7 Sketsa Denah Rumah 4 Kamar Untuk Keluarga Besar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 14 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Denah rumah 4 kamar biasanya menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan keluarga besar. Memiliki keluarga dengan jumlah yang tidak sedikit, tentu perlu ditunjang dengan luas rumah yang mumpuni untuk membuat keluarga nyaman saat berada di rumah.

Hanya saja mengingat harga tanah yang tidak lagi murah, membuat banyak orang jadi memilih lahan dengan luas terbatas. Lahan terbatas ini biasanya dibangun rumah dengan konsep yang sederhana dengan alasan yang penting cukup untuk keluarga. 

Berikut 7 sketsa denah rumah 4 kamar bagi kamu yang sedang ingin merenovasi atau membangun rumah untuk keluarga besar.

Baca juga: Tips Membuat Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Denah Rumah 4 Kamar

(Pinterest)

Rumah 4 Kamar Bentuk Memanjang

Bagi Pins yang memiliki lahan dengan bentuk memanjang, konsep denah rumah beberapa kamar ini sangat cocok untuk kamu! Pins bisa meletakkan dua kamar yang saling bersebelahan dan dipisahkan dengan kamar mandi dengan kamar tidur lainnya. Jadi Posisi kamar tidur saling bersebelahan. 

Namun posisi ini bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan keinginan kamu dalam mendesain rumah. Pins bisa meletakkan dapur pada bagian belakang rumah. Sedangkan ruang tamu bisa disatukan dengan ruang keluarga yang dapat kamu buat dengan atau tanpa partisi. Pins juga bisa membuat halaman rumah atau garasi pada bagian depan guna memenuhi kebutuhan parkir atau membuat rumah semakin cantik.

Rumah 4 Kamar Lahan Kecil

denah rumah 4 kamar
(Pinterest)

Konsep sketsa rumah 4 kamar ini sangat memanfaatkan lahan guna mencukupi kebutuhan ruang untuk keluarga. Pins bisa menggunakan desain ini untuk pembangunan rumah. Buat kamar berderet dalam satu baris sehingga lahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar. 

Dengan desain rumah 4 kamar berderet ini, Pins bisa membuat ruang keluarga tepat di depan pintu-pintu kamar agar memudahkan anggota keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Selain itu, Pins juga bisa membangun kamar mandi di sebelah ruang keluarga dan membuat dapur yang disatukan dengan ruang makna untuk menghemat lahan.

Baca juga: 6 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

Rumah 4 Kamar dengan Lorong

(Pinterest)

Jika Pins memiliki rumah dengan lebar yang cukup besar, Pins bisa menggunakan denah rumah beberapa kamar ini. Pins bisa membuat dua kamar saling bersebelahan. Kemudian diseberangnya dibangun dua kamar lain akan membentuk lorong di depan pintu kamar.

Jadi Pins tidak perlu khawatir bahwa kamar dapat memakan lahan begitu besar. Pins juga bisa membuat kamar masing-masing terpisah dengan kamar mandi yang dibangun pada bagian tengah kamar tidur.

Sehingga suara pada satu kamar tidak akan terlalu terdengar ke kamar di sebelahnya. Pada depan lorong, Pins bisa membuat ruang makan dan ruang keluarga dengan atau tanpa partisi.

Baca juga: Denah atau Sketsa Rumah Ukuran Tanah 6 m x 16 m dengan 3 Kamar Tidur

Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola

denah rumah 4 kamar
(Pinterest)

Bagi kamu yang ingin memiliki ruang ibadah khusus di rumah, tentu denah rumah 4 kamar 1 mushola ini sangat cocok untuk Pins! Kamu bisa membuat 3 kamar saling berhadapan. Diantara 1 kamar dipisahkan dengan mushola (mud room) dan kamar mandi yang juga saling berhadapan dan memudahkan Pins dan keluarga untuk mengambil wudhu dan sholat di mushola. 

Jadi berwudhu tidak perlu jauh-jauh dari mushola. Hanya saja jika dibuat seperti ini, maka kamar akan membentuk lorong kecil yang nantinya difungsikan sebagai jalan. Kemudian di sisi lain, Pins bisa membangun ruangan keluarga atau ruang tamu dan dapur sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Inspirasi Desain Mushola Minimalis Untuk di Dalam Gedung

Rumah 4 Kamar dan 2 Teras

(Pinterest)

Siapa sih yang tidak menyukai teras rumah? Ya, jika dibangun dengan konsep yang tepat, teras rumah memang bisa dijadikan tempat bersantai yang asik saat menghabiskan waktu di rumah. 

Denah rumah beberapa kamar ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan konsep terbuka karena di rumah terdapat 2 teras (deck) sekaligus, yaitu teras depan rumah dan teras belakang rumah.

Pins bisa membangun 4 kamar di setiap bagian sudut rumah, jadi di bagian tengah ruangan bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga, ruang makan atau bahkan kamar mandi dan di bagian belakang bisa dijadikan sebagai teras belakang rumah.

Baca juga: Inilah 10 Inspirasi Desain Rumah Minimalis Keren!

Rumah 4 Kamar dan Kolam Renang

denah rumah 4 kamar
(Pinterest)

Jika kamu masih memiliki sedikit lahan untuk membangun kolam renang, maka denah rumah 4 kamar yang satu ini bisa menjadi opsi kamu. Sketsa rumah minimalis 4 kamar ini bisa dibuat bertingkat untuk menghemat lahan.

Jadi di bagian lantai satu bisa memuat 1-2 kamar dan di bagian lantai dua bisa dibangun 2-3 kamar. Namun jika Pins ingin menghemat ruangan pada lantai satu, kamu bisa membuat 3 kamar di lantai 2 guna menghemat lahan yang bisa difungsikan untuk ruangan lain.

Itulah daftar 7 sketsa rumah minimalis yang bisa menjadi pilihan kamu dalam membangun rumah. Semoga dengan denah rumah 4 kamar di atas bisa menginspirasi kamu dalam membuat desain rumah yang sesuai dengan keinginanmu.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Kabel Listrik Rumah Per Meter, Terlengkap! 

Setiap rumah pasti membutuhkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari seperti lampu, AC, perangkat ele

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia