BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Dijamin Kokoh dan Aman!
0
0

8 Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai Dijamin Kokoh dan Aman!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 15, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
Pondasi Rumah 2 Lantaitop-right-banner

Selain desain yang indah, kekokohan jenis pondasi untuk rumah 2 lantai juga perlu diperhatikan Pins! Ketika kamu akan membangun rumah 2 lantai, hal utama yang perlu diperhatikan adalah aspek keamanan bangunan serta terjaminnya kekokohan pondasi yang digunakan.

Saat ini terdapat banyak sekali jenis pondasi untuk rumah 2 lantai yang bisa Pins gunakan sesuai kebutuhan. Dengan KPR rumah Pins bisa menemukan mewujudkan hunian segera di lokasi strategis seperti dekat SMAN 1 Semarang, rumah bekas di Kota Bogor seperti Avoria Estate.

Pemilihan pondasi rumah bisa ditentukan berdasarkan beberapa kondisi mulai dari kepadatan tanah, arsitektur rumah, dan lain sebagainya. Selain memilih berdasarkan kebutuhan, Pins juga bisa menggunakan jasa kontraktor rumah untuk menjamin pilihan yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi jenis pondasi untuk rumah 2 lantai selengkapnya!

Hal yang Mempengaruhi Jenis Pondasi Rumah 2 Lantai

Pondasi Rumah 2 Lantai
Source : iStockphoto

Pins tentunya dapat memilih berbagai jenis pondasi yang biasa digunakan untuk rumah 2 lantai saat ini. Tetapi, pemilihan pondasi rumah 2 lantai juga perlu disertai beberapa pertimbangan.

Mengingat, kekokohan bangunan akan bergantung pada ukuran pondasi dan bahan yang digunakan. Berikut beberapa hal yang akan memengaruhinya:

  • Jenis tanah dan kepadatanya, pada tanah keras akan membutuhkan pondasi dengan ukuran kecil sedangkan untuk tanah lunak perlu dipilih jenis pondasi yang aman seperti struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai.
  • Bentuk arsitektur desain rumah, bentuk bangunan yang unik bisa jadi menggunakan material berat sehingga total beban bangunan menjadi tinggi, oleh karena itu perlu ditentukan jenis dan ukuran pondasi yang sanggup menopangnya.
  • Rencana masa ketahanan rumah, jika bangunan direncanakan akan berdiri selama sekian ratus tahun maka pondasinya juga harus awet seperti tidak mengalami keropos, lapuk dan sejenisnya.

Baca juga: Rekomendasi Toko Bahan Bangunan Terlengkap di Jabodetabek

Jenis Pondasi Untuk Rumah 2 Lantai

Terdapat berbagai jenis pondasi untuk rumah 2 lantai yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari cakar ayam, bore piled, tiang pancang dan lain sebagainya. Berikut jenis rekomendasi pondasi yang bisa Pins gunakan!

1. Pondasi Tapak

Pondasi Rumah 2 Lantai
Source : Eticon Rekayasa Teknik

Pondasi tapak adalah salah satu jenis pondasi untuk rumah 2 lantai yang sering digunakan saat ini. Umumnya, pemasangan pondasi tapak dibuat di kedalaman 50 cm sampai dengan 2 meter dari permukaan tanah.

Hal ini dilakukan untuk menjamin kekokohan bangunan nantinya. Namun, jika lapisan tanah yang digunakan tingkat kekerasannya berada lebih dari kedalaman 2 meter, biasanya akan membutuhkan tambahan pondasi Strauss Pile.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan

2. Pondasi Strauss Pile

Pondasi Rumah 2 Lantai
Source : Pinterest

Selanjutnya ada pondasi Strauss Pile, merupakan salah satu jenis pondasi yang kokoh untuk bangunan rumah 2 lantai atau lebih. Selain itu, pondasi ini dibuat dengan bertumpu ke dalam tanah dan terbukti kokoh untuk menahan beban bangunan di atasnya.

Pins juga tidak akan membutuhkan biaya yang mahal untuk pembuatannya, serta lebih efisien dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya. Pondasi ini juga digunakan untuk membangun tiang pancang gedung bertingkat.

3. Pondasi Batu kali

Pondasi Rumah 2 Lantai
Source : Asiacon

Desain rumah yang kekinian akan lebih nyaman ditempati jika Pins memilih jenis pondasi yang tepat. Kamu juga ternyata bisa lho Pins memilih jenis pondasi batu kali untuk hunian dengan 2 lantai.

Jenis pondasi yang satu ini sering digunakan pada bangunan dengan kondisi tanah yang cukup baik. Untuk kedalamannya biasanya antara 60 sampai dengan 80 cm.

Sedangkan untuk kebutuhan bahan bangunan untuk membangun rumah terutama pondasi ini adalah batu kali, pasir, serta semen. Namun, perlu dicampur dengan jenis pondasi dangkal agar lebih kokoh.

4. Pondasi Cakar Ayam

Source : Builder.id

Pins mungkin sangat sering mendengar jenis pondasi cakar ayam yang satu ini. Poncasi cakar ayam merupakan salah satu jenis pondasi yang sangat kokoh dan biasa digunakan pada bangunan bertingkat.

Jika Pins merasa khawatir akan kekokohan bangunan agar tahan terhadap guncangan seperti gempa, cakar ayam bisa menjadi solusi terbaik. Jenis pondasi yang satu ini bisa Pins gunakan pada rumah dengan kondisi tanah yang labil.

Selain itu, pondasi cakar ayam lebih efisien untuk kebutuhan material bangunan dan pembuatannya yang singkat, cocok digunakan untuk kamu yang perlu menghemat biaya membangun rumah.

5. Pondasi Tiang Pancang

Source : Asiacon

Ukuran pondasi rumah 2 lantai yang berbeda-beda mungkin membuat Pins sedikit bingung harus memilih yang mana. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi tanah pada bangunan untuk menjamin kekokohan bangunan.

Pondasi tiang pancang juga bisa dijadikan solusi terbaik untuk membuat rumah yang kokoh. Tiang pancang adalah salah satu jenis pondasi yang dapat membagi tekanan gravitasi secara merata pada tanah agar lebih kuat dan kokoh.

Pondasi ini juga berbentuk seperti kolom yang terbuat dari semen ataupun baja. Material tersebut tentu sudah terjamin untuk dapat menjaga kekokohan bangunan.

6. Pondasi Tiang Franki

Source : Area Teknik Sipil

Tiang Franki juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk Pins yang ingin memiliki rumah tumbuh atau hunian jangka panjang yang kokoh. Jenis pondasi ini dicor tepat di tempat pengerjaan, pada bagian ujung bawahnya diperbesar agar memiliki daya dukung tiang yang besar.

Selain itu, pondasi ini juga menggabungkan kekokohan dari tiang bor dan tiang pancang. Alhasil, dapat dimanfaatkan secara maksimal pada kekuatannya dan pembuatannya yang relatif ekonomis.

7. Pondasi Tiang Injeksi

Source : Area Teknik Sipil

Sebenarnya, jenis pondasi ini digunakan sebagai tambahan saja untuk mencegah adanya kebocoran pada suatu bangunan. Umumnya digunakan pada bangunan dengan kerentanan kebocoran beton yang bisa diatasi dengan cepat dan efektif.

Nantinya, injeksi hidrolik akan dimasukkan ke bagian pondasi agar lebih kokoh. Fleksibilitas serta kekuatannya sangat efektif untuk menahan pergerakan pada bangunan.

Baca juga: 12 Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Agar Terlihat Luas

8. Pondasi Bored Pile

Source : Arsitur Studio

Jenis pondasi yang terakhir dan sering digunakan pada bangunan 2 lantai adalah Bored Pile. Jenis pondasi ini menggunakan teknik dengan memanfaatkan bantuan mesin bor, yaitu mengeruk tanah hingga kedalaman tertentu kemudian diisi menggunakan tulang besi dan cor beton.

Pondasi yang satu ini sering digunakan pada area yang sempit, serta sisi lain bangunan yang telah terhimpit oleh bangunan lainnya. Cocok digunakan jika Pins berkeinginan untuk membangun rumah dan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa jenis pondasi untuk rumah 2 lantai yang bisa Pins jadikan sebagai pilihan terbaik untuk menjamin kekokohan bangunan. Meskipun ukuran pondasi rumah 2 lantai berbeda-beda, kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi tanah serta kebutuhan. Selamat mencoba!

Featured image source: iStockphoto


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cahyya Residence Ngemplak dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download