BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Kesalahan Membeli Furniture Minimalis Rumah Pertama yang Harus Dihindari
0
0

7 Kesalahan Membeli Furniture Minimalis Rumah Pertama yang Harus Dihindari

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Rizko Fatra

Mei 2, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Kesalahan saat membeli furniture untuk rumah pertamatop-right-banner

Memiliki rumah pertama pastinya menjadi momen menyenangkan. Soalnya, kita bisa merancang dan menata sendiri perabot yang akan digunakan.

Hal yang paling bikin semangat adalah ketika mencari berbagai inspirasi desain interior yang lagi jadi tren. Dengan begitu, kita bisa menata rumah sesuai keinginan dan ekspektasi.

Namun, kenyataannya mengisi rumah pertama tentu tidak mudah. Bila kita membeli terlalu banyak furniture tanpa memikirkan tema dan tata letak, bisa-bisa rumah jadi tampak sempit.

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa kesalahan yang perlu kita hindari saat membeli furniture rumah, seperti yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

Tidak Mengukur Luas Ruangan

furniture minimalis untuk rumah baru
Keterangan: Pastikan untuk mengukur luas rumah dan ruangan untuk penempatan furniture. 

Kesalahan fatal saat membeli perabot adalah tidak mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Alhasil, kita akan memilih furniture minimalis dengan ukuran terlalu besar atau justru kekecilan. Jadinya, ruangan tidak terlihat rapi dan malah tampak sumpek.

Maka dari itu, kita perlu mengukur luas dan tinggi ruangan secara keseluruhan terlebih dahulu. Cara ini akan memudahkan kita saat memilih ukuran furnitur. 

Misalnya, saat membeli furniture kamar tidur, pastikan ukuran ranjang tidak melebihi luas ruangan. Bila kamar hanya berukuran 3×3 meter persegi, mungkin kita bisa memakai single bed 90×200 cm. 

Sama halnya saat memilih ukuran sofa buat ruang keluarga. Hindari memilih sofa yang terlalu panjang, sehingga kita tidak mudah bergerak. Jadi, pastikan mengetahui ukuran detail dari setiap perabot yang akan kita gunakan. 

Membeli Tanpa Menentukan Tema Interior

furniture modern sofa bed
Keterangan: Gunakan perabot minimalis dan multifungsi seperti sofa bed.

Dari sisi psikologi,  interior di sebuah ruangan bisa menyalurkan energi dan suasana hati, baik positif maupun negatif.  Contohnya, ketika kita memilih gaya rumah minimalis ala Japandi, maka kita bisa menggunakan furniture minimalis dan serbaguna. 

Menurut Psychology Today, tinggal di dalam ruangan yang ditata dengan model furniture minimalis ternyata mampu mengendalikan sifat konsumtif para penghuninya.  

Apalagi, interior ala Japandi ini menggunakan perabot multifungsi. Misalnya, sofa bed yang bisa dijadikan sebagai tempat tidur atau dipan ranjang yang terdapat laci dan rak penyimpanan. 

Baca Juga: 11 Cara Menata Ruang Tamu yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

Tidak Memikirkan Perawatan dari Setiap Bahan Furniture

Membersihkan furniture rumah
Keterangan: Setiap furniture rumah perlu dibersihkan secara rutin agar awet saat digunakan

Setiap jenis bahan perabot berbeda-beda. Tentu, cara perawatannya pun juga tidak sama. Untuk itulah, kita harus mengetahui material perabot yang digunakan supaya lebih mudah saat membersihkannya. 

Hal ini bertujuan supaya furniture rumah bisa lebih awet dan tahan lama. Apalagi, perabot merupakan investasi jangka panjang. 

Misalnya, untuk sofa kain, pastikan kita rutin membersihkan selama satu minggu sekali agar debu tidak menumpuk yang akan membuat permukaannya menjadi kusam. Jadi, apakah kamu sudah siap meluangkan waktu dan biaya untuk merawat seluruh perabot di rumah? 

Tidak Memperhatikan Kenyamanan

furniture minimalis modern
Keterangan: Susunlah perabot dengan tampilan yang indah, tetapi tetap nyaman untuk ditempati. 

Apakah kamu ingin memiliki rumah dengan tampilan indah dan aesthetic seperti di media sosial? Hal tersebut memang tidak ada salahnya, tetapi kita tetap perlu memperhatikan kenyamanan dan fungsi dari perabot tersebut.

Apalagi, rumah menjadi tempat untuk menghabiskan waktu sepanjang hari. Pastinya, kamu ingin bersandar di tempat tidur atau sofa yang empuk, bukan? Untuk itu, kita harus bisa memilih perabot yang memberikan kenyamanan.

Tergoda dengan Harga Rendah

Siapa yang tak tertarik dengan harga furniture modern minimalis yang terjangkau? Sebagai pembeli, tentu kita akan berpikir kalau membeli perabot dengan harga yang rendah, kita bisa menghemat pengeluaran. Namun, kita suka lupa dengan kualitas yang diberikan. 

Bisa-bisa perabot yang kita beli cepat rusak dan malah harus sering diganti. Jadi, lebih baik membeli perabot berkualitas sebagai investasi, meski harganya cenderung lebih tinggi.

Kamu tetap bisa beli furniture berkualitas dengan lebih hemat memakai voucher diskon 30% hingga Rp50 ribu tanpa minimum pembelian. Cukup masukkan kode voucher RUPAPH saat belanja di ruparupa.com

furniture minimalis berwarna natural
Keterangan: Usahakan untuk membeli jenis perabot dengan kualitas yang tinggi. 

Membeli Furnitur Terlalu Banyak

Meskipun kamu sedang bersemangat untuk mendekorasi rumah pertama, tetapi tahan diri agar tidak impulsif atau membeli perabot terlalu banyak dalam satu waktu.  

Soalnya, kebiasaan yang satu ini bisa membuat pengeluaran jadi membengkak seketika. Padahal, belum tentu semua perabot tersebut benar-benar dibutuhkan. 

Jadi, lebih baik buat daftar furniture rumah yang dibutuhkan berdasarkan urgensi terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa membeli satu per satu secara perlahan. Cara ini juga akan memudahkan kamu saat menatanya, lho.

Baca Juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga, Canti, Unik, dan Nyaman!

 furniture minimalis modern untuk rumah
Keterangan: Usahakan membeli perabot secara berkala agar bisa tersusun dengan rapi dan digunakan sesuai kebutuhan. 

Tidak Mencobanya Terlebih Dahulu

Ada beberapa perabot dan perlengkapan rumah yang perlu kita coba terlebih dahulu. Misalnya, saat akan membeli tempat tidur untuk di kamar. Pastikan kamu mencoba matras tersebut dengan berbagai posisi tidur. Hal ini akan memudahkan kita menemukan tempat tidur yang nyaman. Apalagi, perabot ini akan digunakan dalam waktu lama. 

Begitu pula saat membeli furniture kantor seperti kursi kerja buat di rumah. Kita perlu mencobanya terlebih dahulu untuk merasakan dudukannya, sandaran kursi, serta fitur lainnya yang ditawarkan. Jadinya, kita pun bisa bekerja lebih produktif di rumah.

Furniture kamar tidur
Keterangan: Sebelum membeli furniture kamar tidur dan kantor, kamu perlu mencobanya terlebih dahulu. 

Itu dia beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari saat ingin membeli furniture untuk rumah pertama. Jadi, sebelum mengisi rumah kamu dengan berbagai perabot, pastikan membuat perencanaan dan anggaran belanja terlebih dahulu. 

Baca Juga: Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Selain itu, pastikan furnitur yang kamu gunakan dirawat dan dibersihkan secara rutin supaya tahan lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering mengganti perabot dengan yang baru. 

Setelah memilih rumah yang tepat, kamu bisa mencari berbagai pilihan model furnitur berkualitas terbaik melalui ruparupa.com, lho

Situs belanja online ini menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan peralatan elektronik dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, Informa Sleep, Informa Electronic, Krisbow, dan masih banyak lagi. Yuk, pastikan kamu membeli furniture rumah dengan tepat. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download