Pinhome

Awas, Kondisi Rumah Bikin Prestasi Anak Menurun!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 24 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Siapa sangka, kondisi rumah bisa bikin prestasi anak menurun. Mungkin hal ini jarang disadari para orang tua, tapi kenyamanan dirumah sangat mempengaruhi proses belajar anak-anak.

Biasanya anak-anak yang prestasinya menurun dianggap sering bermain dan malas belajar. Padahal ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa anak-anak menjadi malas belajar dan lebih suka bermain diluar rumah.

Berikut ini beberapa faktor-faktor kondisi rumah yang membuat prestasi anak menurun.

Kondisi Rumah yang Bikin Prestasi Anak Menurun

kondisi rumah yang membuat prestasi menurun
(Shutterstock)

Halaman yang Tidak Dirawat

Memiliki halaman depan pasti sangat menyenangkan karena bisa digunakan sebagai tempat bermain anak. Halaman depan ibarat ‘muka’ rumah pertama kali yang dipandang orang termasuk anak-anak.

Jika halamannya tampak berantakan seperti rumputnya panjang-panjang, tanaman semua mati, tanahnya kering, maka hal itu akan berpengaruh pada psikis anak.

Mood untuk bermain hilang seketika karena melihat halamannya tak seindah biasanya. Melihat halaman rumah indah dan rapi juga dapat menghilangkan rasa lelah setelah pulang sekolah.

Rumah Terlalu Sempit

Kamar yang berantakan cenderung membuat anak tidak bersemangat belajar. Jika kamar anak terlihat berantakan sebaiknya sebagai Ibu bantulah merapikan kamar.

Anak cenderung lebih bersemangat di ruangan yang lapang. Selain itu ruangan yang luas membuat anak menjadi lebih kreatif. Merapikan kamar bisa dengan mengembalikan posisi ranjang, lemari pakaian, meja belajar serta menyingkirkan barang-barang yang tak terpakai.

Barang Menumpuk di Dalam Rumah

kondisi rumah berantakan
(Shutterstock)

Banyak barang berserakan di dalam rumah membuat debu di sisi dalam barang tersebut. Hal itu tentu akan mengganggu pernafasan anak. Debu yang berada dalam barang tidak bisa dibersihkan dengan sekejap.

Sebaiknya, barang-barang yang memang jarang dipakai simpan di ruangan tertutup agar debunya tidak berterbaran di sekitar anak-anak.

Rumah Terlalu Gelap

ruangan gelap
(Shutterstock)

Ada beberapa rumah yang mungkin tidak memiliki halaman belakang. Hal ini yang menyebabkan sinar matahari tidak masuk ke ruangan tengah dan belakang. Cahayanya hanya mengandalkan lampu neon.

Ruangan gelap cenderung membuat anak tidak bersemangat belajar, turunnya motivasi, dan menyebabkan malas belajar. Selain itu, minim sirkulasi udara juga membuat asupan oksigen kurang dan menyebabkan seseorang mudah mengantuk ketika berada di rumah.

Sebaiknya bagian belakang rumah dijadikan halaman sehingga rumah tampak lebih luas dan sejuk. Sirkulasi udara juga banyak dan membuat penghuni rumah merasa lebih tenang.

Jika rumah tak memungkinkan untuk dibangun halaman, gunakan atap transparan yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Bau Tak Sedap

Bau tak sedap dalam rumah bisa disebabkan oleh pembersih lantai yang dipakai. Seringkali ada beberapa ibu rumah tangga membersihkan lantai menggunakan karbol karena dinilai lebih higienis.

Namun ternyata aroma karbol ini tidak baik untuk anak-anak. Bau yang ditimbulkan oleh karbol bisa menyebabkan anak tak nyaman berada di rumah karena baunya tak enak.

Nah itu dia berbagai kondisi rumah yang membuat prestasi anak menurun. Apakah kondisi rumah di atas juga terjadi di rumahmu? 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia