Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Tips Membeli Air Purifier dan Perbedaanya dengan Diffuser serta Humidifier

Kesehatan

Tips Membeli Air Purifier dan Perbedaanya dengan Diffuser serta Humidifier

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 13 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Kualitas udara yang baik adalah salah satu elemen penting untuk mendukung kehidupan manusia. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLH) bahkan mengkategorikan kualitas udara yang dituangkan melalui Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : KEP 45 / MENLH / 1997 Tentang Indeks Standar Pencemar Udara.

Pinhome – Kualitas udara dikelompokkan dalam Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menjadi 5 tingkatan. Berikut ini tingkatan ISPU yang berlaku di Indonesia,

(Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Sesuai informasi di atas, kualitas udara yang baik akan memberikan keuntungan dari segi kesehatan bagi makhluk hidup. Sementara kualitas udara yang buruk akan mengancam kesehatan dan kehidupan makhluk hidup, terutama manusia. 

Baca Juga: Ketahuilah Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hampir seluruh masyarakat diharuskan untuk berkegiatan dari rumah 24 jam. Oleh karena itu, menjaga kualitas udara di dalam rumah sangat penting dilakukan. Salah satu cara ampuh menjaga udara baik di rumah bisa dengan air purifier. Tapi apakah kamu sudah paham tips membeli air purifier serta perbedaannya dengan diffuser dan humidifier? Yuk kita cek di bawah ini!

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Badan Agar Tetap Sehat?

Perbedaan antara air purifier, diffuser dan humidifier. 

Tips Membeli Air Purifier
(builder.id)

Sebelum membaca mengenai tips penting membeli air purifier, kamu harus tahu perbedaan antara air purifier dengan diffuser dan humidifier. 

PerbedaanAir PurifierDiffuserHumidifier
FungsiUntuk menjernihkan dan mensterilkan udara di dalam ruangan dengan cara menyerap udara kotor.Untuk mengubah minyak esensial menjadi uap aromaterapi agar ruangan lebih segar.Untuk melembabkan ruangan yang kering.
Lokasi peletakkanDi ruangan yang mempunyai kualitas udara kotor.Diletakkan pada kamar tidur agar kualitas tidur lebih baik.Cocok digunakan pada ruangan dengan AC yang kering.
Kebutuhan airTidak membutuhkan air300-500 mlButuh air hingga 3 liter
Cara kerjaMenyerap udara di area sekitar, lalu mengeluarkan udara tersebut dengan udara bersih yang sudah disaring.Menggunakan tenaga listrik untuk mengubah oil esensial dan air menjadi uap yang wangi.Humidifier akan mengeluarkan uap untuk melembabkan ruangan.
Tips perawatanLap bagian luar yang terdapat debu dengan kain basah atau tisu basah. Lepaskan colokan setelah menggunakan alat. Terakhir, pastikan kamu mengganti filter dan membuang debu dengan rutin.Buka tutup diffuser dan selalu ganti air yang tersisa di dalamnya. Cabut kabel diffuser setelah selesai digunakan.Cabut kabel humidifier apabila sudah selesai digunakan. Pastikan juga kamu mengganti air yang ada di dalam alat.

(Tokopedia)

Pins, setelah kamu memahami perbedaan 3 media untuk menyegarkan ruangan di atas, pastikan kamu tidak salah beli ya. Ketiganya mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda, sehingga kinerja mereka pun akan lebih optimal jika disesuaikan dengan tujuan penggunaan yang tepat.

Tips penting membeli air purifier

Tips Membeli Air Purifier
(mother and baby)

Selanjutnya, agar kamu lebih paham cara membeli air purifier, yuk pahami tips penting berikut ini!

Perhatikan efisiensi energi

Salah satu variabel penting yang dilakukan saat membeli peralatan elektronik adalah daya dari alat tersebut. Kamu bisa memilih air purifier dengan daya 50-200 watt. Semakin besar Watt, maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan untuk menjernihkan sebuah area atau ruangan. Hal ini akan berimbas pada tagihan listrik rumah. Kamu bisa menyesuaikan daya yang dibutuhkan dengan luas kamar agar sesuai keperluan.

Bandingkan harga

Mahal atau murah pada dasarnya relatif dan subjektif. Kamu bisa menyesuaikan harga dari air purifier sesuai dengan budget pribadi. Beberapa purifier dibanderol dengan harga hingga belasan juta, namun ada juga yang di bawah 10 juta. Semua tergantung dengan kebutuhan, oleh karena itu cek juga fitur lengkap purifier selain membandingkan harganya.

Jangkauan Penyerapan Udara Kotor

Pernah menonton film science fiction yang memperlihatkan kekuatan black hole? Nah bayangkan air purifier adalah black hole yang menyerap benda di sekeliling. Semakin besar kapasitas air purifier dalam menyerap udara kotor, maka semakin cepat sebuah ruangan menjadi bersih. Indikasi untuk menentukan kapasitas tersebut bisa dilihat melalui Clean Air Delivery Rate (CADR). Sebagai contoh, ruangan dengan ukuran 30 meter persegi akan memerlukan purifier dengan CADR sebesar 200-250.

Kapasitas yang dihasilkan

Cek juga apakah kapasitas menghasilkan udara dari purifier sesuai dengan luas ruangan di rumahmu. Apabila luas kamar milikmu 5×5 meter, maka pilihlah air purifier untuk kapasitas 10×10 meter. Hal ini agar pembersihan udara di dalam ruanganmu menjadi lebih cepat.

Sesuaikan ukuran alat dengan ruangan peletakkan

Sebelum kamu membeli purifier, pastikan kamu telah mempersiapkan lokasi untuk meletakkan alat tersebut. Hal ini agar kamu bisa menyesuaikan ukuran purifier dengan area di dalam ruangan supaya pas. Jangan sampai penempatan purifier terlalu berdesakan dengan perabotan lain. 

Membeli air purifier memang direkomendasikan untuk menjaga kualitas udara di rumah tetap bersih. Selain menjaga udara di rumah agar tetap steril dari virus Covid-19, kamu juga harus menjaga kebersihan diri dan kesehatan. Selamat menerapkan tips di atas saat akan membeli air purifier, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel