BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Desain Garasi Rumah Modern yang Proper
0
0

13 Desain Garasi Rumah Modern yang Proper

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi rumah tapak tentunya garasi menjadi bagian penting. Khususnya yang memiliki kendaraan roda empat tentu perlu menyediakan lahan parkir cukup luas. Desain garasi rumah modern kini berkembang pesat dengan banyak pilihan.

Begitu pula dengan Program KPR Bank tersedia di berbagai kota. Pins bisa mencari rumah bekas di Mojokerto atau rumah di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa dapat didapatkan secara kredit.

Desain Garasi Rumah Modern

Garasi mobil atau carport bisa melindungi kendaraan roda dua maupun roda empat. Ada banyak model garasi mulai dari desain garasi tertutup maupun terbuka yang disesuaikan dengan lahan dan gaya huniannya.

1. Carport Baja

Source : Wikimedia Commons

Desain garasi ini memakai baja ringan yang dicat dengan warna hitam pekat atau warna putih. Ketahananya bisa diadu dengan bobot yang ringan sehingga cepat dalam instalasinya.

Baca juga: 12 Model Teralis Garasi Mobil yang Bagus

2. Garasi Batu Alam

Source : Demx

Selain memakai baja, garasi juga epik menggunakan batu alam khususnya di bagian dinding dan lantainya. Batu alam tidak membuat licin dengan desain yang unik dan menyatu dengan interior rumah yang mengangkat tema alam.

3. Garasi Country

Source : Temonggo

Garasi mobil ini banyak ditemukan di negara Eropa maupun Amerika. Tampilannya sederhana dengan pagar yang pendek dengan dinding memakai bata ekspos. Pagar terbuat dari besi dan kanopi berbahan fiber glass. Selain melindungi kendaraan, atap mampu menangkap cahaya matahari dengan optimal.

4. Garasi Ala Eropa yang Tertutup

Source : Pxfuel

Desain garasi ala Eropa cenderung tertutup karena masuk ke dalam bagian rumah. Lokasi garasi bukan di halaman depan rumah dan pintunya bisa memakai beragam warna dan material. Misalnya bahan kayu maupun baja bahkan bisa memberikan ukiran seperti wall panel di bagian depan.

5. Garasi Pintu Lipat

Source : Penyekat Ruangan

Garasi rumah desain modern khususnya di Indonesia sering memakai pintu lipat. Jenis pintu ini ada yang memakai pintu lipat kaca, pintu lipat kayu, aluminum bahkan besi. Aksen kayu yang menempel pada tembok akan bertahan cukup lama karena bobotnya ringan dan terbilang solid.

6. Garasi Atap Kayu Terbuka

Source : Pinterest

Hunianmu semakin menarik dengan atap kayu terbuka di bagian garasi. Alih-alih memakai kanopi kaca atau plastik, Pins dapat memakai kayu agar terlihat lebih menarik. Kayu dapat diandalkan melindungi kendaraan dari terik sinar matahari maupun hujan. Selain kayu dapat pula memakai baja ringan sebagai atap garasinya.

7. Garasi Atap Miring

Source : Pinterest

Rumah modern umumnya memakai struktur atap asimetris. Artinya atap tidak punya sisi yang sama begitu pula pada garasinya. Garasi rumah desain modern ini mempunyai atap miring yang disebut dengan sloping roof. Cocok sekali untuk hunian minimalis dan semakin cantik bila ditambahkan rolling door kayu atau pintu geser.

Baca juga: 10 Warna Cat Garasi Rumah Minimalis

8. Garasi Industrial

Source : PSA Studio

Rumah industrial sering memakai semen ekspos pada bagian dinding. Gaya interior garasi yang sesuai dengan tema ini bisa menggunakan pintu garasi metal. Bagian pintu garasi berupa tralis sehingga ada celah sempit dan cahaya masuk ke dalam garasi. 

Jika bosan menggunakan dinding semen dapat pula diganti dengan batu alam dan batu bata yang terekspos di salah satu dinding garasinya. Untuk sepeda bisa digantung di dindingnya. Gaya stylish ini menampilkan interior unik walaupun dibangun sederhana. Selain itu tanpa mengecat tembok dan mempertahankan material aslinya mampu menghemat biaya konstruksi.

9. Garasi Natural

garasi rumah modern dengan tanaman sulur
Source : National Geographic Indonesia – Grid

Pagar natural dekat dengan taman ataupun tanaman yang menyulur. Selain menyediakan tanaman di sisi kanan kiri garasi bisa pula menambahkan tanaman spora. Tanaman spora mempunyai ukuran kecil namun merambat hingga ke atap garasi. 

Ada pula yang memakai tanaman sulur sebagai atap garasi langsung. Untuk menyangga tanaman digunakan kayu atau besi agar membentuk atap sesuai ukuran yang diinginkan.

10. Garasi Samping Rumah

Source : Colwesternshed

Posisi garasi ini terletak di samping rumah agar memudahkan akses pintu dan memarkirkan kendaraan. Bagian depan rumah tetap terlihat tanpa tertutup kendaraan pribadi. Untuk membangun garasi seperti ini perhatikan ukuran lahannya agar tidak terlalu berdempetan dengan hunian.

11. Garasi Multifungsi

garasi rumah modern multifungsi
Source : Car Buzz

Selanjutnya garasi rumah desain modern ini tidak hanya bisa digunakan untuk memarkirkan mobil namun juga dapur. Pins bisa memakainya sebagai tempat nongkrong asyik di belakang rumah. Pins bisa memakai gudang yang dialihfungsikan sebagai garasi mobil.

12. Garasi Ganda

garasi rumah modern dengan pintu ganda
Source : Rawpixel

Punya banyak kendaraan? Coba bangun garasi dengan pintu ganda. Garasi bisa atau tanpa sekat dengan memakai pintu ganda. Dua mobil bisa dimasukan ke garasi secara bersamaan. Cocok sekali jika punya halaman yang luas dan lantainya memakai paving.

Baca juga: 10 Desain Pintu Garasi Kayu yang Menarik

13. Garasi Klasik

Source : Auto2000

Rumah mungil sering memakai tema garasi klasik ini. Pagarnya bisa menggunakan kayu yang diukir dengan lantai bahan semen atau batu alam agar memberikan kesan klasik. Tipe garasi ini mirip ala Eropa karena pintu tertutup dan mobil masuk ke dalam garasi.

Tipe desain garasi di atas dapat digunakan untuk rumah dengan lahan sempit maupun lapang. Modelnya estetik dan disesuaikan dengan gaya interior yang diinginkan.

Desain garasi rumah modern ini bisa memakai jasa arsitek agar hasilnya sesuai harapanmu. Perhatikan pula struktur rumah termasuk halaman depan di mana jalur masuk keluar kendaraan. Dengan begitu garasi bisa bekerja sebagaimana mestinya dan efektif melindungi kendaraanmu.

Feature Image Source: Rawpixel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download