BlogUncategorized13 Desain Garasi Minimalis Untuk Hunian
0
0

13 Desain Garasi Minimalis Untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 25, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Desain Garasi Rumah Minimalistop-right-banner

Desain garasi minimalis cocok bagi hunian dengan lahan yang tidak cukup luas atau besar. Garasi menjadi salah satu bagian rumah yang dirasa cukup penting untuk dimiliki. Ruangan yang satu ini memiliki fungsi yang esensi untuk menempatkan kendaraan dengan aman.

Bukan hanya melindungi kendaraan dari pencuri saja, garasi dapat melindungi kendaraan dari berbagai cuaca. Untuk membuat desain garasi minimalis tidaklah sulit, Pins bisa melakukannya dengan cara memanfaatkan beberapa ruang yang tersisa di rumah.

Meskipun ukuran menjadi salah satu tantangan, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Jika Pins ingin membuat garasi pada rumah minimalis, di sini Pinhome akan memberikan inspirasinya untukmu. Simak sampai habis ya!

Baca juga: 

13 Desain Garasi Minimalis

Berikut ini adalah 13 desain garasi minimalis nan cantik yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Garasi Rumah Minimalis dengan Kanopi Baja Ringan

model kanopi minimalis
Source : Solokanopi

Pertama adalah garasi rumah minimalis dengan kanopi baja ringan. Kanopi jenis ini memang paling banyak digunakan sebagai atap garasi terpopuler. Selain materialnya yang kuat, kanopi baja ringan juga banyak disukai berkat harganya yang sangat terjangkau.

Pins bisa menggabungkan kanopi baja ringan ini dengan rangka beli hollow untuk tampilan minimalis yang simpel. Desain garasi yang satu ini sangat cocok digunakan bagi siapapun yang memiliki lahan teras lebih untuk dijadikan garasi.

Garasi Rumah Minimalis dengan Kanopi Tanaman Rambat

desain garasi rumah minimalis
Source : Grid

Rumah dengan tema natural dan asri sangat cocok dengan desain garasi yang dilengkapi kanopi tanaman rambat. Garasi dengan kanopi ini mampu menampilkan nuansa asri nan sejuk yang nyaman di rumah.

Untuk bahan dari kanopi tersebut bisa disesuaikan dengan selera seperti dari baja ringan, kayu, maupun batu alam. Pins bisa memilih tanaman rambat yang akan dikembangkan di atas langit-langit kanopi seperti tanaman mandevilla, air mata pengantin, alamanda dan lain sebagainya.

Baca juga: 11 Tanaman Rambat untuk Kanopi yang Lebih Cantik

Garasi Rumah Minimalis dengan Kanopi Batu Alam

model kanopi minimalis
Source : Pinterest

Jika kamu ingin membuat garasi yang lebih kokoh, mungkin penggunaan batu alam sebagai kanopi garasi bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Kanopi batu alam membuat pilar menjadi lebih besar dan kuat untuk menopang.

Menariknya lagi, penggunaan kanopi batu alam untuk garasi minimalis juga bisa menambahkan kesan natural dan elegan pada rumahmu.

Garasi Rumah Minimalis dengan Atap Transparan

desain garasi rumah minimalis
Source : Pinterest

Atap transparan memang kerap menjadi pilihan favorit sebagai kanopi garasi rumah. Selain mampu menambah kesan elegan, desain atap transparan ini juga bisa membantu pencahayaan alami yang masuk ke rumah. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat listrik di rumah.

Desain kanopi yang satu ini memang telah banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern. Pins bisa memilih material atap transparan terbaik seperti solartuff, polycarbonate, fiber atau beberapa material lainnya.

Garasi Rumah Minimalis dengan Atap Pergola Kisi-Kisi Kayu

Source : Pinterest

Melihat tampilan desain kanopi yang satu ini tentu kesan modern yang ditampilkan sangat terasa bukan? Pergola dengan kisi-kisi kayu ini memang kerap diterapkan pada desain rumah modern belakangan ini.

Sentuhan natural dari kayu, dilengkapi dengan detail kisi-kisi pergola yang cantik membuat tampilan garasi rumah minimalismu menjadi lebih cantik dan tidak membosankan. Pins bisa menambahkan atap kaca atau transparan supaya garasi tetap aman dari terik matahari dan air hujan.

Baca juga: Ragam Pilihan Kanopi Untuk Dapur Terbuka Di Rumah

Garasi Rumah Minimalis dengan Atap Kaca Minimalis

desain garasi rumah minimalis
Source : thedirtdoctors

Model garasi rumah berikutnya adalah dengan desain atap material kaca. Seperti yang kita ketahui, material kaca mampu memberikan kesan mewah pada desain rumah. Pins bisa menggunakan jenis-jenis kaca yang dapat memantulkan cahaya agar tidak menyerap panas matahari.

Model garasi rumah minimalis seperti ini cocok untuk rumah dengan warna monokrom yang cantik. Pins bisa mengkombinasikan desain garasi atap kaca ini dengan warna cat tembok putih, hitam, abu-abu, dan warna netral lainnya untuk menambah kesan yang cantik.

Desain Garasi Minimalis Kayu dan Baja Ringan

Source : Home Decor Ideas

Material kayu memang tak pernah gagal memberikan kesan natural pada sebuah hunian. Namun, jika kamu bosan dengan desain garasi minimalis kayu biasa, Pins bisa memadupadankan dua jenis material untuk kanopi garasi. Seperti halnya mengkombinasikan baja ringan sebagai pilar dan kayu sebagai langit-langit.

Baca juga: Meski Bagus, Waspadai Hal-hal Ini Sebelum Membeli Atap Baja Ringan

Desain Garasi Minimalis dengan Balkon

desain garasi rumah minimalis
Source : rupa-rupa

Desain garasi rumah minimalis yang satu ini sangat cocok untuk memaksimalkan fungsi ruangan pada rumah minimalis. Garasi dengan kanopi balkon bisa membuat lahan rumah yang terbatas menjadi lebih luas. Pastikan Pins menggunakan material yang kuat agar kanopi dengan balkon ini bisa berdiri dengan kokoh.

Desain Garasi Minimalis dengan Aksen Kayu

Source : Expo Desain Rumah

Selanjutnya ada model garasi mobil tertutup dengan material kayu. Jika Pins mengutamakan keamanan dalam membuat garasi, mungkin desain yang satu ini sangat cocok untuk diterapan pada rumah minimalismu. Kamu bisa menggunakan pintu garasi model geser, lipat hingga garasi dengan dua pintu seperti pada contoh di atas.

Desain Garasi Minimalis dengan Pagar Besi

desain garasi rumah minimalis
Source : Archify

Selain penggunaan pagar kayu, kamu juga bisa menggunakan pagar minimalis seperti pada gambar di atas. Kamu bisa menggunakan warna hitamuntuk kesan minimalis yang simpel. Jangan lupa tempatkan kanopi sebagai penghias sekaligus melindungi kendaraan milikmu dari cuaca yang tidak menentu.

Baca juga: Begini Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Rumah

Desain Garasi Minimalis Samping Rumah

Source : Pinterest

Selanjutnya ada model garasi mobil samping rumah. Model garasi yang satu ini juga cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia. Dengan model garasi ini, mobil akan lebih aman karena kamu bisa langsung memantaunya dari dalam rumah.

Desain Garasi Minimalis Industrial

desain garasi rumah minimalis
Source : totalspan

Desain rumah industrial memang kini sedang naik daun. Selain pada hunian, kamu bisa menemukan desain industrial pada bangunan lain seperti cafe dan masih banyak lagi. Begitupun dengan desain garasi minimalis industrial. Pins bisa membuat garasi minimalis berbahan kontainer seperti pada contoh di atas. Menarik sekali bukan?

Desain Garasi Minimalis di Atas Spetic Tank

Garasi di atas septic tank
Source : Unsplash

Garasi di atas septic tank merupakan suatu kondisi yang sering terjadi di perumahan dengan lahan terbatas. Setiap bangunan biasanya mempunyai septic tank sendiri di depan rumah. Area atas septic tank tersebut seringkali difungsikan untuk berbagai keperluan seperti, taman, kolam ikan, ruang tamu, hingga garasi mobil.

Masalahnya adalah ketika konstruksi septic tank tersebut tidak dipersiapkan sebelumnya untuk menahan beban mobil, maka kemungkinan besar terjadi keretakan lantai atau bahkan roboh. Oleh karenanya, Pins pelu mengetahui beberapa hal penting yang harus diterapkan saat membangun garasi di atas septic tank.

Oleh karena itu bagi para pengusaha bangunan hendaknya selalu jujur dalam bekerja dan mengutamakan keamanan konsumen. Bagi para pemilik rumah juga perlu memperhatikan dengan teliti item pekerjaan tersebut, jika sebelumnya tidak tahu maka bersyukurlah karena mendapat informasi di halaman ini. Bagi yang mengalami situasi peletakan carport di atas septic tank maka bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Tips Membuat Garasi Mobil di Atas Septic Tank

Berikut ini adalah beberapa tips membangun garasi di atas septic tank yang perlu kamu ketahui:

  • Dinding dan penutup septic tank harus kuat, jika terbuat dari konstruksi beton maka harus dibuat dengan ketebalan minimal 15 cm dan dilengkapi dengan besi tulangan.
  • Keberadaan besi tulangan adalah wajib pada penutup septic tank yang terbuat dari beton, karena besi berfungsi untuk menahan gaya tarik sedangkan beton menahan gaya tekan. Jadi yang bertugas menahan lantai melengkung atau keretakan beton adalah besi tulangan.
  • Jika lantai garasi ada tanda-tanda retak maka hindari memarkir mobil di atasnya. Perbaiki dulu dengan melakukan pengecoran lantai.
  • Jika memungkinkan, sebaiknya memindahkan septic tank pada lokasi yang aman. Misalnya pada area taman untuk mengurangi resiko roboh.

Baca juga : 7 Pertimbangan Sebelum Membangun Garasi

Cara Membuat Desain Garasi Minimalis yang Aman

Source : Pinterest

Setelah mengetahui berbagai inspirasi desain garasi minimalis, kamu juga perlu mengetahui cara membuat garasi tetap aman dan nyaman. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menciptakan desain garasi mobil minimalis yang aman, di antaranya:

Tentukan Posisi Garasi

Posisi garasi bisa diatur sesuai kondisi rumah. Beberapa orang membangun garasi di depan rumah dan beberapa membangunnya di pinggir rumah, semua kembali pada selera masing-masing. Jika masih ada lahan di samping rumah bisa dibangun garasi agar tampilan rumah depan tidak terganggu dengan adanya garasi.

Tentukan Ukuran Garasi

Karena konsep yang dipakai adalah minimalis, maka tidak diperlukan lahan yang terlalu luas untuk membangun garasi. Cara menentukan ukuran garasi mobil yang ideal bisa disesuaikan dengan kendaraan yang dimiliki. Namun pastikan agar tidak membuatnya terlalu sempit agar kendaraan masih bisa bergerak bebas.

Tentukan Desain Garasi

Desain garasi bisa disesuaikan dengan lahan serta selera pemilik rumah. Jika tidak ada cukup lahan untuk membuat garasi lengkap dengan rolling door maka bisa dibuat garasi model carport yang ridak memiliki ruang khusus namun dipasangkan kanopi untuk melindungi kendaraan dari hujan atau sinar matahari.

Tentukan Model Pintu Garasi

Pintu garasi terbuat dari material yang bervariasi. Ada yang terbuat dari kayu ataupun besi. Untuk menciptakan kesan klasik yang elegan bisa digunakan pintu kayu. Namun, untuk menambahkan kesan futuristik dan modern bisa digunakan pintu besi. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Meskipun fungsi garasi untuk menempatkan kendaraan dengan aman, bukan berarti nilai estetika pada garasi harus dihilangkan. Model garasi mobil minimalis tetap harus terlihat indah agar bisa mengimbangi desain rumah minimalis yang ada. Sehingga keberadaan garasi bisa menambah keindahan bukan merusaknya.

Jika sulit untuk membuat garasi, Pins juga bisa membuat garasi semi carport untuk melindungi kendaraan. Itulah beberapa tips untuk menciptakan desain garasi rumah minimalis untuk rumah yang tidak memiliki space yang cukup luas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download