Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 5 Jenis Lantai Teraso Beserta Kelebihannya dibanding Lantai Lainnya

Properti

5 Jenis Lantai Teraso Beserta Kelebihannya dibanding Lantai Lainnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pemilihan material lantai dalam hunian ternyata menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Baik dalam segi biaya maupun bahan, lantai menjadi salah satu unsur bangunan yang harus ada dalam sebuah rumah. Bila Pins masih bingung memilih lantai seperti apa yang bagus dan berkualitas tinggi, salah satunya adalah lantai teraso.

Pinhome- Diansir dari Oxford Dictionary lantai teraso adalah bahan lantai yang terdiri dari serpihan marmer dan granit yang dipasang di beton dan dipoles untuk memberikan permukaan yang halus. Namun, walaupun begitu, lantai satu ini mempunyai hasil permukaan dengan dua jenis, yaitu halus dan kasar. Teraso keramik kasar biasa digunakan untuk luar ruangan sedangkan yang halus umumnya digunakan pada ruangan indoor. Untuk mengenal lebih detail mengenai lantai teraso, intip langsung yuk jenis lantai terrazzo beserta kelebihannya dibandingkan dengan jenis lantai lainnya.

Baca juga: Penutup Lantai Rumah | Material dan Tips Memilihnya

Jenis-Jenis Lantai Teraso

Melansir melalui Top End Terazzo sebagai salah satu perusahan profesional dalam bidang pengaplikasian lantai terrazzo di Los Angeles menyebutkan ada 5 jenis teraso keramik sesuai material dan pemasangan, yaitu:

Sand Cushion Terrazzo

Sebenarnya teraso keramik sendiri memiliki jenis yang berbeda satu dengan lainnya tergantung material yang terkandung di dalamnya dan sistem dalam pengaplikasian. Sand cusion terrazzo sendiri merupakan jenis lantai terrazzo yang terbuat dari komposisi semen matriks setengah inci dari campuran membran isolasi, wire reinforcement atau penguat kawat hingga debu pasir. Sistem ini menyerap setiap cacat kecil yang mungkin terjadi sekaligus mencegah mirroring di permukaan.

Epoxy Terrazo

lantai teraso
(All Things Flooring)

Nah, untuk epoxy terazzo merupakan salah satu jenis sistem paling populer dalam dunia lantai terrazzo. Sangat mudah ditemukan dengan hasil akhir yang berestetika tinggi membuat sering berada baik dalam perumahan maupun gedung perkantoran. Memantukan cahaya layaknya sebuah marmer lantai epoxy memiliki hasil akhir yang berkualitas tinggi. Bila Pins menyukai lantai dengan motif menarik, Pins bisa memilih teraso keramik dengan motif abstrak yang menawan.

Bonded Terrazzo

lantai teraso
(The Irish Times)

Keunggulan utama dari jenis bonded teraso adalah pemakaiannya yang dapat digunakan baik pada luar ruangan hingga ruangan indoor. Terrazzo ini menggunakan mortar pasir semen yang berada di atas pelat beton. Maka dari itu sering disebut dengan lantai terrazzo beton. Maka dari itu kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: Pelajari Model Lantai Minimalis untuk Rumah Kamu

Monolithic Terrazzo

Terrazzo monolitik adalah campuran semen portland, serpihan marmer, dan air yang dibuat sedemikian rupa sehingga terikat langsung atau menyatu dengan pelat beton. Tidak bisa disamakan dengan jenis teraso lainnya, monolithic menjadi jenis lantai terrazzo murah karena dibuat dari biaya yang rendah. Teraso keramik biasanya setebal lima per delapan inci.

Polyacrylate Terrazzo

lantai teraso
(Concrete Decor)

Jenis Polyacrylate Terrazzo merupakan salah satu lantai teraso yang di formulakan khusus. Jenisnya tergolong baru untuk mengatasi keterbatasan dari desain lantai yang monoton. Biasanya lantai teraso adalah bahan lantai dengan campuran serpihan marmer dan granit namun untuk jenis ini diformulasikan secara khusus kombinasi polimer akrilik dengan modifikasi semen dan inert aggregates dalam campuran serpihan marmer.

Kelebihan Lantai Teraso

Setelah melihat jenis-jenisnya, kini saatnya Pins menentukan motif dan tekstur yang sesuai dengan kebutuhan. Baik lantai teraso pada kamar mandi, ruang tamu maupun teras memiliki perbedaan bahan dan motif. Namun, yang terpenting kamu tahu kelebihan dalam penggunaan lantai ini, sebagai berikut.

Dalam Segi Estetika

  • Hal pertama yang patut diancungkan jempol adalah estetika dari lantai ini yang tidak ada duanya. Motifnya menawan dengan ragam pilihan yang dapat Pins pilih menyesuaikan fungsi.
  • Nah, untuk kedua tekstur yang disajikan baik halus maupun kasar mempunyai keunggulan masing-masing. Untuk teraso dengan permukaan kasar terbukti anti slip, jadi aman ditaruh di area outdoor sedangkan teraso dengan permukaan halus tidak mudah tergores walaupun Pins menggunakan sepatu heels sekalipun di dalam rumah.

Dalam Segi Material

  • Ramah lingkungan karena terbuat dari campuran bahan-bahan bekas pakai seperti serpihan granit, marmer maupun kaca. Hal ini juga yang membuatnya berbeda dari motif lantai lainnya.
  • Kesan sejuk dan dinginnya membuat penghuni di dalamnya terasa nyaman.
  • Tahan lama dan awet dalam segi warna dan motif asal dibersihkan secara teratur.
  • Bila dibandingkan dengan lantai keramik, tentu lantai teraso lebih unggul. Lantai ini mampu menahan benda berat dan tidak mudah pecah.
  • Menjadi material serbaguna yang tidak hanya dapat digunakan sebagai alas lantai, namun dapat pula menjadi bahan pembuatan furnitur pada dapur dan kamar mandi.

Bagaimana, kelebihannya di atas bisa Pins bandingan dengan keurangannya yang sangat minim. Seperti teknik pemasangannya yang cukup rumit sehingga memerlukan bantuan tenaga ahli. Hal tersebut dikarenakan lantai terrazzo berbeda dengan ragam jenis lantai lainnya. Bila Pins tidak mengetahui teknik yang tepat, bisa saja lantai tidak akan menempel dengan sempurna. Keadaan seperti ini bisa menjadi kerugian untuk kamu dikemudian hari.

Nah, kini Pins mengetahuinya bukan bahwa teraso adalah lantai yang menawan dan tentunya menarik diaplikasikan dalam hunian. Jenis-jenis di atas semoga dapat Pins pahami dan menjadi alternatif pilihan saat menentukan lantai teraso yang tepat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 13 Perbedaan Granit dan Keramik, Bahan Mana yang Cocok untuk Lantai Rumah?


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel