BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah
0
0

10 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 24, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Kegiatan Produktiftop-right-banner

Awal tahun selalu menjadi waktu yang tepat untuk menyusun rencana baru. Umumnya, kita akan membuat resolusi sepanjang tahun sebagai target pencapaian. Salah satu hal yang sering kita rencanakan adalah memiliki kegiatan produktif. 

Kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan harus memberikan dampak baik bagi pengembangan diri. Selain itu, dalam memilih hobi atau kegiatan sampingan yang produktif kamu harus selektif dan sesuai karakter diri. Tujuannya agar kamu nyaman dalam menjalankan aktivitas tersebut. 

Sayangnya, saat ini kita hanya bisa melakukan kegiatan produktif di rumah. Meski hanya bisa menjalankan kegiatan produktif di rumah, kamu juga bisa tetap happy menjalankan aktivitas tersebut Pins. 

Keuntungan mempunyai kegiatan baru di tahun yang baru

Kegiatan Produktif
Source : Pixabay

Pins, berikut ini ada beberapa keuntungan jika kamu memiliki kegiatan produktif baru. 

Menambah pengetahuan baru

Memiliki kegiatan produktif baru bisa menambah pengetahuan baru. Misalnya kamu tidak paham cara bertanam, namun karena itu menjadi hobi akhirnya membuatmu lebih jago dalam berkebun. Intinya, kegiatan baru yang kamu lakukan akan memberikan manfaat bagi kehidupan kamu dan tidak hanya sekadar menjadi aktivitas atau rutinitas biasa.

Eksplor ketertarikan diri pada hal positif baru

Apabila awalnya kamu merasa tidak memiliki hobi, maka dengan eksplor kegiatan produktif akan membuatmu menemukan hal positif baru. Memiliki kegiatan produktif yang positif akan menambah value dalam kehidupan kamu. Alhasil, kamu pun akan merasa lebih bernilai dalam menjalani hidup.

Meredakan stres

Rutinitas di pekerjaan sering kali membuat kita stres. Pasalnya, kita selalu bertemu dengan deadline yang memacu adrenalin untuk bekerja keras dan cepat. Sebagai manusia, kita juga memerlukan waktu istirahat. Tujuannya agar otak dan tubuh bisa mengisi ulang tenaga. Mengerjakan hobi atau kegiatan baru di rumah ternyata bisa memberikan energi baru sehingga menghilangkan rasa penat lho, Pins.

Baca Juga: Cara Menghitung Appraisal Rumah

10 kegiatan produktif di tahun baru

Kegiatan Produktif
Source : Pixabay

Setelah kamu mengetahui keuntungan kegiatan produktif baru, berikut ini ada contoh kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan secara rutin. Yuk kita cek bersama-sama.

Baca Juga: Ide Dan Peluang Bisnis Rumahan Di Masa Pandemi

Memelihara burung hias atau burung kicau

Source : Pinhome

Memelihara hewan bisa menjadi pilihan kegiatan produktif di rumah. Kamu bisa memelihara burung hias atau burung kicau. Hal yang harus kamu persiapkan di antaranya adalah kandang burung yang luas, pakan burung, wadah minuman, vitamin dan juga kondisi lingkungan yang nyaman. Jika kamu ingin memelihara burung kicau atau burung hias pastikan kamu telah paham ya cara merawatnya. Mereka adalah makhluk hidup yang perlu diperlakukan dengan baik dan benar. 

Berkebun secara organik/hidroponik

Berkebun bisa menjadi salah satu kegiatan produktif yang menetralisir stres. Kamu akan merasakan betapa nyamannya dikelilingi oleh bunga, daun, dan tanah. Kamu bisa mencoba bertanam di kebun rumah. Jika kamu tidak memiliki lahan yang cukup, pilihlah opsi vertical gardening. Sistem penanamannya pun bisa menggunakan cara organik. Apabila kamu ingin lebih produktif lagi, cobalah melakukan hidroponik di rumah. Untuk bisa melakukan aktivitas ini tentunya kamu harus paham cara merangkai sistem hidroponik di rumah ya Pins.

Memelihara ikan lele

Siapa bilang membudidayakan lele hanya bisa dilakukan pada area yang luas saja? Kamu pun bisa melakukan budidaya ikan lele di rumah lho Pins. Hal yang membedakan dari budidaya lele di rumah dan area yang lebih luas adalah skala bisnis yang ingin dicapai. Jika kamu masih pemula, cobalah dengan memelihara beberapa ekor di rumah. Belilah bibit ikan lele yang baik dan pelihara di dalam bak air yang sudah kamu siapkan. Upayakan untuk selalu memberikan pakan yang sesuai kebutuhan. Mula-mula pelihara ikan lele untuk kamu konsumsi sendiri. Setelah berhasil, kamu bisa mulai menjual ke tetangga atau keluarga dekat. Selain meredakan stres, kegiatan ini pun bisa memberikan pemasukan tambahan Pins. Seru, ya melakukan hobi sambil berbisnis!

Baca Juga: Rekomendasi Ide Bisnis Di Rumah, Bisa Untung Berlimpah!

Membuat barang DIY

Ada yang tahu apa itu DIY? Ya, selamat kamu benar! Istilah itu merupakan kependekan dari Do it yourself. Artinya segala kegiatan membuat atau memproduksi sesuatu sendiri. Misalnya membuat lampu, baju, meja, celengan dan lain-lain. Kamu bisa mencoba mengasah sisi kreativitas kamu untuk memproduksi barang-barang bernilai jual. Untuk memulai kegiatan ini tentu kamu harus mengetahui produk apa yang akan dibuat. Jangan sungkan untuk mencari benchmark sebagai contoh. Susuri kanal YouTube dan artikel untuk menemukan ide brilian. Setelah produk tersebut jadi, coba tanyakan penilaian orang terdekat. Jika banyak yang tertarik mulai tawarkan produk tersebut dan berikan harga yang pantas.

Baca Juga: 30+Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas Yang Mudah Dibuat Serta Mempunyai Nilai Jual Yang Tinggi

Membuat akun tutorial dengan format video

Kamu suka berbagi pengetahuan ke orang lain? Mungkin membuat video tutorial bisa menjadi kegiatan produktif di rumah. Kamu bisa mulai dengan membuat konten di Instagram reels, tiktok atau YouTube. Hal utama yang harus kamu persiapkan untuk membuat konten video adalah topik. Pastikan kamu sudah mempunyai topik yang akan dibahas. Selanjutnya, buatlah subtopik sehingga konten kamu akan berkembang. Kemudian kamu bisa mulai membuat kerangka pembahasan dan skrip. Untuk proses rekaman awal, kamu bisa menggunakan kamera handphone dan juga earphone sebagai microphone. 

Baca Juga: 9 Cara Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

Ada yang pernah mendengar istilah journaling? Ini merupakan aktivitas menulis jurnal ya Pins. Umumnya buku jurnal yang digunakan dihias dengan ornamen lucu. Ornamen-ornamen itu mempunyai fungsi mempercantik isi buku sehingga mendukung mood dalam mencatat agenda harian. Buku jurnal juga bisa diisi hal yang berkaitan dengan ide atau sekadar mencatat hal-hal penting. Kegiatan ini sangat seru jika dilakukan bersama teman Pins. Kamu bisa bertukar referensi untuk membuat aktivitas journaling jadi lebih menarik. Untuk memulai kamu cukup menyediakan buku catatan atau agenda lalu menghiasnya sesuai keinginan. Contoh atau panduan menghias buku jurnal bisa kamu temukan di berbagai kanal di YouTube atau blog. 

Mengadopsi kucing atau anjing

Selain memelihara burung dan juga ikan lele, kamu juga bisa mengadopsi kucing dan anjing Pins. Memelihara kucing dan anjing bisa menjadi aktivitas yang membuat rileks. Di dalam interaksi kamu dan hewan peliharaan akan timbul rasa nyaman yang menenangkan. Hal ini akan meredakan beban pikiran kamu saat di rumah.  

Tonton Juga: Tips Jitu Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Barang di Rumah

Menerapkan gaya hidup minimalis

Gaya hidup minimalis yang sedang tren saat ini bukan hanya lifestyle sesaat Pins. Gaya hidup minimalis memiliki banyak keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Ketika menerapkan gaya hidup ini kamu akan merasa lebih tenang menjalani hidup. Kamu tidak akan mudah panik dan lebih santai dalam menjalankan aktivitas alias less pressure. 

Berlangganan paket olahraga

Pins, di tahun baru ini coba deh buat target untuk hidup sehat. Kegiatan produktif satu ini tidak akan ada nilai negatifnya lho! Justru ini bisa menjadi investasi untuk tubuh kamu dalam jangka waktu ke depan. Saat ini sudah banyak tempat gym atau fitness yang menyediakan kelas olahraga secara daring. Kamu pun bisa olahraga dari rumah tanpa harus pergi ke tempat fitness.

Baca Juga: Cara Menghitung Pondasi Batu Kali

Menjadi pengajar freelance

Pins, bagi kamu yang menyukai aktivitas mengajar kamu bisa mencari kegiatan mengajar paruh waktu. Untuk bisa melakukan kegiatan produktif ini, kamu harus paham dulu kelebihanmu di bagian mana. Setelah itu carilah portal edukasi online seperti Mau Belajar Apa, Lingkaran, Glints dan lain-lain. Selain produktif, kamu pun bisa mendapatkan bayaran yang lumayan lho! Jadi hitung-hitung punya penghasilan tambahan. Seru banget, kan?!

Nah Pins, itu saja informasi yang berkaitan dengan kegiatan produktif di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download