BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas
0
0

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas

Dipublikasikan oleh Febrina Putri dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengusir tikustop-right-banner

Tikus rumah (Rattus norvegicus) merupakan hama yang berbahaya karena berpotensi membawa kuman penyakit. Mereka bersarang di bawah got, dan sering bersembunyi di loteng. Ketika tikus bersarang di loteng, mereka akan berpindah dari satu sisi ke sisi lain, sehingga akan membuat gaduh langit-langit rumah. Saat hal ini terjadi, kamu sebagai penghuni rumah pasti akan mencari cara mengusir tikus di rumah dengan tuntas, bukan?!

Pinhome – Mengusir tikus di rumah merupakan aktivitas menantang karena selain perlu trik khusus, kamu pun harus mempunyai nyali yang besar. Tikus bergerak cepat dan termasuk hewan yang sensitif dengan cahaya. Hal ini membuat kamu harus mempunyai cara yang cerdas untuk membasmi hama ini. 

Baca juga:

Bahaya tikus rumah

Tikus merupakan jenis hewan mamalia yang bisa melahirkan lebih dari satu anak dalam satu periode. Artinya, mereka bisa berkembang biak dan ketika ini terjadi kamu akan kesulitan untuk membasmi mereka. Oleh karena itu, kamu perlu mengusir tikus sedini mungkin untuk mencegah penyebaran bibit penyakit pada lingkungan tempat tinggalmu seperti Leptospirosis dan PES. Selain bisa berpotensi menyebarkan penyakit, kehadiran tikus juga bisa memberikan bahaya lain seperti. 

Merusak kabel listrik

cara mengusir tikus di rumah
Source : Rentokil

Tikus sebagai mamalia pengerat mempunyai kebiasan menggigit. Hewan ini berpotensi menggigit kabel atau benda-benda plastik di rumahmu. Maka pastikan untuk menata kabel listrik dengan rapi.

Baca juga:

Mengambil Makanan dari Meja Makan

Tikus bisa mencium bau makanan dari jauh, hal ini akan sangat berisiko apabila kamu tidak rapi menata dan menyimpan makanan dengan rapi. Kamu tidak mau kan tikus-tikus tersebut mencuri atau mengontaminasi makananmu? Jadi, yuk jaga kebersihan rumah!

Mengotori Lantai dengan Kotoran Tikus

Source : Grid.id

Hewan biasanya menandai daerah kekuasaannya dengan mengeluarkan kotoran. Apabila tikus sudah nyaman di dalam suatu lokasi, bisa saja mereka akan membuang kotoran di area tersebut. Tikus hanya akan mendatangi lokasi yang lembab, kotor dan berantakan. Untuk itu, selalu jaga rumah kamu agar tetap bersih dan rapi sehingga tidak didatangi tikus.

Baca Juga:

Mengundang Ular

Salah satu bahaya yang akan muncul jika di rumah kamu banyak tikus adalah kehadiran ular. Ular pada dasarnya memangsa tikus. Hal ini secara alami terjadi karena sudah tersurat di rantai makanan. Maka dari itu pastikan tidak ada tikus di rumahmu ya.

Perlengkapan untuk mengusir tikus

Setelah kamu memahami bahaya tikus, tentu kamu ingin menghindari bahaya tersebut bukan? Untuk itu, kamu perlu memahami perlengkapan apa saja yang bisa digunakan untuk mengusir tikus. 

Lem Penangkap Tikus

cara mengusir tikus di rumah
Source : Youtube: Penangkap Tikus

Perlengkapan pertama yang bisa kamu siapkan untuk menjebak tikus adalah lem khusus penangkap tikus. Kamu bisa menggunakan lem ini untuk menangkap si tikus tanpa harus ditunggu. Kamu bisa meletakkan makanan di dekat lem tersebut sehingga ketika si tikus mendekati makanan, kaki tikus akan menempel pada bagian jebakan. 

Baca Juga:

Kurungan Jebakan

Kurungan jebakan khusus tikus juga bisa menjadi pilihan tepat memerangkap si hama tersebut. Kamu hanya perlu meletakkan kurungan di lokasi yang sering menjadi jalan si tikus. Biasanya pemilik rumah akan meletakkan makanan di dalam kurungan. Ketika si tikus mendatangi makanan, maka pintu kurungan akan tertutup sehingga tikus tidak dapat kabur.

Alat Penjepit Tikus

Source : Tribun

Apabila kurungan berfungsi menjebak tikus, alat penjepit akan menjepit si hama. Mirip dengan dua alat di atas, untuk menjebak tikus dengan alat ini juga memerlukan makanan sebagai umpan.

Baca juga:

Cara mengusir tikus di rumah

Setelah kamu sudah memahami perlengkapan untuk membasmi tikus, kamu bisa memperhatikan cara mengusir tikus di rumah berikut ini.

Membasmi Tikus Dengan Lem

cara mengusir tikus di rumah
Source : Liputan6
  • Pertama-tama siapkan lem dan juga papan jebakan.
  • Olesi lem tikus pada bagian papan jebakan.
  • Letakkan papan jebakan yang sudah diolesi lem ke lokasi yang sering dilalui tikus seperti di bawah tangga, lantai dapur, atap dan di dekat pintu gudang.

Membasmi Tikus Dengan Kurungan

Source : Bukalapak
  • Pertama sediakan kurungan tikus.
  • Pilih ukuran kurungan yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila kamu merasa tikus di rumahmu banyak, pilih ukuran yang lebih besar. 
  • Selanjutnya sediakan makanan yang akan digunakan sebagai umpan.
  • Letakkan makanan umpan di dalam kurungan.
  • Kemudian buka pintu kurungan dan letakkan kurungan pada lokasi yang sering dilalui oleh tikus.
  • Biarkan kurungan berada pada lokasi tersebut hingga ada tikus yang terjebak masuk ke dalamnya.

Baca Juga:

Membasmi Tikus dengan Alat Jepit

cara mengusir tikus di rumah
Source : Danadesa.id
  • Pertama-tama sediakan alat penjepit tikus.
  • Pilih ukuran penjepit yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian siapkan makanan yang akan digunakan sebagai umpan.
  • Letakkan makanan pada alat penjepit.
  • Letakkan alat penjepit pada area yang sering dilalui oleh tikus.
  • Biarkan alat penjepit berada pada area tersebut hingga ada tikus yang tertangkap.

Selain menggunakan cara membasmi tikus di atas, kamu juga bisa memelihara kucing kampung yang dilatih untuk menangkap tikus. Namun, kamu perlu memastikan bahwa ukuran tikus lebih kecil dari kucing, karena di beberapa daerah ukuran tikus rumah hampir sebesar anak kucing. 

Cara membasmi tikus pada dasarnya bisa kamu lakukan kapanpun. Kamu hanya perlu lebih rajin dan konsisten untuk mengusir hama ini. Tujuannya agar rumah tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit yang dibawa oleh binatang pengerat tersebut.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Iko

Editor: Febri

Last Edited: Voni Sri Wijayanti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download