Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Work From Home? Pastikan Anda Berada di Rumah yang Nyaman dan Sehat.

Lifestyle

Work From Home? Pastikan Anda Berada di Rumah yang Nyaman dan Sehat.

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 26 April 2020 ∙ 4 menit membaca

Seperti yang sudah kita ketahui, Indonesia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum diketahui kapan akan berakhir. Fakta dan data telah membuktikan bahwa salah satu cara pencegahannya adalah dengan memutus rantai penyebaran, dan itu bisa dilakukan dengan menerapkan strategi physical distancing di antaranya adalah melakukan isolasi diri dan beraktivitas di dalam rumah yang nyaman.

Pinhome – Pemerintah juga telah menghimbau warga untuk melakukan physical distancing, salah satunya dengan menerapkan Work From Home, lalu apa yang harus kita lakukan agar kita menikmati selama beraktivitas di dalam rumah yang nyaman? Kebersihan dan kenyamanan rumah menjadi hal yang harus diperhatikan dan tentunya harus memenuhi syarat kesehatan, sehingga para penghuninya dapat beraktivitas dengan nyaman.

Rumah yang nyaman
(Fajar)

Menurut Winslow, rumah yang nyaman dan sehat memiliki beberapa kriteria, yakni dapat memenuhi kebutuhan fisiologis dan psikologis; serta dapat menghindarkan terjadinya kecelakaan dan penularan penyakit.

Lalu apa saja sih yang harus kita perhatikan agar rumah kita masuk dalam kriteria rumah sehat :

Pencahayaan yang cukup

Rumah sehat tentu saja harus memiliki akses masuk pencahayaan alami seperti matahari yang cukup, kurangnya akses masuk sinar matahari langsung dapat menyebabkan rumah kita rawan akan jamur dan bibit penyakit lainnya.

Idealnya cahaya alami terbaik didapatkan dari posisi jendela yang langsung menghadap arah datangnya sinar matahari, namun bila tidak mungkin mendapatkan situasi ideal tersebut, kita masih tetap bisa mengakalinya dengan menggunakan genteng kaca. Namun perlu diingat juga jangan terlalu berlebihan dalam memberikan akses cahaya matahari untuk masuk kedalam rumah, salah salah penghuni jadi tidak nyaman karena silau dan suhu ruangan akan menjadi lebih panas.

Ventilasi Udara yang bagus agar udara mudah lewat

Pencahayaan yang baik akan lebih baik lagi bila ditunjang dengan saluran udara yang cukup, ventilasi dalam hal ini menjadi tidak kalah penting karena ini akan berdampak pada sirkulasi udara yang lancar sehingga udara di dalam rumah menjadi segar. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap mood penghuni, karena otomatis kadar oksigen rumah tetap terjaga dan di saat bersamaan akan menjaga kelembaban rumah.

Sebisa mungkin hindari penggunaan kipas angin, karena dapat menyebabkan sakit paru-paru. Rajinlah membuka jendela, hawa udara di dalam rumah akan semakin maksimal, namun bila tidak memungkinkan bisa juga diakali dengan ventilasi lewat lubang angin.

Tanaman untuk mempercantik dan menyehatkan lingkungan kerja

Tak kalah pentingnya adalah adanya unsur alam yang lain di sekitar rumah kita. Tanaman, selain membuat rumah terlihat dan terkesan asri, kita akan merasakan kesejukan yang bisa setiap saat kita nikmati di rumah kita sendiri. Namun, pastikan untuk selalu menjaga kondisi tanaman dan sekitarnya. Karena selain Anda wajib memelihara tanaman-tanaman tersebut, pastikan juga keberadaannya takkan mengganggu pencahayaan alami yang dapat masuk ke dalam rumah.

Lantai harus selalu bersih

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lantai, sering menyapu lantai dan berikan perhatian lebih untuk setiap sudut rumah dan juga bagian bawah furnitur. Setelahnya luangkan waktu untuk mengepel dengan cairan desinfektan untuk meminimalisir adanya bakteri dilantai. Jangan lupa juga pastikan lantai kering setelah dipel, jangan sampai lantai bersih tapi licin yang bisa menyebabkan kita terpeleset.

Air Bersih yang tersedia untuk Anda konsumsi

Jangan lupakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, siapkan minimal air sebanyak 60 liter perhari untuk masing-masing penghuni untuk bisa digunakan minum, mandi, mencuci serta kebutuhan lainnya.

Limbah Rumah Tangga

Setiap hari kita tentu menghasilkan limbah rumah tangga, baik dari dapur, kamar mandi, atau sampah lainnya. Jangan pernah sepelekan untuk selalu rutin membuang limbah ini ditempat pembuangan limbah atau sampah. Ada beberapa lingkungan perumahan yang memiliki jadwal pengambilan sampah, untuk itu pastikan Anda membungkus dengan rapih dan rapat semua sampah yang Anda miliki agar tidak tercecer selama menunggu jadwal pengambilan.

Polusi udara yang harus dihindari dari ruang kerja

Polusi udara yang umum dihasilkan oleh rumah adalah asap dapur. Untuk itu usahakan selalu memiliki saluran pembuangan asap yang memadai agar tidak mencemari ruangan lainnya di rumah Anda. Bila Anda sedang memasak, pastikan Anda membuka jendela dapur agar asap dapur bisa terbuang keluar rumah.

Nah itu langkah-langkah yang mungkin bisa kita lakukan untuk membuat rumah yang nyaman dan sehat, sekaligus bisa membuat kita lebih produktif selama masa Work From Home.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel