Pinhome

Tips Properti

Rumah Ramah Lingkungan: Hemat Harga Material Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Musim penghujan telah membuat harga material bangunan melambung tinggi. Bagaimana kiat membangun rumah sekaligus berhemat dalam material bangunan,  tanpa mengurangi desain dan kekuatan rumah?

Harga Material Bangunan Melambung Tinggi

Cuaca seringkali membawa beberapa perubahan menyenangkan dan tidak. Menyenangkan jika curah hujan dan hawa menjadi lebih sejuk daripada saat musim kemarau, namun ketika musim hujan malah membawa kenaikan yang cukup signifikan pada beberapa harga material bangunan, beberapa pihak jelas dirugikan. Terutama adalah konsumen yang ingin mmebangun rumah. Kenaikan harga material bangunan yang hampir mencapai 100% tentu saja membuat banyak konsumen menjadi pikir-pikir dan merasa berat untuk membangun rumah. Adakah solusi mengatasi hal ini?

Rumah Ramah Lingkungan: Berhemat di Harga Material Bangunan

Untuk mengantisipasi kenaikan harga material bangunan, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Merubah prioritas pekerjaan agar di susun ulang dan mengutamakan beberapa kebutuhan pembangunan rumah dengan material bangunan yang vital
  • Menghemat pengeluaran harga material bangunan dengan belanja cerdas tanpa harus mengurangi massa bangunan agar tidak menimbulkan pengurangan kekuatan bangunan
  • Memilih desain rumah hijau agar dapat menghemat harga material bangunan, sekaligus turut menyumbang kontribusi yang positif bagi bumi dan lingkungan
  • Berkonsultasi pada arsitek agar mendapatkan pandangan yang benar, dan akurat mengenai pembangunan rumah. Hal ini akan membuat Anda dapat membuat rumah menjadi lebih hemat dibandingkan membangun tanpa berkonsultasi pada ahli sehingga menimbulkan permasalahan di kemudian hari dan membuat Anda harus merenovasi rumah sehingga kebutuhan perawatan menjadi membengkak

Rumah Ramah Lingkungan = Hemat Harga Material Bangunan

Adanya pemanasan global, membuat banyak ahli melakukan berbagai inovasi untuk menyelamatkan bumi. Termasuk di antaranya adalah membuat desain rumah yang lebih hijau dan ramah lingkungan. Tanpa disadari justru rumah ramah lingkungan ini yang malah dapat membuat kita berhemat dalam harga material bangunan.

Konsep pengembangan arsitektur rumah ramah lingkungan adalah dengan memanfaatkan alam sekitar semaksimal mungkin untuk memberi kontribusi kenyamanan pada penghuni rumah. Misalnya dengan meningkatkan efisiensi penghematan air, pemilihan material bahan bangunan yang ramah lingkungan dan habis pakai, desain yang terbuka dan penuh dengan bukaan untuk memaksimalkan pencahayaan alami dalam rumah.  Sehingga menghemat pencahayaan alami di dalam rumah terutama pada siang hari.

Penggunaan desain yang tepat dan menggunakan material bahan bangunan yang lebih hijau akan lebih menghemat anggaran harga material bahan bangunan yang akan dikeluarkan. Membuat anggaran biaya pembangunan rumah sebaiknya dilakukan dengan cara yang lebih cermat dan dilakukan sebelum memulai pembangunan rumah agar lebih dapat memperkirakan berapa jumlah harga material bangunan yang akan dikeluarkan dan dapat memanajemen pengeluaran sehingga bangunan yang akan didirikan lebih berkualitas.

Sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu sehingga Anda dapat lebih jeli untuk memilih bahan bangunan yang lebih bersifat ramah lingkungan dan labih praktis. Serta dapat memberikan solusi tepat dalam membangun hunian, serta mengusahakan agar lebih ramah lingkungan.

Tags :

Bagikan Artikel