BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Desain Rumah Split Level Hemat Lahan Terbaru 2023
0
0

5 Desain Rumah Split Level Hemat Lahan Terbaru 2023

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah split leveltop-right-banner

Dalam merancang sebuah bangunan rumah, Pins memerlukan perencanaan matang serta konsep yang cocok sesuai dengan luas bangunan tersebut. Pins harus bisa memaksimalkan setiap sudut pada bangunan rumah walaupun memiliki luas bangunan yang terbatas. Salah satu solusi yang dapat Pins coba untuk memaksimalkannya adalah dengan menerapkan model desain rumah split level. 

Namun, sebelum menginginkan hunian idaman dengan konsep ini, Pins perlu mengenal konsep rumah split lebih jauh. Pahami apa itu rumah split level, seperti apa konsep rumah ini, kelebihan dan kekurangannya, serta inspirasi desain split level yang dapat Pins jadikan pilihan dalam membangun rumah.

Baca juga: 15 Desain Carport Minimalis untuk Hunian Masa Kini 2022

Mengenal Rumah Split Level

desain rumah split level
(Pinterest)

Rumah split level merupakan sebuah gaya rancangan rumah dimana tiap lantai saling terhubung secara tergantung. Konsep rumah ini dapat dikatakan sebagai teknik menciptakan ruangan baru dengan cara mengakali ketinggian lantai. Dengan desain ini, rumah dapat berkesan seperti ada dua lantai dalam satu ruangan. Pada model rumah seperti ini umumnya terdapat beberapa tangga pendek yang berfungsi menyambungkan dua lantai tersebut.

Desain rumah split level mulanya dikenal saat banyak diterapkan pada abad 20 pertengahan, tepatnya dari Amerika Utara.Saat itu di negara tersebut ssebagian penduduk mulai mennguanakan konsep rumah desuain di banyak kota berkembang dengan dataran berkontur yang menggunakan konsep rumah ini. 

Baca juga: 30+ Desain Rumah Minimalis 2022 Favorit yang Bisa Menjadi Inspirasi

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Split level

(Pinterest)

Pins, sebelum merancang rumah menjadi rumah split level, ada baiknya Pins mengetaui terlebih dahulu apa saja keunggulan model rumah seperti ini dan apa saja kekurangan yang dimilikinya. Berikut ini Pinhome rangkum informasinya untuk Pins.

Kelebihan Rumah Split Level

Rancangan rumah split level merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi rumah sempit. Oleh karena itu, kelebihan split level yang pertama ialah membuat Pins lebih leluasa dalam mendesain interior rumah. Pins dapat menata rumah ini sehingga ruangan terlihat lebih efisien dan rapih.

Selain itu, desain ini juga memberikan kesan terbuka pada ruangan rumah yang sempit. Ini karena tidak diperlukan banyak menggunakan sekat antar ruangan. Dengan kesan terbuka tersebut, konsep rumah ini membuat sirkulasi udara lebih baik. Dengan menggunakan tangga untuk menjadikan tingkat pada rumah juga Pins telah memberikan akses yang baik untuk udara dan sinar matahari untuk masuk. 

Rumah split level dapat pula memberikan Pins ekstra tambahan ruang pada rumah sehingga dapat dijadikan untuk lahan berkreasi. Pins dapat menjadikannya sebagai ruang bersantai atau ruang tamu. Terakhir, kelebihan rumah split level adalah sebagai solusi bagi Pins yang memiliki rumah dengan kontur lahan tidak rata. 

Kekurangan Rumah Split Level

Di antara banyaknya kelebihan yang dimiliki rumah ini, terdapat pula kekurangan pada desain rumah split level. Umumnya, Pins harus dapat menentukan terlebih dahulu rancangan konstruksi yang cukup rumit dibandingkan konsep rumah minimalis biasa. Selain itu, Pins harus bisa hatihati di dalam rumah kerena terdapat ketinggian yang berbeda.

Selain itu, Pins perlu memperhatikan ketinggian bangunan rumah dengan sangat cermat. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak membuat langit-langit rumah terasa rendah dan lebih sempit. 

Inspirasi Desain Rumah Split Level

Rupanya rumah dengan desain split level harus dirancang dengan tepat supaya ruang-ruang di dalam rumah bisa terbagi efisien. Lalu bagaimana saja desain yang bisa Pins jadikan inspirasi? Berikut Pinhome rangkum beberapa inspirasi desain split level yang dapat Pins jadikan referensi saat membangun hunian. 

Rumah Split Level 1.5 Lantai

desain rumah split level
Source : Pinterest

Penerapan desain split level pada hunian juga biasanya terdapat pada hunian dengan luas lahan 6×10. Angka tersebut tentunya angka yang kecil untuk ukuran sebuah rumah. Namun dengan desain rumah split level 1.5 lantai ini dapat Pins jadikan solusi dalam mengatasi keterbatasan luas bangunan rumah. 

Dalam mengaplikasikannya, Pins dapat menggunakan dua buah tangga yang difungsikan sebagai penghubung antar dua lantai. Lantai kedua tersebut sengaja dibangun setengah dari luas bangunan agar dapat menghemat ruang pada rumah. Untuk tangga yang kuat, Pins juga bisa menggunakan tangga dengan material kayu yang juga dapat menambah kesan minimalis. 

Desain Split Level ala Jepang

desain rumah split level
Source : Pinterest

Desain rumah dengan ala Jepang umumnya menonjolkan efisiensi penggunaan ruang pada rumah. Karakteristik utama dari desain ala Jepang adalah penggunaan elemen kayu sebagai komponen utama pada rumah. Mulai dari lantai, pintu plafon, hingga tangga penghubung antar lantai. Untuk mengatasi ruangan yang sempit, Pins dapat menggunakan jendela yang cukup besar agar mendapatkan kesan yang luas dan juga sebagai akses sirkulasi udara yang baik. 

Baca juga: Menciptakan Sebuah Rumah Idaman dengan Desain Rumah Murah

Desain Split Level Mewah dan Modern

desain rumah split level
(Pinterest)

Memiliki luas bangunan rumah yang terbatas tentunya tidak membatasi kreasi Pins dalam memimpikan rumah yang mewah dan modern. Untuk meperindah rumah dengan lahan terbatas, Pins dapat juga menerapkan gaya modern dan mewah juga sangat mungkin dipadukan dengan konsep split level. Pins dapat menggunakan tangga dengan material besi dan daun tangga dengan kaca yang sangat fancy

Desain Split Level Minimalis

desain rumah split level
Source : Pinterest

Pins dapat mengusung konsep minimalis pada rumah split level dengan cukup memberi satu ruang tambahan di antara lantai 1 dan 2. Dengan tidak membuat banyak sekat, Pins berarti telah membuat ruang terkesan luas.  Ruang tambahan itu nantinya dapat Pins manfaatkan sebagai tempat bersantai untuk keluarga.

Untuk di dalam ruangan Pins dapat memilih warna lantai cerah agar kesan luas yang diberikan semakin terasa. Jangan lupa, isi ruangan dengan interior yang minimalis supaya rumah tidak terkesan terlau ramai.

Baca juga: 15 Pilihan Desain Atap Rumah 2 Lantai Minimalis Tapi Tetap Hits

Desain Split Rumah Kecil

Source : Pinterest

Ruang-ruang yang sempit di rumah Pins dapat disulap menjadi ruang yang efisien namun tetap tampil cantik dengan model desain seperti ini. Salah satu cara memperindah rumah dengan cocok untuk ukuran rumah mungil adalah dengan membuat tanggal minimalis ke ruang sekat yang ada.

Selain itu, Pins dapat menambah kesan hangat dengan menggunakan lantai dan tangga yang terbuat dari kayu. Bukan hanya terkesan cozy, dengan desain ini rumah Pins menjadi terasa lebih natural.

Itulah informasi seputar desain rumah split level untuk solusi rumah Pins supaya tetap tampil apik. Semoga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan, serta beberapa inspirasi desain rumah ini yang dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Pins.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bukit Tirta Nirmala dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download