BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Pilihan Desain Atap Rumah 2 Lantai Minimalis Tapi Tetap Hits
0
0

15 Pilihan Desain Atap Rumah 2 Lantai Minimalis Tapi Tetap Hits

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fasad membantu membangun desain interior apalagi desain atap rumah 2 lantai. Dari tampilan eksterior hunian dapat diketahui bagaimana bentuk ekspresi arsitekturnya dalam membangun rumah tersebut.

Ada banyak sekali desain atap rumah 2 lantai minimalis di bawah ini dengan berbagai material. Yuk simak pilihan dan keunggulan setiap desain atap rumahnya!

Modern Cottage

Pexels

Model modern cottage cocok untuk hunian di pedesaan maupun di pantai. Desain atapnya flat dengan jendela kaca berukuran besar. Bagian dinding memakai metal dengan warna bold sementara interior ruangan dominasi furniture kayu.

Bagian ruangan atas difungsikan sebagai kamar tidur utama. Lantai bawah difungsikan untuk ruang tamu, dapur dan area santai. Pintu rumah memakai model sliding dengan bahan kaca yang tembus pandang.

Baca juga:

Wooden House

Pexels

Desain atap rumah 2 lantai ini dilengkapi dengan beberapa balkon di setiap sisinya. Balkon difungsikan pula sebagai pelindung teras dengan tiang kayu. Area balkon tidak tertutup atap seluruhnya.

Meskipun begitu dilengkapi railing kayu yang tinggi. Atap memiliki cerobong asap yang tidak terlalu tinggi.

Villa Kontemporer

Pexels

Villa kontemporer ini memiliki atap datar dengan desain bangunan simetris. Bagian sisi kanan dan kirinya mempunyai bentuk yang sama. Atap pada lantai kedua landai namun pada lantai satu cenderung sedikit miring.

Atap landai memiliki keuntungan mudah untuk dibersihkan. Area atapnya bisa difungsikan sebagai tempat menjemur pakaian.

Old Stone House

Pexels

Desain atap rumah 2 lantai di atas memiliki bentuk balok namun bagian tengahnya memiliki ornamen yang mencolok. Material bangunan terdiri atas batuan dan sering digunakan pada kawasan gurun pasir seperti negara Timur Tengah.

Baca juga:

Gambrel House

Pexels

Atap gambrel merupakan kombinasi antara atap limasan dan pelana. Bentuk jendelanya terintegrasi dan bagian dari atap itu sendiri. Rumah di Belanda sering memakai model atap seperti ini.

Ada empat sisi simetris diikuti dua lereng pada setiap sisi atapnya. Sudutnya dangkal dan lereng cenderung lebih rendah namun kemiringannya curam.

Concrete House

Pexels

Concrete house merupakan bangunan dengan campuran semen portland, agregat dan air. Daya tahan bangunan tinggi karena tahan aus bahkan api. Apabila Pins bandingkan dengan beton tak bertulang maka ukurannya jauh lebih kecil.

Butterfly House

Wikimedia Commons

Desain atap rumah 2 lantai ini mirip dengan sayap kupu-kupu dan terkena pasca perang di Amerika. Ciri atapnya adalah memiliki garis lurus yang tegas seperti saat kupu-kupu meregangkan sayapnya ke atas.

Rumah dengan atap seperti ini populer di kawasan yang tandus dan panas. Fungsi atapnya ialah menyalurkan air hujan ke saluran yang disediakan. Desainnya unik namun tetap fungsional.

Futuristic House

Desain atap rumah 2 lantai bentuk futuristik
Luxxu

Desain hunian seperti ini memiliki atap yang menyudut dengan memakai warna netral seperti abu-abu, putih, hitam maupun coklat. Bentuk atapnya memakai garis geometri yang tegas.

Tropis House

harapanrakyat

Pada rumah tropis umumnya memakai atap sandar yang  mirip dengan pelana. Keunggulannya adalah arsitekturnya yang atraktif dan memiliki fungsi untuk mengalirkan air ke sisi samping rumah.

Tujuannya agar air hujan tidak menyebar kemana-mana. Material atap bisa memakai atap genteng, solarflat atau lainnya.

Baca juga:

Triangle House

Paramount-land

Untuk membangun desain rumah minimalis bisa mencontoh triangle house di atas. Bagian atapnya memiliki bentuk segitiga dengan garis tepi yang mencolok. Lantai atas bisa menjadi area keluarga atau kamar utama.

Lantai dasarnya bisa dijadikan ruang tamu dengan halaman depan yang difungsikan sebagai lahan mobil. Jendela kaca yang digunakan memiliki bentuk senada dengan fasad rumah agar tampil eye catching.

Dormer House

Desain atap rumah 2 lantai bentuk dormer
Unsplash

Ciri khas dari atap dormer adalah adanya jendela pada bagian atap bangunan. Jendela ini menjorok keluar sebagai ventilasi loteng. Atap jendela bisa berbentuk vertikal pada atap miring, melengkung ataupun datar.

Saltbox House

Desain atap rumah 2 lantai model saltbox
Pexels

Bangunan dengan atap saltbox memiliki kemiringan yang mirip dengan setengah pelana. Desain atapnya rapi dengan bentuk asimetris yang berasal dari Inggris. 

Bagian satu sisinya miring lebih panjang daripada sisi satunya. Aliran air hujan akan langsung jatuh ke bawah yakni di area sisi miring.

Bauhaus House

Desain atap rumah 2 lantai gaya bauhaus
Unsplash

Arsitektur Bauhaus mengutamakan warna monokrom seperti putih, hitam atau abu-abu. Bagian atapnya lurus dan sederhana yang dilengkapi jendela memanjang.

Pada malam hari ruangan memanfaatkan cahaya lampu namun ketika siang lebih mengandalkan cahaya matahari. Karakteristik gaya Bauhaus adalah bentuknya yang mengikuti fungsi.

Tropical Resort

Desain atap rumah 2 lantai gaya etnik
Pexels

Tropical resort kental dengan atap rumah etnik dengan bahan alami. Bahan atapnya tak selalu memakai genteng namun juga rumbai. Ornamen bangunan biasanya berbau alam seperti bentuk batang pohon sebagai railing balkon.

Baca juga:

Pyramid House

Desain atap rumah 2 lantai dengan bentuk limasan
Arsitur

Rumah di atas menggunakan struktur atap limasan yakni terdiri atas trapesium dan segitiga. Atap ini sering pula disebut sebagai piramida karena terdiri atas 2 trapesium dan dua segitiga.

Desain atap rumah 2 lantai seperti ini cocok untuk perumahan modern. Bagian halaman depan tak begitu luas namun cukup untuk parkir satu mobil. Lantai atas mempunyai balkon yang langsung menyatu dengan kamar tidur.

Desain atap rumah 2 lantai di atas menjadi pilihan yang cocok sebagai hunian di area pedesaan maupun perkotaan. Fasadnya cantik dan menarik meskipun bangunannya minimalis.

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Daisan Swan City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download