Pinhome

Uncategorized

Peraturan Melakukan Renovasi Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah merupakan tempat tinggal yang nyaman untuk semua anggota keluarga. Pembangunan rumah juga harus dilakukan dengan baik sesuai dengan keinginan penghuninnya, agar yang tinggal dirumah tersebut merasa nyaman berada di rumah. Tetapi jika rumah sudah mulai rusak dan kotor, perlu dilakukan renovasi untuk memperbaiki bagian rumah yang kurang sempurna. Renovasi rumah banyak dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan agar rumah terlihat bagus dan seperti baru lagi.

Banyak orang yang rela menghabiskan banyak biaya untuk membuat rumahnya menjadi seperti istana yang nyaman dan membuat penghuninya selalu betah di rumah. Namun renovasi rumah juga membutuhkan banyak aturan yang harus diterapkan. Adanya aktivitas dalam melakukan renovasi rumah tentu akan memberikan dampak bagi para tetangga sekitar rumah, seperti bising dan banyaknya debu bangunan. Nah, berikut peraturan yang harus dilakukan jika ingin merenovasi rumah, diantaranya :

Sampaikan Rencana Renovasi

Jika Anda ingin melakukan renovasi rumah, sebaiknya sampaikan rencana tersebut kepada tetangga terdekat Anda. Hal tersebut dilakukan agar para tetangga memaklumi apabila dalam proses renovasi akan timbul suara bising dari peralatan pertukangan yang digunakan dalam merenovasi rumah.

Beri Aturan kepada Tukang Bangunan

Sebelum melakukan renovasi, ada baiknya untuk memberikan beberapa peraturan kepada tukang yang akan merenovasi rumah. Aturan tersebut dapat berupa, selalu membersihkan jalanan yang ada di rumah apabila masih ada pasir, tidak membuang sampah diluar area rumah, selalu merapikan bahan bangunan yang digunakan. Jika tukang Anda perokok, sebaiknya beritahu dari awal jika ingin merokok sebaiknya di luar kompleks perumahan agar asap rokok tidak mengganggu tetangga Anda.

Pastikan Adanya Pembatas Rumah

Aturan selanjutnya yaitu memastikan adanya pembatas antara rumah Anda dengan rumah tetangga. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi debu atau kotoran dari renovasi rumah Anda memasuki rumah tetangga. Jika pembatas rumah Anda dengan tetangga hanya berupa dinding yang tidak terlalu tinggi, sebaiknya tambahkanlah pagar di atas dinding tersebut, agar debu dari semen atau pasir tidak mengganggu tetangga Anda.

Bersedia Bertanggung Jawab

Apabila saat Anda melakukan renovasi rumah mengakibatkan jalanan disekitar rumah Anda rusak akibat dari material berat, pastikan Anda untuk bersedia bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Selain itu, jika tetangga Anda mengeluhkan rumahnya kotor akibat renovasi yang Anda lakukan, sebaiknya Anda juga harus siap untuk bertanggung jawab.

Buat Jam Kerja kepada Tukang Bangunan

Buatlah jam kerja kepada tukang bangunan dalam melakukan renovasi rumah Anda. Melakukan renovasi rumah sebaiknya dilakukan pada siang hari sampai sore hari, karena jika renovasi dilakukan sampai malam akan mengganggu istirahat tetangga Anda di rumahnya.

Agar renovasi rumah dapat berjalan dengan lancar dan tidak mendapat banyak komplain dari para tetangga, sebaiknya ikutilah peraturan di atas. Jika peraturan di atasi dilakukan dengan baik, maka tetangga Anda akan merasa nyaman dan renovasi rumah Anda dapat berjalan dengan lancar.

Tags :

Bagikan Artikel