Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih? Ini Jawabannya!

Pinhome

  • Blog
  • Edukasi
  • Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih? Ini Dia Jawabannya!

Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih? Ini Dia Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 8 January 2022 ∙ 6 menit membaca

Air bersih adalah termasuk kebutuhan pokok manusia di dunia ini, hampir semua kegiatan atau aktifitas kita tidak terlepas dari air bersih. Tapi, bagaimana kalau disekitar kita mulai kekurangan yang namanya air bersih? Apa akibatnya jika masyarakat kekurangan air bersih? 

Kekurangan air bersih sangat berdampak bagi kesehatan kita, terdapat beberapa penyakit yang disebabkan karena kurangnya air bersih, seperti kolera, diare, bahkan sampai mengancam nyawa manusia, diperkirakan 1,8 juta jiwa meregang nyawa akibat kekurangan air bersih. 

Penyakit akibat kurangnya air bersih ini juga termasuk masalah yang paling diresahkan masyarakat dunia, seperti demam tifoid bahkan diare yang saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dunia termasuk di Indonesia. 

Namun ternyata dampak kekurangan air bersih tidak hanya itu lho! Apa akibatnya jika masyarakat kekurangan air bersih? Simak jawabannya melalui ulasan di bawah ini!

Faktor Penyebab Krisis Air Bersih

(Pixabay)

Jumlah air bersih yang semakin menurun tidak disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan banyak faktor yang membuat terjadinya krisis air bersih. Sebut saja seperti perubahan iklim ekstrim yang tentu mempengaruhi jumlah air bersih. Berikut beberapa faktor penyebab krisis air bersih.

Polusi Air

Polusi air ini terjadi dikarenakan penggunaan dari pestisida dan pupuk yang berlebihan dan hanyut dari aktivitas pertanian. Kemudian disebabkan pula oleh kegiatan industri yang membuang limbahnya secara sembarangan dan masyarakat yang kadang masih membuang  limbah rumah tangga secara sembarangan 

Meningkatnya Populasi

Populasi manusia didunia yang meningkat menyebabkan kebutuhan air bersih yang meningkat juga. Sedangkan banyak sumber-sumber air bersih tercemar akibat ulah manusia yang membuat sumber air tidak bisa digunakan kembali.

Kekeringan

Banyak daerah di dunia yang tidak mendapatkan curah hujan yang cukup dan pada akhirnya mengalami kekeringan yang berkepanjangan. Terlebih lagi pada saat musim kemarau datang.

Baca juga: Sejarah Aqua Pelopor Industri Air Minum

Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih?

(Pixabay)

Pada negara-negara berkembang, efek dari kekurangan air bersih dapat berdampak terhadap perkembangan pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia. Banyak masyarakat dewasa bahkan anak-anak harus menghabiskan waktu dan tenaga mereka, yang seharusnya digunakan untuk bekerja dan belajar tetapi terbuang hanya untuk mengambil air bersih dari lokasi sumber air yang sangat jauh.

Berdasarkan observasi organisasi kesehatan dunia WHO, terdapat lebih dari 1,1 milyar masyarakat dunia kekurangan akses untuk mendapatkan air bersih. Hal ini terjadi di wilayah pedesaan maupun perkotaan. Krisis air bersih ini sangat berdampak bagi kesehatan tubuh terutama pada anak-anak. Menurut WHO terdapat 1,6 juta balita kehilangan nyawanya pada tahun 2005. Terlebih anak-anak memiliki risiko lebih tinggi terpapar penyakit akibat kekurangan air bersih dibandingkan orang dewasa. Berikut dampak buruk dari krisis air bersih bagi kesehatan, disimak baik-baik ya Pins.

Kesulitan Memenuhi Kebutuhan Pangan Sehari-hari

Hal pertama yang bisa menjadi jawaban dari pertanyaan apa akibatnya jika masyarakat kekurangan air bersih adalah timbulnya masalah pada jumlah konsumsi air di masyarakat. Padahal minum air putih setiap harinya sangat dibutuhkan karena lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air. Maka dari itu air memiliki peran penting dalam menjaga fungsi otak dan kinerja organ tubuh lainnya, serta menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Jadi Pins harus memperhatikan jumlah air yang harus kamu konsumsi setiap harinya ya!

Konsumsi air yang kurang setiap harinya juga dapat menyebabkan turunnya tekanan darah, mual dan muntah, mengalami kram otot, munculnya penyakit batu ginjal, bahkan dapat menyebabkan penyakit stroke. Selain itu, kurang mengkonsumsi air bersih juga dapat mempengaruhi kesehatan mental, sehingga Pins dapat mudah murung dan sedih. Krisis air juga dapat membuat Pins sulit dalam membersihkan makanan yang akan dikonsumsi. Sehingga makanan tersebut masih memiliki risiko tercemar oleh bahan kimia seperti pestisida atau bahkan bakteri atau kuman yang dapat merugikan tubuh Pins.

Baca juga: Hunian Nyaman 101: Air Bersih Dari Virus Dan Bakteri Di Masa Pandemi

Fasilitas Sanitasi Umum Berkurang

Fasilitas sanitasi umum sangatlah penting bagi sebagian masyarakat yang memiliki segudang aktifitas diluar rumah, maka dari itu fasilitas sanitasi juga perlu diperhatikan dalam kebersihannya agar dapat layak digunakan. Fasilitas sanitasi umum yang dimaksud adalah toilet umum. Fasilitas sanitasi umum yang buruk bisa menjadi sumber penyakit. Berdasarkan data pada tahun 2018, di Indonesia hanya terdapat sekitar 69,27% rumah tangga yang memiliki akses sanitasi yang memenuhi syarat dalam kebersihannya. Sanitasi yang buruk dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, demam tifoid, disentri serta kolera. Hal ini terjadi karena terdapat siklus kontaminasi oleh kotoran manusia melalui pencemaran air dan tanah, penyebaran serangga, tangan yang kotor dan kemudian berpindah ke makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Maka dari itu Pins harus berhati-hati setelah menggunakan fasilitas sanitasi umum ya!

Pencemaran Lingkungan

Dampak dari krisis air bersih ini pun dapat merugikan makhluk lain selain manusia Pins. Tumbuhan dan hewan juga dapat merasakan dampak tersebut, dikarenakan tumbuhan juga membutuhkan air bersih untuk keberlangsungan hidup mereka Pins. Dampak terburuk dari itu semua adalah dengan rusaknya ekosistem dan selanjutnya akan terjadi bencana ekologi yang menyebabkan kekurangan makanan dan kualitas hidup yang buruk

Rendahnya Kualitas Hidup

Kesimpulan dari ini semua adalah, hasil akhir dari kekurangan air bersih ini membuat kualitas hidup dari masyarakat dunia ini menurun Pins. Dari angka kematian yang meningkat, penyakit menular yang berbahaya, kesulitan dalam mengolah bahan makanan untuk dikonsumsi, fasilitas sanitasi yang berkurang, pencemaran lingkungan, dan terjadi kerusakan ekosistem.

Kondisi seperti ini sangatlah mengerikan jika dibayangkan mengingat kita adalah konsumen terbanyak untuk air bersih di muka bumi. Keberlangsungan adanya air bersih juga memerlukan dukungan dari kita sebagai manusia untuk menjaganya. Hal ini bisa Pins lakukan dengan tidak membuang-buang dengan percuma air bersih yang ada dan menciptakan daerah resapan-resapan air hujan agar bisa berguna kembali di kemudian hari.

Itulah hal-hal yang akan terjadi dari pertanyaan apa akibatnya jika masyarakat kekurangan air bersih. Jadi untuk menangani krisis air bersih ini harus dimulai dari diri kita sendiri, karena kalau bukan kita yang menjamin kesehatan diri ini, siapa lagi yang akan melakukannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Sarana Air Bersih Di Komplek Perumahan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel