BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Ciri Ciri Rumah Sehat Untuk Hunian yang Lebih Nyaman!
0
0

16 Ciri Ciri Rumah Sehat Untuk Hunian yang Lebih Nyaman!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ciri rumah sehattop-right-banner

Bagaimanakah sebenarnya ciri rumah sehat yang nyaman? Di sini kita uraikan secara detail sehingga selain mempunyai rumah indah dan nyaman juga terpenuhi syarat yang dapat mendukung kesehatan keluarga. Bagaimana jadinya jika kita menempati sebuah rumah yang sangat indah dan unik, namun sering mengalami sakit-sakitan. Situasi ini tentu menjadikan kita tidak dapat menikmati keindahan rumah.

Oleh karena itu, membangun rumah sehat merupakan sebuah pedoman penting dalam mewujudkan hunian idaman keluarga. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini ciri rumah sehat yang mungkin bisa kamu terapkan.

Baca juga: Tips Desain Rumah Sehat, Indah, dan Hemat Biaya

Ciri Rumah Sehat

ciri rumah sehat

Perhatikan Letak Jendela

Menempatkan jendela dengan baik sehingga setiap ruangan mempunyai sirkulasi udara maupun cahaya yang cukup, udara segar dan bersih sangat diperlukan didalam rumah.

Selain itu, ruangan yang terlalu gelap dan pengap juga memberikan peluang besar untuk berkembang biak bagi bakteri yang membahayakan kesehatan keluarga.

Memiliki Keamanan yang Baik

ciri ciri rumah sehat
Source : Pixabay

Salah satu aspek terpenting dalam ciri ciri rumah sehat adalah aman untuk ditinggali. Jika rumah semakin aman untuk ditinggali, maka penghuninya juga akan merasa semakin nyaman. Untuk meningkatkan keamanan pada rumah, Pins bisa menambahkan kunci berkualitas tinggi pada pintu ataupun menggunakan jasa keamanan seperti security.

Bebas Kontaminasi Zat Berbahaya

ciri ciri rumah sehat
Source : Pixabay

Zat berbahaya sebaiknya tidak ada di dalam rumah. Pins bisa memeriksa kadar radon dan karbon monoksida pada rumah. Jika terdapat zat ini, Pins bisa mengganti produk pembersih dan membuang bahan kimia yang memiliki radon serta karbon monoksida. Biasanya zat ini ditemukan pada penyegar udara ataupun lilin.

Hemat Energi

ciri ciri rumah sehat
Source : Pixabay

Iklim dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Sehingga memiliki rumah hemat energi menjadi salah satu ciri ciri rumah sehat. Pins bisa menggunakan panel surya untuk menghemat penggunaan listri dari batu bara. Selain itu Pins bisa membuaat tempat masuk udara dan cahaya lebih baik sehingga rumah tidak terlalu memerlukan AC.

Baca juga: 11 Model Keramik Dinding Teras Batu Alam

Bebas Hama

ciri ciri rumah sehat
Source : Pixabay

Hama seperti tikus ataupun kecoa memiliki tempat hidup yang jorok. Sehinga jika mereka masuk ke dalam rumah, hama ini akan membawa bakteri dan virus yang bisa menularkan penyakit. Pins bisa menempatkan perangkap lengket untuk menceagh tikus masuk ke dalam rumah. Selain itu pastikan Pins menutup celah yang bisa membuat kecoa masuk. Simpan juga makanan dalam wadah yang tahan terhadpa hama.

Baca juga: 5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa

Ventilasi Udara yang Baik

Apabila tidak memungkinkan untuk meletakan jendela pada dinding maka perlu dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap ada lobang ventilasi, misalnya dengan cara mengatur perletakan denah rumah atau dengan menambahkan lobang sepoi-sepoi pada atap.

Baca juga: Desain Ventilasi Rumah yang Baik Tak Hanya Mewah Tetapi Juga Menyehatkan

Green House

ciri rumah sehat

Membuat Green House ( rumah hijau ramah lingkungan ) misalnya dengan berprinsip bahwa pada siang hari tidak perlu menyalakan listrik, caranya dengan mengatur tempat masuk cahaya serta perletakan tanaman untuk menghiasi halaman.

Baca juga: Cara Membuat Green House Sederhana dengan Desain Menarik

Kebersihan Hewan Peliharaan

Jenis hewan peliharaan tertentu yang membahayakan kesehatan perlu dibuatkan tempat tersendiri diluar rumah.

Jenis Material Bangunan

Memilih jenis material bangunan yang tidak banyak mengandung bahan berbahaya, contohnya menghuni rumah kayu atau bambu alami tanpa cat tentu lebih sehat jika dibanding rumah tembok dengan aneka cat yang belum memenuhi standar aman untuk sehat.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Letak Sumber Air

Tips rumah sehat berikutnya yaitu mengatur perletakan sumber air, apabila menggunakan air bawah tanah maka harus mencari sumber sejauh mungkin dengan posisi septic tank.

Saluran Air Kotor

Pemipaan sanitasi air bersih maupun air kotor diatur sedemikian rupa sehingga tidak tersumbat atau terjadi kotor didalam pipa khususnya untuk arus air bersih.

Kebersihan Jendela

ciri rumah sehat

Memberikan jendela atau lobang asap pada dapur sehingga asap tidak mengendap didalam rumah.

Letak Tempat Sampah

Tempat sampah diletakan pada posisi bagus, tertutup dan kedap air serta tidak mengganggu aktifitas didalam rumah entah itu dari segi bau maupun pemandangan yang tidak sedap.

Membersihkan Rumah Berkala

Kebiasaan hidup sehat juga sangat mempengaruhi dalam menunjang kesehatan seperti segera mencuci piring setelah dipakai serta menyapu atau mengepel lantai secara berkala.

Baca juga: Bagian Rumah Yang Tidak Perlu Dibersihkan Setiap Saat

Letak Rumah

Letak rumah juga sangat mempengaruhi kesehatan keluarga. contohnya rumah yang menghadap timur akan sering mendapatkan sinar matahari pagi dengan kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh.

Fasilitas Kesehatan

Adanya fasilitas kesehatan didekat rumah seperti rumah sakit,puskesmas atau bidan sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan maka bisa segera sampai ke klinik untuk mendapatkan pengobatan yang baik.

Begitulah beberapa ciri rumah sehat yang dapat diaplikasikan dalam membangun rumah, sehingga dapat terwujud griya idaman keluarga, selamat merencanakan dan membangun rumah impian!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download