternatif di rumah untuk lebih menghemat listrik.

Baca juga: Macam-macam Energi Alternatif, Potensial, Listrik

Energi Alternatif

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Jika sebelumnya kita membahas mengenai penggunaan gas alam sebagai energi alternatif pada rumah dan tenaga pembangkit listrik, gas alam juga menjadi gagasan baru sebagai energi alternatif. Gas alam ini tidak mengeluarkan bahan buangan yang bisa mencemari lingkungan. Namun, karena hasil bumi ini berbentuk gas, pengolahan gas alam memang cenderung lebih sulit dibandingkan mengolah minyak bumi.

Baca juga: 12 Sumber Energi Alternatif Lengkap Beserta Manfaatnya

Bahan Baku Industri Plastik

Source : Pinterest

Selain sebagai energi alternatif, gas alam juga dimanfaatkan sebagai bahan baku beberapa barang seperti bahan baku plastik, mesin pemadam api dan pengolahan baja. Barang-barang ini sangat berguna lho di hidup kita!

Energi Penggerak Mesin Pengolah Kertas

Source : Pinterest

Sebagai energi alternatif, gas alam juga digunakan sebagai energi penggerak mesin pengolah kertas dan tisu. Gas alam mungkin memang tidak bisa digunakan sebagai bahan bakar, namun digunakan sebagai tenaga penggerak mesin pengolah kertas.

Komoditas Bahan Baku

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa gas alam adalah salah satu produk hasil bumi yang paling dicari selain minyak dan batu bara. Gas alam dan minyak ini merupakan dua hasil alam yang bisa diperoleh di satu lokasi yang sama. Oleh karena itu, penggunaan gas alam dalam penjualan ini merupakan aset yang menguntungkan.

Industri Rekayasa Hujan

Source : Pinterest

Hal lain yang merupakan manfaat gas alam adalah perannya dalam industri rekayasa hujan. Cara membuat hujan rekayasa ini adalah dengan menaburkan karbon dioksida ke awan untuk memancing awan hujan. Hal ini sangat berguna terutama saat musim kemarau yang panjang.

Baca juga: Sumber-sumber Energi Listrik

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Manfaat lain dari hasil alam ini adalah sebagai pembangkit listrik tenaga uap. Gas alam digunakan karena bisa menjadi energi pembangkit listrik yang bersih dan bahan bakar lebih baik jika dibandingkan dengan minyak bumi.

Baca juga: 21 Contoh Perubahan Energi Beserta Penjelasanya

Bahan Baku Industri Pupuk

Source : Pinterest

Proses pembuatan pupuk, umumnya dilakukan dengan mencampurkan berbagai bahan kimia. Namun, dalam pembuatannya juga memerlukan gas alam sebagai salah satu bahan baku campuran. 

Dry Ice

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Jika Pins pernah melihat es kering yang sering digunakan dalam berbagai pertunjukkan maupun sebagai pengawet makanan. Dalam pembuatan es kering ini membutuhkan gas alam sebagai bahan baku es kering, supaya es tetap menjadi kering dan tidak mudah mencair.

Bahan Baku Minuman

Source : Pinterest

Minuman soft drink adalah minuman yang menggunakan CO2. Karbon dioksida adalah senyawa yang berasal dari gas alam. Fungsi senyawa ini dalam minuman soft drink adalah untuk membuat minuman tampak berbusa dan berkarbonasi.

Energi Pemanas dan Pendingin

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Manfaat selanjutnya dari sumber daya alam yang satu ini adalah sebagai energi pemanas dan pendingin. Di Indonesia, gas alam memang belum dikembangkan lebih lanjut sebagai bahan pemanas maupun pendingin. 

Namun di beberapa negara yang memiliki perubahan cuaca ekstrim menggunakan gas alam sebagai sumber energi pemanas dan pendingin udara. Gas alam bisa diolah menggunakan mesin pemanas dan pendingin di perumahan maupun perkantoran.

Baca juga: 10 Merek Kompor Gas Tanam Yang Bisa Melengkapi Dapur Modern Milikmu!

Menjadi Salah Satu Pendapatan Negara

Source : Pinterest

Tidak dapat dipungkiri, hasil alam ini memang menjadi salah satu pendapatan negara. Sumber daya alam ini memiliki sifat tidak bisa diperbaharui sehingga memiliki nilai yang cukup tinggi. Terlebih manfaatnya yang banyak membuat hasil bumi ini sangat diburu di pasar dunia.

Energi Ramah Lingkungan

Source : Pinterest

Jika sebelumnya kita telah membahas bahwa manfaat gas alam adalah sebagai energi alternatif pada banyak sektor, gas alam juga merupakan energi yang ramah lingkungan. Gas alam tidak menghasilkan zat pembuangan yang berbahaya. Tidak hanya itu, penggunaan gas alam juga dinilai mampu mengurangi polusi udara. 

Hadirnya Lapangan Kerja

manfaat gas alam
Source : Pinterest

Dengan banyaknya manfaat gas alam, tentu industri gas alam bermunculan di mana-mana. Hal ini mampu memberikan lapangan kerja bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Proses dalam memperoleh gas alam sendiri tidaklah mudah. Perlu proses yang panjang mulai dari pengeboran tanah, pembersihan, pengepakan yang mana membutuhkan banyak sekali sumber daya manusia.

Sebagai Bahan Penelitian

Source : Pinterest

Banyaknya peran gas alam dalam kehidupan manusia, tentu perlu dikembangkan lebih lanjut. Mengingat gas alam merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, membuat gas alam ini memiliki nilai yang sangat tinggi. 

Oleh karena itu, gas alam ini menjadi bahan penelitian yang terus dikembangkan untuk mencari tahu informasi-informasi lebih lanjut yang bisa didapatkan dari pengembangan gas alam.

Itulah 17 manfaat gas alam yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan ulasan di atas bisa menjadi penambah wawasan kamu mengenai gas alam.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download