BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur
0
0

10 Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 8, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain rumah minimalis, seperti Paradise Serpong City 2, dianggap sederhana karena lebih ramah lingkungan dan tidak perlu banyak lahan. Walau disebut minimalis, bukan berarti rumah ini hanya punya dua kamar. Pasalnya, ada banyak rumah minimalis dengan denah yang komprehensif untuk punya 3 kamar tidur.

Beberapa orang mungkin bingung harus membangun atau membeli rumah yang seperti apa agar semua anggota keluarganya muat di sana. Untungnya, Pins bisa membuat denah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur sebelum membangun atau merenovasi rumah yang baru dibeli, misalnya rumah di Cikarang atau rumah bekas di Bekasi. Lantas, apa saja rekomendasi denah rumah sederhana dengan 3 kamar tidur? Ini daftarnya!

Rekomendasi denah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur

Rumah minimalis dengan tiga kamar tidur merupakan pilihan yang ideal bagi keluarga yang membutuhkan ruang yang cukup untuk anggota keluarga mereka. Namun, Pins mungkin sulit membayangkan bagaimana rumah dengan lahan terbatas itu bisa muat tiga kamar dengan ruangan lainnya.

Tak perlu khawatir! Ada beberapa rekomendasi denah rumah dengan 3 kamar tidur yang bisa kamu pertimbangkan. Berikut beberapa denahnya!

Baca juga: 7 Sketsa Denah Rumah 4 Kamar Untuk Keluarga Besar

1. Rumah dengan luas 7×9 M²

denah rumah minimalis 3 kamar
Source : Aramedia.id

Untuk rumah dengan luas yang terbatas, Pins bisa menggunakan desain yang satu ini. Agar kamar tambahan bisa muat di lahan seluar 7×9 M², salah satu triknya adalah dengan menempatkan kamar tambahan di antara 2 kamar utama.

Bila menginginkan kesan rumah yang lebih luas, usahakan membuat dapur dan ruang makan secara terpisah. Untuk memudahkan kamu dalam menata ruangan,cobalah buat denah kamar tidur utama dan denah kamar tidur anak dahulu.

2. Rumah model L

Source : Ruangarsitek.com

Bagi Pins yang memiliki rumah berbentuk L, denah rumah minimalis 3 kamar ini patut dipertimbangkan. Untuk 3 kamar tidur bisa ditempatkan di sisi yang lebih luas ditambah dengan 3 kamar mandi.

Sementara itu, sisi lainnya yang memanjang bisa digunakan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan tentu saja dapur.Bila masih tersisa sedikit lahan kosong, Pins dapat membangun area luar ruangan atau teras sederhana.

3. Rumah model memanjang

denah rumah minimalis 3 kamar
Source : iameve.net

Jika nantinya rumah minimalis dibangun di atas lahan memanjang yang terbatas, salah satu solusi agar rumah tetap memiliki 3 kamar adalah dengan membuat 1 kamar mandi saja.

Pins juga bisa menggabungkan dapur, ruang keluarga, dan ruang makan, seperti di apartemen minimalis, dalam satu ruangan. Bila ingin menambah privasi, batasi ruangan dengan sekat. Kamu juga bisa memanfaatkan area luar ruangan, atau teras, sebagai ruang tamu.

Baca juga: 10 Ide Denah Rumah 7×14 2 Lantai

4. Rumah dengan luas 140 M²

Source : Pinterest.com

Mengingat luas tanah yang dimiliki cukup besar, Pins tidak perlu pusing-pusing lagi ketika menambah satu kamar di dalam rumah. Namun, hal ini tetap harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan pemanfaatan maksimal dari masing-masing ruangan.

Selain menambahkan satu kamar tidur, lahan seluas 140 M² bisa diadakan teras minimalis di halaman depan dan juga arena luar ruangan di bagian belakangnya. Jika rumah kamu mempunyai ukuran yang luas, buat denah kamar tidur utama dan kamar anak terlebih dulu untuk membantu kamu dalam membangun rumah.

5. Rumah dengan banyak anak

denah rumah minimalis 3 kamar
Source : Diminimalis.com

Memiliki 3 atau 4 anak tidak lantas harus menambah kamar tidur lagi. Sebaiknya, manfaatkan kamar yang sudah ada untuk bisa digunakan secara berbarengan. Pasang ranjang susun di kamar anak-anak agar dapat ditempati oleh dua orang sekaligus.

Ruang keluarga pada denah rumah 3 kamar tidur model ini juga harus dibuat lebih besar sehingga ada cukup ruang bagi anak-anak agar dapat bermain atau bersantai lebih leluasa. Untuk dapur dan ruang makan dapat pula dibuat secara terpisah. Ruang tamu bisa menggunakan ruang keluarga sekaligus atau memanfaatkan denah rumah 3 kamar teras di depan dan samping.

6. Rumah dengan garasi

Source : Tuko News

Jika membutuhkan ruang untuk kendaraan, denah rumah dengan garasi adalah pilihan yang tepat. Garasi biasanya diletakkan di samping atau depan rumah, sementara tiga kamar tidur ditempatkan di bagian dalam rumah. Ruang tamu, ruang makan, dan dapur ditempatkan dengan tata letak yang optimal. Denah ini juga cocok untuk rumah dengan 3 kamar yang sudah dibekali dengan teras depan dan samping.

Baca juga: 8 Denah Gambar Rumah Ukuran 6×7 Terbaik dan Unik

7. Rumah minimalis 2 lantai

denah rumah minimalis 3 kamar
Source : Cool House Concepts

Denah rumah minimalis dengan dua lantai memberikan ruang yang lebih luas. Kamar tidur utama biasanya ditempatkan di lantai atas untuk memberikan privasi, sedangkan kamar tidur anak berada di lantai bawah.

Ruang keluarga, dapur, dan ruang makan biasanya ditempatkan di sekitar area tengah rumah.

8. Rumah minimalis dapur depan

Source : Housing

Denah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur dan dapur depan menempatkan dapur di bagian depan rumah. Alhasil, dapur mudah diakses dari ruang tamu dan ruang makan.

Tiga kamar tidur ditempatkan di bagian belakang rumah dengan kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi pribadi.

9. Rumah minimalis dapur belakang

Source : Tuko News

Denah rumah minimalis dengan dapur belakang menempatkan dapur di bagian belakang rumah. Ruang tamu dan ruang makan biasanya ditempatkan di bagian depan rumah, sedangkan tiga kamar tidur ditempatkan di sekitar dapur.

10. Rumah minimalis desain simetris

Source : Pinoy House Plans

Denah rumah minimalis dengan desain simetris menawarkan tampilan yang seimbang dan harmonis. Tiga kamar tidur ditempatkan di sebelah kanan rumah dengan kamar tidur utama yang berada di tengah-tengah.

Di sisi lain, ruang tamu, ruang makan, dan dapur ditempatkan di sebelah kiri rumah untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Pins juga bisa memanfaatkan denah rumah 3 kamar tidur ini untuk menambah teras depan dan samping.

Nah, itu tadi sederet rekomendasi denah rumah minimalis 3 kamar tidur dengan beragam variasi yang bisa disesuaikan kebutuhan. Semoga rekomendasi di atas membantu Pins dalam membangun atau merenovasi rumah agar bisa muat semua anggota, ya!

Baca juga: 8 Denah Rumah Type 70 Lengkap dengan Desain yang Cocok


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download