Pinhome

Uncategorized

Tips Mencegah Jamur dan Lumut Muncul di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Banyak hal yang bisa menjadikan rumah jadi kurang nyaman dan tampak tak sedap dipandang. Salah satunya adalah timbulnya jamur atau lumut yang bisa saja muncul dibagian dinding rumah. Tak hanya menjadikan pemandangan kurang sedap dipandang, jamur dan lumut yang muncul di bagian dinding tentu mengurangi ketahanan dinding, ini karena sifat jamur serta lumut dimana jenisnya adalah tumbuhan perintis.

Sebagai tumbuhan perintis, jamur dan lumut secara alami memang punya kemampuan korosif pada bebatuan atau tempat tumbuhnya. Dapat diperhatikan bahwa dinding yang berlumut dan berjamur bisa dengan mudah bobol. Ini tentu tak terjadi dalam waktu singkat dan begitu saja, perlu proses. Tapi biar bagaimanapun mengatasinya perlu cara tersendiri. Artikel kali ini sajikan khusus tips atasi lumut dan jamur agar tak tumbuh di rumah.

Jaga Agar Rumah Tak Lembab, Gunakan Dehumidifier Bila Perlu

Ada sekian banyak cara untuk cegah jamur dan lumut agar tak tumbuh, ataupun mengeliminasi bila tumbuh. Mulai dari yang manual dengan melakukan pengerokan dan pengelupasan bagian dinding yang berjamur, atau bisa juga dengan menyemprotkan cairan fungsida tertentu. Selain itu pada tips-tips berikut juga disajikan ulasan detilnya.

1. Hindari Kelembaban, Jauhkan Air Tetesan Talang Dari Dinding

Habitat yang sangat disukai jamur dan lumut adalah tempat-tempat lembab. Memberikan peluang agar rumah cukup ventilasi serta sinar matahari adalah cara terbaik menjauhkan rumah dari kelembaban. Selain itu, pada beberapa bagian dimana talang air rumah mencapi ujungnya harus diusahakan agar air jatuh jauh dari dinding. Ini untuk mencegah agar dinding tak terpapar air hujan terus menerus dimana akan menyebabkan tumbuhnya dua tanaman perintis tersebut.

2. Gunakan Dehumidifier, Alat Yang Pas Untuk Kurangi Kelembaban Ruangan

Beberapa ruang, seperti misalnya gudang yang tak terkena sinar matahari terlalu sering perlu untuk diberikan ventilasi tambahan. Bila perlu alat semacam demudifier perlu juga untuk dipasang. Ini tentu agar jangan sampai jamur atau lumut tumbuh di daerah tersebut.

3. Gunakan Cat Khusus Untuk Bagian Tertentu, Kamar Mandi Misalnya

Belakangan ada cat yang dikhusukan untuk tempat yang punya kelembaban tinggi seperti misalnya kamar mandi. Cat ini punya fungsi untuk menghalangi tumbuhnya spora jamur atau lumut. Perlu untuk gunakan cat semacam ini bagi bagian tertentu kamar mandi misalnya.

4. Bagian Dengan Kain, Atau Handuk Harus Selalu Kering

Selain dinding rumah, masih ada juga bagian rumah yang sangat mungkin terkena jamur serta mudah ditumbuhi lumut. Ini adalah bagian dimana kelambu ada. Menganti kelambu, serta menyediakan gantungan handuk di bagian luar ruangan juga bisa jadi satu solusi agar jamur tak mendekat.

Seperti dijelaskan di awal, jamur dan lumut adalah bagian alamiah yang akan selalu muncul bila ada kelembaban. Oleh karena itu, settingan rumah harus sebisa mungkin jauh dari kelembaban, salah satu caranya dengan membuat agar sinar matahari bisa masuk dengan cukup. Selain itu, perlu juga untuk bagian rumah yang dialiri dengan pipa air yang tertanam pada dinding, agar dipastikan tidak bocor. Bagian yang bocor ini pula bisa menyebabkan tumbuhnya jamur serta lumut.

Tags :

Bagikan Artikel