Pinhome

Inspirasi Desain Rumah Kekinian 2022 dan Biayanya

Dipublikasikan oleh Mustika ∙ 3 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Membuat desain rumah bukan perkara mudah. Selain harus sesuai dengan prinsip-prinsip arsitektur, desain sebuah rumah juga harus disesuaikan dengan penghuninya.

Yang paling utama, desain sebuah rumah haruslah sesuai dengan kebutuhan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Yang tak kalah penting, desain hunian juga perlu disesuaikan dengan selera pemiliknya.

Bagaimanapun, desain sebuah rumah mencerminkan penghuninya. Nah, buat kamu yang sedang berencana membeli atau membangun rumah, berikut inspirasi desain rumah 2022 beserta biayanya.

Contoh Desain Rumah 2022

Bingung menentukan desain hunian yang cocok? Yuk, intip contoh desain rumah yang trending di tahun 2022 ini:

Rumah Minimalis

(Pinterest)

Hunian dengan desain minimalis masih saja populer dewasa ini. Tak bisa dimungkiri, desain minimalis memang yang paling cocok, mengingat harga properti makin melonjak tiap tahunnya.

Desain minimalis adalah solusi bagi keluarga muda yang ingin memiliki hunian dengan lahan terbatas. Bukan cuma desain bangunannya, interiornya pun disesuaikan dengan gaya minimalis. Mulai dari pemilihan furnitur yang multifungsi hingga ornamen seperlunya dengan warna-warna earth tone yang kalem.

Elemen Hijau

(Pinterest)

Tren desain rumah 2022 juga menambahkan ruang hijau di hunian modern. Dinamika kehidupan kota yang serba sibuk membuat orang-orang merindukan pemandangan hijau yang menenangkan.

Karenanya, kini tren menambahkan house plant di dalam rumah menjadi kian populer. Selain mendekorasi ruangan, tanaman hias ini juga berguna untuk mengurangi racun di udara, lho.

Rumah Tumbuh untuk Pasangan Muda

(Pinterest)

Rumah tumbuh juga termasuk populer di tahun 2022 ini. Pada prinsipnya, rumah tumbuh adalah sebuah hunian yang dibuat kecil sesuai dengan jumlah penghuninya. Kelak, pemilik rumah dapat diperluas dengan menambahkan ruang-ruang baru di kemudian hari.

Rumah tumbuh sangat cocok untuk pasangan muda. Seiring bertambahnya anggota keluarga, mereka bisa memperluas bangunan rumah dan menambahkan ruang-ruang baru.

Dilengkapi Home Office

(Pinterest)

Pandemi covid yang berlangsung sejak 2020 memaksa kita mengubah tatanan kehidupan. Jika tadinya harus bekerja di kantor, saat pandemi banyak yang WFH atau Work From Home.

Ke depannya, tren bekerja dari rumah secara online ini diprediksi akan terus berlanjut meski tidak seintens seperti saat pandemi. Karenanya, tren desain rumah 2022 pun menambahkan home office untuk mengakomodasi kebutuhan ini.

Tanpa Sekat

(Pinterest)

Sejalan dengan tren desain rumah minimalis 2022, ruang interior pun ditata sedemikian rupa agar terlihat lapang. Salah satunya yaitu dengan menghilangkan sekat.

Contoh desain hunian tanpa sekat yang paling populer yaitu konsep open space kitchen yang menyatukan ruang dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Konsekuensi desain semacam ini adalah penghuni rumah harus rajin membersihkan rumah dan menjaga agar rumah selalu rapi.

Jendela Lebar

(Pinterest)

Inspirasi desain hunian 2022 juga banyak mengusung jendela lebar. Bukan tanpa alasan, jendela lebar ternyata bisa menambah kesan luas.

Di samping itu, jendela lebar juga memberikan pencahayaan alami yang memadai. Bahkan, penghuni rumah juga bisa merasakan sirkulasi udara yang lebih baik dan tidak pengap.

Home Appliances Canggih

(Pinterest)

Pins tentunya tidak asing lagi dengan kemajuan teknologi yang menghadirkan alat-alat canggih untuk keperluan rumah tangga. Termasuk juga teknologi berbasis artificial intelligence yang diterapkan pada smart home.

Teknologi ini memungkinkan peralatan elektronik di rumah untuk diintegrasikan dan dikontrol melalui smartphone. Owner juga bisa memberikan instruksi lewat perintah suara, lho.

Tips Desain Rumah 2022

Ada begitu banyak aspek yang perlu dipertimbangkan saat hendak membangun rumah. Mulai dari persiapan biaya, pemilihan material, dan pembuatan desain.

Jika Pins ingin membuat desain sendiri, tentu boleh saja. Akan tetapi, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, di antaranya:

Tentukan Ruangan Apa Saja yang Diperlukan

Hal pertama yang harus Pins lakukan adalah menentukan ruangan apa saja yang perlu ada di rumah. Tentunya ruang-ruang ini harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap penghuni rumah.

Yang utama, tentukan berapa banyak ruang privasi seperti kamar tidur dan kamar mandi. Selanjutnya, pikirkan juga ukuran ruangan bersama, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur.

Tak lupa, Pins juga perlu menentukan ruang penyimpanan seperti gudang dan garasi. Tambahkan juga ruang terbuka di teras depan, halaman belakang rumah, balkon, ataupun rooftop.

Buat Rancangan Tata Letak Ruangan

Membuat rancangan tata letak ruangan adalah proses yang paling memusingkan. Kamu harus pandai-pandai mengatur tata letak ruangan di lahan yang tersedia.

Saat mengatur tata letak ruangan, pastikan Pins mempertimbangkan aspek eksternal seperti sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Jika rumah dibangun di dekat jalan raya, Pins juga perlu memperhatikan agar polusi udara dan kebisingan dapat diminimalkan.

Cari Referensi Desain Rumah

Mendesain rumah yang sempurna memang bukan pekerjaan mudah. Akan tetapi, kini telah tersedia banyak referensi desain rumah yang bisa diakses dengan mudah di internet.

Maka, jangan malas dan banyak-banyaklah melihat inspirasi rancangan rumah. Pins juga bisa memanfaatkan aplikasi desain rumah untuk mempermudah pembuatan rancangan tata letak ruangan.

Hitung Anggaran Pembangunan Rumah

Tak bisa dimungkiri, membangun sebuah rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya ini meliputi biaya pembelian tanah, material bangunan, ongkos tukang, serta pembelian furnitur.

Pins juga mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa kontraktor serta pengurusan dokumen surat serta perizinan.

Biaya Desain Rumah

Kalau membuat desain sendiri dirasa terlalu rumit, Pins bisa memanfaatkan jasa arsitek untuk mendesain rumah. Umumnya biaya jasa desain hunian dihitung dengan tarif per meter. Kisaran tarifnya antara 150-800 ribu per meter persegi.

Menggunakan jasa arsitek untuk desain rumah memberikan beberapa keuntungan tersendiri. Yang pertama, Pins tidak perlu repot mendesain sendiri. Hasil desainnya pun dibuat sesuai bujet dan keinginan Pins sendiri. Yang paling utama, desain buatan arsitek dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip arsitektur, bukan hanya asal jadi.

Demikian informasi mengenai contoh desain rumah trending 2022 beserta tips dan kisaran biaya jasa desain rumah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia