Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Cara Menghilangkan Bau WC dengan Bahan Alami
Kebersihan Rumah

10 Cara Menghilangkan Bau WC dengan Bahan Alami

  • 12 Sep, 2022 oleh Bryan Dharmanta
  • 5 menit membaca

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang mungkin paling sering untuk didatangi. Namun, terkadang akan tercium bau yang membuatmu tidak nyaman berlama-lama di dalamnya. Tentu akan membutuhkan cara menghilangkan bau wc dengan bahan alami yang ampuh.

Meskipun sudah membersihkan kamar mandi secara rutin, bau tak sedap seringkali menetap di kamar mandi dan tentunya sangat mengganggu, terutama pada bagian wc atau tempat pembuangan air.

Ada berbagai macam penyebab bau tidak sedap di kamar mandi, salah satunya dapat berasal dari zat ammonia yang berasal dari matinya bakteri pengurai di dalam ruang kamar mandi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rumah

Penyebab Bau Kamar Mandi

Bau tidak sedap di toilet juga dapat disebabkan oleh minimnya kualitas peralatan sanitasi yang dipakai. Seperti kloset dengan bahan yang memiliki pori besar dapat menampung sisa urin yang tidak tersiram. Dengan begitu baik dan hal tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kamar mandi.

Menyiram dengan menggunakan air sabun ke dalam WC atau kloset sepertinya bukan ide yang cukup bagus. Menyiram dengan sabun atau cairan pembersih terlalu sering dapat menyebabkan bakteri pengurai di dalam kloset menjadi mati.

Cara Menghilangkan Bau WC Dengan Bahan Alami

Gunakan Arang Kayu

cara menghilangkan bau wc dengan bahan alami
(Medium)

Meletakkan beberapa arang kayu yang masih baru di sudut WC, maka bau WC akan hilang. Hal ini disebabkan karena arang berfungsi sebagai penyerap bau-bauan dan merupakan salah satu cara paling mudah.

Arang dapat kamu dapatkan dengan mudah di pasar tradisional. Apabila khawatir arang dapat mengotori kamar mandi, maka dapat meletakannya di atas mangkok kecil.

Gunakan Kombinasi Cuka dan Baking Soda

cara menghilangkan bau wc
(Next Avenue)

Kamu dapat menaburkan satu mangkuk baking soda ke daerah WC atau kloset dan tempat duduknya apabila berupa kloset duduk, lalu percikan sedikit cairan cuka dan tutuplah.

Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu siram dan bersihkan berbagai sudut toilet. Kamu juga dapat meletakkan tanaman di sudut kamar mandi, karena tanaman dapat membantu menyediakan udara segar untuk kamar mandi.

Baca Juga: Simak, Cara Mengatasi Lembab dan Bau Dengan Ampuh

Gunakan Essentials Oil yang Harum

cara menghilangkan bau wc dengan bahan alami
(NDTV)

Minyak esensial merupakan bahan alami dan aroma segarnya dapat bertahan lama. Kamu bisa menuangkan minyak esensial ke dalam diffuser listrik, semacam alat untuk menguapkan minyak sampai harumnya dapat tersebar.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wadah kayu tanpa plitur, dengan cara menuangkan minyak di atasnya dan pada saat mengering, maka wanginya akan tercium. Pilihlah minyak esensial yang beraroma lemon, lavender ataupun peppermint.

Meletakkan Bubuk Kopi di Toilet

(Freepik)

Apakah kamu tahu, bahwa kopi yang diminum sehari-hari dapat berguna untuk menyerap bau pada ruangan, terutama kamar mandi?

Ampas dari kopi diletakkan dalam lubang WC dan area sekitarnya yang bau. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan dalam kopi yang berfungsi untuk menetralisir bau.

Cara lainnya adalah dengan memasukkan bubuk kopi dalam kantong, kemudian gantungkan pada kamar mandi. Dijamin kamar mandi kamu akan terbebas dari bau yang tidak mengenakkan.

Manfaatkan Kulit Jeruk yang Segar

(SPICEography)

Jika Pins suka makan jeruk, kamu bisa memanfaatkan kulitnya juga sebagai pengharum ruangan, terutama kamar mandi yang lembab dan bau.

Beberapa manfaat dari kulit jeruk di kamar mandi antara lain dapat menjaga bak mandi tetap bersih dan membersihkan perabotan di kamar mandi yang dibuat dari stainless steel.

Nyalakan Lilin

(Adobe Stock)

Api yang dihasilkan dari lilin dipercaya dapat menghilangkan bau di kamar mandi, lho!

Tidak perlu membeli lilin wangi, kamu dapat menggunakan lilin apa saja untuk metode satu ini. Namun, perlu diperhatikan, jangan biarkan lilin terus menerus menyala. Matikan setelah selesai kamu gunakan, ya!

Gunakan Tanaman Hias Kecil

(The Independent)

Tidak hanya cantik, tanaman hias dalam pot juga berguna sebagai pengharum ruangkan dan menghilangkan bau. Beberapa jenis tanaman yang biasanya digunakan antara lain: anggrek, lavender, melati, mint, dan lain sebagainya.

Kamu bisa meletakkan tanaman ini pada area sudut kamar mandi, digantung, atau area-area yang menurut kamu bau.

Manfaatkan Kayu Manis

(EndocrineWeb Pro)

Apakah Pins tahu, kayu manis ternyata selain dijadikan bumbu masakan, juga dapat berguna untuk menghilangkan bau di kamar mandi, lho!

Kamu dapat mencampurkan kayu manis dengan wewangian lainnya seperti bunga dan meletakkannnya dalam wadah kecil. Letakkan wadah tersebut pada kamar mandi agar bau ruangan hilang. Kamar mandi akan menjadi wangi dan kamu dijamin akan nyaman menggunakannya, deh!

Letakkan Potongan Lemon

(Kumparan)

Jika kamu punya lemon, iris tipis-tipis dan letakkan pada sudut kamar mandi. Lemon dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada kamar mandi.

Lemon yang asam berguna untuk menetralisir bau dan menyegarkan ruangan. Saat lemon mengering, jangan lupa untuk dibuang dan ganti dengan yang baru, ya!

Bersihkan Saluran Kloset dengan Garam

(Cleveland Clinic’s Health Essentials)

Salah satu penyebab bau tidak sedap kamar mandi adalah WC yang tersumbat. Seringkali saluran WC mampet sehingga kotoran mengendap. Hal ini tentu akan meresahkan karena kamar mandi akan menjadi kotor dan bau.

Kamu dapat menggunakan garam sebagai solusinya. Garam dipercaya dapat melarutkan penyumbatan yang terjadi pada saluran WC yang seringkali terjadi akibat tisu, kertas, atau kotoran lainnya yang tidak tersiram dengan sempurna.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau wc secara alami yang dapat kamu terapkan di rumah. Rumah yang bersih akan dapat membuat penghuninya betah dan nyaman untuk tinggal. Selamat mencoba, Pins!

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok dengan Cepat


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.