BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Pencahayaan di Rumah Supaya Makin Nyaman
0
0

7 Tips Pencahayaan di Rumah Supaya Makin Nyaman

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 30, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pencahayaan yang ada di dalam rumah adalah instrument yang penting jika Pins ingin merancang atau memilih tempat tinggal. Pencahayaan merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang untuk menunjang segala aktivitas yang akan dilakukan.

Lampu atau pencahayaan juga akan mempengaruhi emosi bagi setiap penghuninya. Saat ini, masyarakat Indonesia masih merasa kesulitan untuk memilih pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Utamanya adalah saat memilih lampu atau pencahayaan yang tepat pada aktivitas yang berbeda. Kesulitan tersebut biasanya dialami pada mereka yang mengontrak rumah atau di apartemen. Jadi bagaimana sebenernya pencahyaan di rumah harus diatur? Simak informasi selengkapnya di sini, Pins!

Baca juga: Tips Rumah Renovasi Dalam Waktu 24 Jam Selesai

Klasifikasi Pencahayaan di Rumah

Pencahayaan Rumah
Source : Pexels

Jika pencahayaan tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat penghuninya merasa tidak nyaman dan membuat mata menjadi sakit. Sebaiknya pilihlah lampu yang dapat disesuaikan dengan aktivitas pada ruangan di rumah yang sering digunakan oleh penghuni rumah. Nah, di bawah ini akan menjelaskan klasifikasi pencahayaan yang biasanya dibutuhkan oleh semua orang, diantaranya :

Cahaya Terang

Cahaya terang sangat cocok digunakan pada ruangan di rumah kamu yang perlu melihat setiap detail, seperti ruangan berdandan, dapur untuk memasak dan mengerjakan hal detail lain yang ada dirumah. Pencahayaan yang lebih terang biasanya membantu kamu untuk melakukan segala aktivitas.

Cahaya Normal

Cahaya normal sama dengan cahaya alami yang baik digunakan untuk membaca buku. Dayanya yaitu 3.000K/320Lm cahayanya tidak menyilaukan dan mendukung aktivitas santai dan membaca buku. Perlu kamu ketahui bahwa cahaya alami mirip dengan bola lampu berdaya 40W.

Cahaya Redup

Pencahyaan yang redup cocok digunakan di kamar atau menonton TV. Dayanya yaitu 3.000K/80Lm yang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati momen tersebut.

Baca juga: Tips Rumah Tropis dan Cara Menyiasatinya

Tips Pencahayaan di Rumah

Lalu, bagaimana pencahayaan di tempat tinggal seharusnya? Ada beberapa tips yang bisa coba kamu lakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Biarkan Cahaya Alami Masuk

Pencahayaan Rumah
Source : Pexels

Hal yang harus Pins perhatikan ialah gunakan cahaya alami sebanyak mungkin. Cahaya matahari adalah sumber cahaya alami yang paling baik dan paling murah.

Jadi, jangan tertutupi oleh tirai atau gorden tebal, pastikan ada jendela yang cukup di setiap ruangan untuk memasukkan cahaya matahari.

Tempatkan Lampu dengan Baik

Pencahayaan Rumah
Source : Pexels

Agar dapat menyinari ruangan dengan baik, Pins harus meletakkan lampu di tempat yang tepat. Pastikan lampu ditempatkan di atas meja atau tempat kerja untuk memberikan cahaya yang cukup untuk melakukan kegiatan.

Pilih Jenis Lampu yang Tepat

Pencahayaan Rumah
Source : Pexels

Pins juga perlu memilih jenis lampu yang sesuai. Untuk ruang tamu atau kamar tidur, gunakan lampu yang lebih redup dan menyala dengan cahaya yang lebih lembut. 

Hal ini sedikit berbeda dengan ruangan yang lain. Untuk ruang kerja atau dapur, gunakan lampu yang lebih terang.

Baca juga: 5 Tips Desain Rumah Impian Terbaik Untuk Kamu

Manfaatkan Lampu Gantung

Pencahayaan Rumah
Source : Pexels

Kamu juga bisa menggunakan lampu gantung untuk menambah kesan elegan dan membuat ruangan terlihat lebih luas. Namun, perlu diingat bahwa penempatannya pun harus tepat, ya!

Gunakan Dimmer Switch

Source : Pinterest

Kamu bisa memakai dimmer switch juga lho di rumah. Ini tentunya akan mempermudah kamu untuk mengatur tingkat kecerahan lampu sesuai dengan kebutuhan dan suasana.

Beri Aksen Cahaya

Source : Pinterest

Pins, tambahkan juga aksen cahaya dengan menempatkan lampu penerangan tambahan pada objek yang ingin ditonjolkan. Objek tersebut bisa lukisan atau patung.

Ganti Lampu Usang

Source : Pexels

Kamu harus memastikan untuk mengganti lampu yang sudah tidak bagus dengan yang baru. Jangan terlalu hemat lampu bila kamu ingin mendapatkan cahaya yang optimal dan hemat energi.

Baca juga: Tips Memunculkan Cahaya Terang di Kamar Anak

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan membuat rumah Pins terasa lebih nyaman. Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat mendapatkan pencahayaan rumah yang sempurna dan menambah kesan elegan pada setiap ruangan di rumah Pins.

Ingat, pencahayaan yang baik dapat membuat perbedaan yang besar dalam menciptakan suasana yang nyaman di rumah Pins. Jangan ragu untuk mencoba tips-tips di atas dan rasakan perbedaannya sendiri. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Barsa City Yogyakarta dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download