Pinhome

Tips Properti

Ini Dia Beberapa Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 15 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Desain rumah minimalis dianggap sederhana karena lebih ramah lingkungan dan tidak memerlukan banyak lahan. Meskipun disebut minimalis, tidak berarti rumah terbatas hanya memiliki 2 kamar saja, ada juga, lho rumah minimalis yang memiliki 3 kamar tidur. Denah rumah minimalis 3 kamar kini semakin diminati, terutama bagi banyak keluarga muda.

Pinhome – Rumah minimalis memang sedang menjadi primadona di berbagai kalangan masyarakat. Denah rumah minimalis 3 kamar saat ini banyak dipilih oleh keluarga muda sebagai salah satu rujukan dalam membangun hunian nyaman. Memiliki kamar tidur tambahan merupakan hal yang wajib dilakukan, apalagi jika mempunyai banyak anggota keluarga. Tentu, kamar tambahan akan sangat diperlukan kelak. Nah, sebelum membangun atau membeli rumah, sebaiknya pertimbangkan jumlah kamar yang akan dimiliki. Pertimbangkan juga luas lahan yang digunakan, sehingga desain rumah 3 kamar bisa diaplikasikan dengan baik. Apa saja pertimbangan lainnya? Simak pembahasannya berikut ini ya, Pins.

Kiat Membangun Rumah 3 Kamar

(smiuchin.wordpress.com)

Perlu diketahui sebelumnya, untuk membangun rumah dengan 3 kamar tidur juga harus mempertimbangkan luas dan permukaan lahan yang akan digunakan. Bila lahan memiliki permukaan yang tidak rata atau bergelombang, maka harus dilakukan penyesuaian lahan terlebih dahulu. Penyesuaian ini berguna untuk menstabilkan tiang penyangga rumah. Permukaan lahan yang tidak rata tentunya akan mempersulit proses pembangunan rumah.

Selanjutnya, yang wajib diperhatikan dalam menggambar denah rumah minimalis 3 kamar adalah dengan menentukan tipe rumah yang akan dibangun. Bangunan rumah dan ukuran kamar nantinya dipengaruhi oleh tipe rumah yang dipilih. Rumah 3 kamar tidak melulu harus satu lantai, bisa juga dikembangkan menjadi rumah 2 lantai. Meskipun 2 lantai, rumah juga masih bisa mengusung konsep minimalis.

Agar tersedia ruang untuk tambahan satu kamar lagi, maka sebaiknya untuk menggabungkan beberapa ruangan yang terdapat pada zonasi yang sama. Misalnya, dapur dan ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga, atau kamar mandi minimalis yang menyatu di setiap kamar. Dengan begitu, denah rumah 3 kamar tidur tidak akan terlalu penuh atau sesak, masih ada cukup ruang untuk menambah 1 kamar lagi.

Contoh Denah Rumah Minimalis dengan 3 Kamar

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, langkah berikutnya adalah dengan membuat denah rumah 3 kamar yang bisa kamu buat sendiri atau dengan bantuan jasa arsitek. Beberapa contoh desain yang bisa digunakan, seperti :

  • Rumah dengan Luas 7×9 M²
(aramedia.id)

Untuk rumah dengan luas yang terbatas, bisa dengan menggunakan desain yang satu ini. Agar kamar tambahan bisa muat di lahan seluar 7×9 M², salah satu triknya adalah dengan menempatkan kamar tambahan di antara 2 kamar utama. Bila menginginkan kesan rumah yang lebih luas, maka bisa dengan membuat dapur dan ruang makan secara terpisah.

  • Rumah Model L
(ruangarsitek.com)

Bagi kamu yang memiliki lahan berbentuk L, denah rumah minimalis 3 kamar ini patut dipertimbangkan. Untuk 3 kamar tidur bisa ditempatkan di sisi yang lebih luas ditambah dengan 3 kamar mandi, sementara untuk sisi lainnya yang memanjang bisa digunakan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan tentu saja dapur. Bila masih tersisa sedikit lahan kosong, maka dapat dimanfaatkan untuk membangun area luar ruangan atau teras sederhana.

  • Rumah Model Memanjang
(iameve.net)

Jika nantinya denah rumah 3 kamar dibangun di atas lahan memanjang yang terbatas, maka salah satu solusi agar rumah tetap memiliki 3 kamar adalah dengan membuat 1 kamar mandi saja yang dibuat terpisah. Untuk dapur, ruang keluarga, dan ruang makan bisa digabungkan menjadi satu dengan dibatasi sekat saja. Untuk ruang tamu, bisa memanfaatkan area luar ruangan yang dapat digunakan juga sebagai teras.

  • Rumah dengan Luas 140 M²
(pinterest.com)

Karena memiliki lahan yang cukup luas, maka penambahan satu kamar di dalam rumah tidak jadi masalah yang berarti. Namun, tetap harus mempertimbangkan ukuran dan pemanfaatan maksimal dari masing-masing ruangan yang dibangun. Selain menambahkan satu kamar tidur, lahan seluas 140 M² juga bisa ditambahkan teras minimalis di halaman depan dan juga arena luar ruangan di bagian belakangnya.

  • Rumah dengan Banyak Anak
(diminimalis.com)

Memiliki 3 atau 4 anak tidak lantas harus menambah kamar tidur lagi. Sebaiknya, manfaatkan kamar yang sudah ada untuk bisa digunakan secara berbarengan. Pasang ranjang susun di kamar anak-anak agar dapat ditempati oleh dua orang sekaligus. Ruang keluarga pada denah rumah 3 kamar tidur model ini juga harus dibuat lebih besar sehingga ada cukup ruang bagi anak-anak agar dapat bermain atau bersantai lebih leluasa. Untuk dapur dan ruang makan dapat pula dibuat secara terpisah. Ruang tamu bisa menggunakan ruang keluarga sekaligus atau memanfaatkan teras di depan rumah.

Nah, itulah beberapa inspirasi denah rumah minimalis 3 kamar yang bisa dicoba. Dalam membangun rumah, tetap pertimbangkan ukuran dan fungsi masing-masing ruangannya ya, Pins agar bisa ditinggali dengan nyaman juga aman.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel