Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Agar Kokoh dan Aman

Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Agar Kokoh dan Aman

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Jenis pondasi untuk rumah 2 lantai memang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tanah dan kebutuhan. Membangun rumah yang kuat perlu didukung oleh pondasi yang bagus. Sehingga dapat bekerja secara baik sebagai penahan beban bangunan diatasnya. Kesalahan dalam memilih jenis dan ukuran pondasi akan berakibat fatal dimulai dari hal kecil seperti, dinding rumah retak sampai keruntuhan bangunan. Oleh karena itu perlu ketepatan dalam memilih pondasi untuk rumah.

Selain itu ada aspek lain yang perlu diperhatikan seperti penghematan biaya bangun rumah. Bisa jadi ukuran pondasi yang kita pilih sudah sangat kuat untuk menahan beban bangunan. Namun adakalanya setelah diteliti ternyata ukuran tersebut terlalu berlebihan sehingga menimbulkan biaya yang seharusnya dapat lebih hemat. 

Hal yang Mempengaruhi Pemilihan Jenis pondasi rumah 2 lantai

Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai

  1. Jenis tanah dan kepadatanya, pada tanah keras akan membutuhkan pondasi dengan ukuran kecil sedangkan untuk tanah lunak perlu dipilih jenis pondasi yang aman seperti cakar ayam.
  2. Bentuk arsitektur rumah, bentuk bangunan yang aneh-aneh bisa jadi menggunakan material berat sehingga total beban bangunan menjadi tinggi, oleh karena itu perlu ditentukan jenis dan ukuran pondasi yang sanggup menopangnya.
  3. Rencana masa ketahanan rumah, jika bangunan direncanakan akan berdiri selama sekian ratus tahun maka pondasinya juga harus awet seperti tidak mengalami keropos, lapuk dan sejenisnya. sedangkan untuk rumah dengan rencana jangka waktu pakai pendek juga akan terlalu boros jika menggunakan pondasi yang bagus.
  4. Dan berbagai kondisi lainya yang mempengaruhi dalam hal pemilihan jenis dan ukuran pondasi.

Jenis pondasi Rumah lantai 2

Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai

Berbagai macam jenis pondasi rumah 2 lantai dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, berikut ini beberapa alternatif yang dapat diaplikasikan dalam digunakan agae mendukung kekokohan rumah 2 lantai.

  • Pondasi batu kali
  • Pondasi foot plat
  • Gabungan pondasi batu kali dan foot plat pada titik kolom struktur utama.
  • Pondasi cakar ayam.
  • Jenis Pondasi plat menerus.
  • Pondasi bor pile yang dihubungkan dengan pile cap.

Contoh gambar Jenis pondasi rumah 1 lantai

Gambar tersebut dapat digunakan pada struktur rumah 1 lantai, sedangkan pada rumah 2 lantai dapat ditambahkan foot plat dengan dimensi minimal 1 m x 1 m tebal 20 cm. Pondasi foot plat diletakan pada titik-titik kolom utama, atau bisa disebut juga sebagai cakar ayam. 


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel