Pinhome

Faktor Penentu Harga Rumah Lebih Mahal

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 15 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Faktor penentu harga rumah lebih mahal ternyata tidak selalu besar ukuran rumah dan kemegahan yang dimilikinya. Namun, berbagai macam faktor dapat menjadi penyebab adanya variasi nilai jual rumah.

Di sini kta coba ungkap daftar hal-hal yang mungkin bisa menjadi nilai tambah maupun mengurangi penilaian harga sebuah rumah. Sebuah rumah yang besar, namun lokasinya berada dipelosok yang sulit terjangkau kendaraan tentu tidak akan menarik pembeli.

Baca Juga: Ciri-Ciri Rumah Yang Tidak Disukai Malaikat

Sehingga harga jualnya pun juga akan lebih murah. Begitupun sebaliknya, rumah kecil yang terletak dipusat perkotaan tentu akan lebih mahal karena mudah menjangkau berbagai tempat seperti shopping center, pusat bisnis dan perkantoran, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, masih ada banyak faktor penentu harga rumah lainnya seperti fasilitas perumahan, infrastruktur bangunan, dan masih banyak lagi. Untuk info lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Gampang Banget! Ini Cara Mudah Cari Harga Rumah Murah

Faktor Penentu Harga Rumah

faktor penentu harga rumah

Fasilitas Umum

Rumah yang berada di dekat fasilitas umum seringkali mempunyai harga yang lebih tinggi misalnya dekat dengan tempat ibadah, berada disamping sekolah, dekat rumah sakit dan sebagainya.

Lokasi Strategis

Lokasi rumah yang strategis juga dapat memberikan nilai tambah harga jual rumah, rumah sudut atau hook lebih banyak dicari karena dari segi keindahan arsitektur bisa dibuat dua arah hadap yang bagus.

Baca juga: Intip yuk, Kisaran Harga Rumah di Jakarta dan Sekitarnya!

Nilai Bangunan

Nilai bangunan juga sangat mempengaruhi harga jual rumah yang tinggi. Ada beberapa bangunan yang mempunyai nilai sejarah penting sehingga membuat nilainya menjadi mahal. Selain itu rumah bekas orang terkenal juga memiliki harga jual yang lebih mahal.

Baca juga: 22 Hal Menarik Tentang Isi Rumah Bill Gates

Arsitektur Rumah

faktor penentu harga rumah
(Shutterstock)

Bentuk arsitektur rumah yang indah dan menarik juga turut menarik minat pembeli, sehingga seorang penjual bisa menawarkanya dengan harga yang lebih tinggi.

Lingkungan Rumah

Kondisi lingkungan yang segar dan menyenangkan tentu bisa memberikan nilai tambah harga jual rumah. Rumah terletak pada lokasi yang bebas dari bencana alam seperti banjir, sunami, gempa bumi dan sejenisnya. Selain itu rumah yang terletak di perkotaan juha seringkali memiliki harga yang lebih mahal daripada di desa.

Baca juga: Harga Rumah Tipe 21, 36, dan 45 di Perumahan

Rumah Tepi Jalan

Rumah yang berada pada pinggir jalan ramai akan lebih mahal karena mempunyai potensi besar sebagai tempat usaha dikemudian hari entah itu sebagai toko, ruko maupun kantor bisnis.

Pencahayaan Rumah

faktor penentu harga rumah

Arah hadap rumah juga seringkali diperhatikan oleh calon pembeli, misalnya rumah hadap timur akan lebih menarik karena bisa mendapatkan sinar matahari pagi dan tidak terasa panas disiang hari.

Baca juga: Korelasi Pencahayaan Rumah Beserta Emosi Penghuninya

Begitulah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi faktor penentu harga rumah mahal. Apakah rumahmu termasuk didalamnya? Jika iya, maka selamat telah memiliki rumah dengan harga jual yang tinggi ya, Pins!

Baca juga: Perumahan dekat gerbang jalan Tol


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel