BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Instalasi Listrik Rumah Industrial Agar Tetap Rapih
0
0

5 Tips Instalasi Listrik Rumah Industrial Agar Tetap Rapih

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi Kamu yang tertarik untuk menggunakan instalasi di luar dinding, Konsep yang satu ini akan sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang menggunakan gaya industrial. Pada artikel kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa tips instalasi listrik rumah industrial agar tetap rapih.

Gaya industrial saat ini sedang menjadi tren karena terlihat berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan gaya rumah biasanya. Terdapat banyak cara untuk memperkuat kesan rumah industrial, mulai dari penggunaan materialnya, seperti kayu, logam, dan sebagainya.

Salah satu cara yang bisa menarik perhatian juga yaitu menerepkan konsep jalur listrik ekspos. Konsep satu ini akan lebih menegaskan kesan industrial yang kental dengan kesan unfinished. Akan tetapi sebelum menggunakan instalasi listrik di luar dinding, Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Kam bisa cek rumah second di Jakarta Timur. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menambah desain sesuka hati kamu ketika membeli rumah di Bekasi. Sedangkan kamu yang punya rumah tidak ditempati bisa titip jual rumah di Pihome.

Baca juga: 17 Motif Keramik Dinding Kamar Mandi Simpel dan Kekinian

Tips Intalasi Listrik Rumah Industrial Agar Tetap Rapih

Source : Pixabay

1. Mencatat Alat Elektronik yang Ingin Digunakan

Langkah pertama yang perlu Kamu perhatikan ketika ingin menggunakan listrik di luar dinding yaitu merencanakan apa saja peralatan elektronik yang ingin digunakan. Kamu dapat membuat daftar rincian peralatan elektronik tersebut agar Kamu dapat memiliki gambaran jelas terkait peletakannya. Semakin detail daftar yang Kamu buat, maka akan semakin mudah juga perencanaan kedepannya.

2. Merencanakan Kelengkapan Elektrikal

Jika Kamu telah selesai membuat daftar peralatan elektronik yang ingin digunakan, sekarang Kamu tentunya telah mempunyai gambaran akan diletakkan di mana peralatan elektronik tersebut. Dalam perencanaan ini, akan lebih baik jika Kamu juga membuat daftar yang detail.

Kelengkapan elektrikal ini seperti power socket, lampu, meteran pln, kabel ground, saklar, dan sebagainya. Dengan perencanaan kelengkapan elektrikan ini, Kamu dapat mengetahui pada bagian mana saja yang banyak membutuhkan colokan listrik. Contohnya untuk alat-alat yang tidak dipakai setiap saat, dapat menggunakan colokan tunggal saja.

Harus Kamu ingat, dengan instalasi listrik di luar dinding, Kamu akan benar-benar menampilkan jalur listrik sehingga tidak ada yang tertanam di dalam dinding.

3. Memberikan Perhatian Lebih Terhadap Estetika

Menerapkan instalasi listrik di luar dinding dapat dibilang susah-susah gampang karena membutuhkan perhatian lebih pada segi estetikannya. Alasan paling utamanya yaitu jalur listrik yang akan terlihat mata, beda dengan jalur listrik yang tertanam di dalam dinding.

Jika ngomongin tentang estetika, warna kelengkapan elektrikal tentunya akan menjadi hal yang paling utama. Jika tidak, Kamu akan kesulitan untuk mencari stop kontak yang sesuai dengan tampilan rumah Kamu sendiri.

4. Membuat Denah

Source : Pixabay

Tips instalasi listrik rumah industrial berikutnya yaitu menggambarkannya ke dalam denah. Dengan membuat denah, tentunya akan membuat Kamu lebih mudah dalam menentukan bagian mana yang akan dilewati jalur listrik.

Nantinya, denah tersebut perlu untuk dikoordinasikan dengan baik kepada pihak pemasang supaya proses instalasinya berjalan dengan baik dan benar.

5. Konsultasi dengan Ahli

Tips instalasi listrik rumah industrial agar tetap rapih yang terakhir yaitu mengkonsultasikannya dengan ahli. Tentunya tidak semua orang dapat paham dengan kelistrikan, terutama orang yang benar-benar awan.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau konslet, Kamu dapat berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Contohnya berkonsultasi dengan kontraktor, arsitek, ataupun profesi yang terkait dengan kelistrikan.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Instalasi Listrik Ekspos

Source : Pixabay

1. Sangat Cocok dengan Gaya Industrial

Jika instalasi listrik pada rumah industrial rapi, maka instalasi listrik di luar dinding dapat memberikan nilai estetika lebih tersendiri untuk bagian interior rumahnya. Apalagi jika rumah tersebut menggunakan gaya interior industrial.

Baca juga: Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP): Definisi & Cara Menghitung

2. Gampang Dibersihkan

Hal ini sebenarnya dapat menjadi kekurangan dan kerugian, karena jaringan listrik ekspos akan lebih mudah kotor akan tetapi juga mudah untuk dibersihkan. Pipa listrik di luar dinding dapt menjadi magnet debu dan harus secara rutin dibersihkan ketika mulai terlihat debu yang menumpuk.

3. Mudah Untuk Diperbaiki Pada Saat Terdapat Masalah

Source : Pixabay

Jika terjadi masalah kelistrikan, salah satu hal yang menjadi kelebihan dari konsep ini yaitu kemudahan dalam menemukan permasalahan pada jalur listriknya. Berbeda jika dibandingkan jalur listrik tanam yang perlu dibongkar temboknya terlebih dahulu untuk menemukan dan dapat memperbaiki masalahnya.

Itu dia beberapa tips instalasi listrik rumah industrial agar rapi. Memasang instalasi listrik di luar dinding lebih mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan instalasi listrik tanam. Selain itu juga, memasang instalasi listrik di luar dinding tidak membutuhkan banyak peralatan dalam bekerja. Kamu juga bisa mengurangi risiko kerusakan dinding ketika memasang instalasi listrik.

Di sisi lain, terdapat beberapa kekurangan yang mungkin saja akan Kamu alami pada saat menggunakan instalasi di luar dinding. Instalasi yang pada awalnya mungkin akan terlihat menarik ketika diterapkan pada rumah dengan gaya industrial, pada akhirnya bisa terlihat kurang menarik setelah lama digunakan. Selain itu, instalasi listrik yang di pasang di luar dinding membutuhkan pengawasan dan protokol keamanan listrik yang sangat baik.

Oleh karena itu, sebelum Kamu memutuskan untuk menggunakan instalasi listrik di luar dinding, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Hal ini juga akan bermanfaat untuk Kamu nantinya bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diingankan.

Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan an dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download