7 Kesalahan Membeli Furniture Minimalis Rumah Pertama yang Harus Dihindari

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 18 August 2022 ∙ 6 menit membaca

Memiliki rumah pertama pastinya menjadi momen menyenangkan. Soalnya, kita bisa merancang dan menata sendiri perabot yang akan digunakan.

Hal yang paling bikin semangat adalah ketika mencari berbagai inspirasi desain interior yang lagi jadi tren. Dengan begitu, kita bisa menata rumah sesuai keinginan dan ekspektasi.

Namun, kenyataannya mengisi rumah pertama tentu tidak mudah. Bila kita membeli terlalu banyak furniture tanpa memikirkan tema dan tata letak, bisa-bisa rumah jadi tampak sempit.

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa kesalahan yang perlu kita hindari saat membeli furniture rumah, seperti yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

Tidak Mengukur Luas Ruangan

furniture minimalis untuk rumah baru
Keterangan: Pastikan untuk mengukur luas rumah dan ruangan untuk penempatan furniture. 

Kesalahan fatal saat membeli perabot adalah tidak mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Alhasil, kita akan memilih furniture minimalis dengan ukuran terlalu besar atau justru kekecilan. Jadinya, ruangan tidak terlihat rapi dan malah tampak sumpek.

Maka dari itu, kita perlu mengukur luas dan tinggi ruangan secara keseluruhan terlebih dahulu. Cara ini akan memudahkan kita saat memilih ukuran furnitur. 

Misalnya, saat membeli furniture kamar tidur, pastikan ukuran ranjang tidak melebihi luas ruangan. Bila kamar hanya berukuran 3×3 meter persegi, mungkin kita bisa memakai single bed 90×200 cm. 

Sama halnya saat memilih ukuran sofa buat ruang keluarga. Hindari memilih sofa yang terlalu panjang, sehingga kita tidak mudah bergerak. Jadi, pastikan mengetahui ukuran detail dari setiap perabot yang akan kita gunakan. 

Membeli Tanpa Menentukan Tema Interior

furniture modern sofa bed
Keterangan: Gunakan perabot minimalis dan multifungsi seperti sofa bed.

Dari sisi psikologi,  interior di sebuah ruangan bisa menyalurkan energi dan suasana hati, baik positif maupun negatif.  Contohnya, ketika kita memilih gaya rumah minimalis ala Japandi, maka kita bisa menggunakan furniture minimalis dan serbaguna. 

Menurut Psychology Today, tinggal di dalam ruangan yang ditata dengan model furniture minimalis ternyata mampu mengendalikan sifat konsumtif para penghuninya.  

Apalagi, interior ala Japandi ini menggunakan perabot multifungsi. Misalnya, sofa bed yang bisa dijadikan sebagai tempat tidur atau dipan ranjang yang terdapat laci dan rak penyimpanan. 

Baca Juga: 11 Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Tidak Memikirkan Perawatan dari Setiap Bahan Furniture

Membersihkan furniture rumah
Keterangan: Setiap furniture rumah perlu dibersihkan secara rutin agar awet saat digunakan

Setiap jenis bahan perabot berbeda-beda. Tentu, cara perawatannya pun juga tidak sama. Untuk itulah, kita harus mengetahui material perabot yang digunakan supaya lebih mudah saat membersihkannya. 

Hal ini bertujuan supaya furniture rumah bisa lebih awet dan tahan lama. Apalagi, perabot merupakan investasi jangka panjang. 

Misalnya, untuk sofa kain, pastikan kita rutin membersihkan selama satu minggu sekali agar debu tidak menumpuk yang akan membuat permukaannya menjadi kusam. Jadi, apakah kamu sudah siap meluangkan waktu dan biaya untuk merawat seluruh perabot di rumah? 

Tidak Memperhatikan Kenyamanan

furniture minimalis modern
Keterangan: Susunlah perabot dengan tampilan yang indah, tetapi tetap nyaman untuk ditempati. 

Apakah kamu ingin memiliki rumah dengan tampilan indah dan aesthetic seperti di media sosial? Hal tersebut memang tidak ada salahnya, tetapi kita tetap perlu memperhatikan kenyamanan dan fungsi dari perabot tersebut.

Apalagi, rumah menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sepanjang hari. Pastinya, kamu ingin bersandar di tempat tidur atau sofa yang empuk, bukan? Untuk itu, kita harus bisa memilih perabot yang memberikan kenyamanan.

Tergoda dengan Harga Rendah

Siapa yang tak tertarik dengan harga furniture modern minimalis yang terjangkau? Sebagai pembeli, tentu kita akan berpikir kalau membeli perabot dengan harga yang rendah, kita bisa menghemat pengeluaran. Namun, kita suka lupa dengan kualitas yang diberikan. 

Bisa-bisa perabot yang kita beli cepat rusak dan malah harus sering diganti. Jadi, lebih baik membeli perabot berkualitas sebagai investasi, meski harganya cenderung lebih tinggi.

Kamu tetap bisa beli furniture berkualitas dengan lebih hemat memakai voucher diskon 30% hingga Rp50 ribu tanpa minimum pembelian. Cukup masukkan kode voucher RUPAPH saat belanja di ruparupa.com

furniture minimalis berwarna natural
Keterangan: Usahakan untuk membeli jenis perabot dengan kualitas yang tinggi. 

Membeli Furnitur Terlalu Banyak

Meskipun kamu sedang bersemangat untuk mendekorasi rumah pertama, tetapi tahan diri agar tidak impulsif atau membeli perabot terlalu banyak dalam satu waktu.  

Soalnya, kebiasaan yang satu ini bisa membuat pengeluaran jadi membengkak seketika. Padahal, belum tentu semua perabot tersebut benar-benar dibutuhkan. 

Jadi, lebih baik buat daftar furniture rumah yang dibutuhkan berdasarkan urgensi terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa membeli satu per satu secara perlahan. Cara ini juga akan memudahkan kamu saat menatanya, lho.

Baca Juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga, Canti, Unik, dan Nyaman!

 furniture minimalis modern untuk rumah
Keterangan: Usahakan membeli perabot secara berkala agar bisa tersusun dengan rapi dan digunakan sesuai kebutuhan. 

Tidak Mencobanya Terlebih Dahulu

Ada beberapa perabot dan perlengkapan rumah yang perlu kita coba terlebih dahulu. Misalnya, saat akan membeli tempat tidur untuk di kamar. Pastikan kamu mencoba matras tersebut dengan berbagai posisi tidur. Hal ini akan memudahkan kita menemukan tempat tidur yang nyaman. Apalagi, perabot ini akan digunakan dalam waktu lama. 

Begitu pula saat membeli furniture kantor seperti kursi kerja buat di rumah. Kita perlu mencobanya terlebih dahulu untuk merasakan dudukannya, sandaran kursi, serta fitur lainnya yang ditawarkan. Jadinya, kita pun bisa bekerja lebih produktif di rumah.

Furniture kamar tidur
Keterangan: Sebelum membeli furniture kamar tidur dan kantor, kamu perlu mencobanya terlebih dahulu. 

Itu dia beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari saat ingin membeli furniture untuk rumah pertama. Jadi, sebelum mengisi rumah kamu dengan berbagai perabot, pastikan membuat perencanaan dan anggaran belanja terlebih dahulu. 

Baca Juga: Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Selain itu, pastikan furnitur yang kamu gunakan dirawat dan dibersihkan secara rutin supaya tahan lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering mengganti perabot dengan yang baru. 

Setelah memilih rumah yang tepat, kamu bisa mencari berbagai pilihan model furnitur berkualitas terbaik melalui ruparupa.com, lho

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan peralatan elektronik dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Informa Sleep, Informa Electronic, Krisbow, dan masih banyak lagi. Yuk, pastikan kamu membeli furniture rumah dengan tepat. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia