Pinhome

Tips Properti

Pertimbangan Memasang CCTV Di Rumah Untuk Keamanan

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Penggunaan CCTV atau kepanjangan dari closed circuit television di setiap rumah saat ini sudah tidak asing lagi. Apalagi dengan harga yang semakin terjangkau dan pemasangan yang mudah dilakukan membuat semakin menjamurnya penggunaan kamera mini ini. Kamera yang sangat fungsional ini bisa bermanfaat untuk mengawasi kegiatan anak, perilaku pembantu rumah tangga hingga pencuri yang bisa saja datang kapan saja.

Saat ini penggunaan CCTV selain digunakan di tempat umum dan pertokoan, rupanya sudah banyak yang didesain untuk digunakan di rumah. Tapi apakah ini perlu mendesak atau justru sia-sia. Lalu jika harus memasang CCTV hal apa yang harus diketahui?. Simak berbagai pertimbangan berikut ini ketika memasang CCTV di rumah :

CCTV rumah
CCTV rumah

1. Pasang segera jika rumah sering ditinggal

Apabila rumah anda sering ditinggal dalam keadaan kosong dan cukup banyak perabotan berharga, lebih baik segera gunakan CCTV. Ini sangat membantu untuk memantau kondisi rumah dari kantor atau dari tempat jauh lainnya. Juga bisa memantau aktifitas asisten rumah tangga di dalam rumah.

2. Pertimbangkan dengan anggota keluarga

Tidak semua orang suka dengan CCTV. Bahkan sebagian merasa dimata-matai dan tidak nyaman dengan keberadaannya. Jika di tempat umum mungkin boleh, tapi jika itu berada di rumah sendiri tentu rasa nyaman akan berkurang atau bahkan hilang. Jadi jika hendak memasang kamera pengintai ini lebih baik diskusikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga.

3. Ketahui dulu cara penggunaannya

CCTV biasanya menggunakan IP camera yang mudah dipasang dan bisa dihubungkan langsung dengan computer atau menuju akses internet. Ada pula kamera analog yang memiliki alat tambahan berupa Digital Video Recorder (DVR). Sebelum memasangnya pastikan anda atau salah satu anggota keluarga mengerti cara menggunakannya agar tidak kesulitan saat mengoperasikan.

4. Tentukan peletakan yang ideal

Bila sudah membulatkan tekad untuk menggunakan kamera ini, segera tentukan lokasi yang paling strategis untuk pemasangan. Normalnya anda membutuhkan dua kamera untuk dalam dan luar rumah. Kamera di luar rumah bisa berada di atas pojok dan bisa melihat seluruh bagian halaman rumah, sedangkan kamera di dalam rumah bisanya letaknya tersembunyi atau tidak terlalu keliahatan.

Tindak kejahatan yang semakin merajalela tentu bisa jadi alasan paling kuat untuk mempertimbangkan penggunaan alat ini. Namun CCTV bukan berarti bisa menghindari secara langsung tindak kejahatan, tapi setidaknya bisa mengurangi kemungkinan terjadinya tindakan tersebut. Karena penjahat akan takut jika identitasnya terbongkar melalui CCTV.

Bahkan ada pula penggunaan kamera CCTV buatan di rumah yang tidak sebenarnya. Hanya memasang kamera tipuan agar maling enggan masuk ke dalam rumah. Ini juga bisa jadi salah satu trik untuk mengelabui pencuri tanpa repot membeli kamera dengan harga yang lebih mahal.

Tags :

Bagikan Artikel