BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Rumah Antik Sederhana dengan Sentuhan Modern
0
0

10 Desain Rumah Antik Sederhana dengan Sentuhan Modern

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 9, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah antik sederhana atau biasa disebut dengan rumah klasik memang kini mulai jarang ditemukan. Mayoritas masyarakat kini mengambil gaya desain rumah modern minimalis dalam hunian mengikuti perkembangan zaman.

Lahan yang kini terbatas dalam pembuatan hunian pun menjadi faktor utama dalam mengadaptasi tema hunian. Namun, bagi Pins yang senang dengan desain rumah antik, ada beberapa contoh rumah yang bisa Pins adaptasi.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Model Pagar Kayu yang Unik dan Kekinian

Desain Rumah Antik Sederhana

Meskipun bergaya klasik, sebuah hunian tetap dapat terlihat modern lho Pins! Kamu bisa memadupadankan desain rumah antik sederhana dengan dekorasi minimalis maupun warna-warna monochrome kekinian. Bentuknya pun menarik dan tak terkesan monoton. Dikarenakan rumah klasik itu unik, hunian mu akan sangat berbeda dari rumah lainnya. Ini menjadi salah satu nilai tambah pada hunian.

Dari rumah nusantara sampai bergaya Eropa akan Pinhome sajikan sebagai referensi hunian. Langsung saja simak desain rumah antik klasik berikut ini.

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Klasik yang Nyaman dan Elegan

Mid-Century American House

rumah antik sederhana
Source : idesignarch

Perpaduan gaya scandinavian pada rumah bergaya klasik memang seperti sebuah pasangan, mereka akan melekat satu dengan lainnya. Rumah mid-century misalnya, bisa kamu buat bergaya scandinavian yang klasik.

Ciri khas utama terdapat pada dinding bangunan eksterior yang berupa garis panjang yang dapat dibuat dengan beberapa material, mulai dari kayu, besi, maupun beton sendiri. Atap rumah juga bisa kamu selaraskan dengan warna putih bersih untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Desain Teras Rumah Klasik Terbaru dan Kekinian

Desain Pilar Klasik

Source : free3d

Desain rumah antik modern selanjutnya bisa kamu temukan pada pengaplikasian pilar besar sebagai penopang teras depan rumah. Pilar-pilar besar memang tidak pernah tertinggal menjadi salah satu bagian dalam rumah mewah zaman dahulu. Walau rumahmu bergaya modern pun, kamu bisa menambahkan kesan klasik pada pilar tersebut seperti pada hunian di atas.

Adaptasi Arsitektur Belanda

Source : idesignarch

Ciri khas arsitektur Belanda memang terlihat cirinya di beberapa bangunan bersejarah Indonesia. Contohnya bisa Pins lihat pada museum fatahillah yang berada di Jakarta Barat. Bila Pins menyukainya, kamu bisa mengaplikasikan pada hunian yang modern. Kamu bisa menekankan pada bentuk bangunan maupun ornamen eksterior. Rumah antik sederhana milikmu akan tetap terlihat klasik sekaligus kekinian.

Baca juga: Warna Tepat Untuk Desain Rumah Klasik

Rumah Bentuk Leter U

rumah antik sederhana
Source : idesignarch

Rumah antik modern selanjutnya bisa kamu aplikasikan dalam bentuk leter U. Model rumah leter u memang kini mulai sedikit ditemukan dikarenakan keterbatasan tempat. Rumah klasik yang satu ini sering ditemukan di pedesaan atau pegunungan. Contohnya seperti resort pribadi milik Justin Bieber yang berada di Ontario, Canada di atas. Tetap terlihat kekinian bukan? 

Baca juga: Contoh Desain Rumah Modern Minimalis untuk Inspirasi Anda

Desain Rumah Panggung

Source : pinterest

Pengaplikasian desain rumah antik modern yang diadaptasi dari rumah adat memang memunculkan gaya tradisional pada rumah. Namun, bila Pins mengerti perpaduannya yang selaras, rumah panggungmu akan terlihat modern.

Rumah yang biasa berada di daerah Jambi ini memang cocok berada pada daerah pesisir pantai tetapi kamu pun dapat membuatnya di perkotaan. Membagi dua tema dalam satu rumah, dapat dilakukan seperti pada contoh hunian di atas. Modern klasik bukan?

Baca juga: Tips Desain Interior Rumah Klasik

Rumah Klasik Kontemporer

rumah antik sederhana
Source : idesignarch

Nah, ada lagi nih Pins! Rumah klasik kontemporer menarik yang dapat Pins contoh sebagai ide utama bangunan. Model jendela antik menjadi ciri utama dengan desain tanpa atap bangunan. Selain itu, rumah antik modern ini juga memiliki desain pagar pendek yang selalu ada pada desain rumah zaman dahulu. 

Rumah Modern Jawa

Source : pinterest

Rumah antik sederhana yang mengadaptasi desain rumah adat juga dapat Pins lakukan. Kamu dapat membuat atap yang menyerupai rumah adat joglo dengan ornamen khas jawa di dalamnya tetapi tetap terkesan modern. Desain gaya modern bisa kamu aplikasikan pada pewarnaan dinding rumah maupun pemakaian model jendela besar pada sebagian besar bagian rumah. 

Baca juga: Mengenal Ciri dan Macam-Macam Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Antik Sederhana Mediterania

rumah antik sederhana
Source : idesignarch

Ciri khas rumah bergaya mediterania terletak pada desain atap rumah yang berwarna coklat terakota. Kamu bisa memadupadankan desain modern kekinian dengan rumah klasik mediterania. Ukiran-ukiran besi yang terletak pada pagar rumah maupun teras rumah tetap kamu aplikasikan. Selain itu, bila hunian kamu mempunyai lahan yang lebih, kamu dapat menggunakannya untuk bagian taman.

Baca juga: Beberapa Tips Menarik Cara Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Rumah Melayu Modern

Source : rumah-murah

Untuk kamu yang suka dengan model rumah melayu, desain di atas bisa kamu jadikan contoh. Rumah antik modern khas melayu memiliki tangga untuk tempat keluar masuk ke rumah, selain itu desain basement dibuat layaknya rumah panggung, yang bisa digunakan sebagai tempat parkir mobil, maupun ruang tamu. Rumah dengan desain seperti ini, cocok ditempatkan di dataran tinggi yang sejuk.

Modern Country Home

rumah antik sederhana
Source : idesignarch

Mempunyai rumah dengan lahan luas dengan pemandangan indah memang impian hampir mayoritas masyarakat. Mengapa seperti itu? Rumah dengan lahan luas dengan pepohonan rindang menciptakan kenyaman sendiri untuk para penghuninya. Tidak terkecuali untuk rumah modern bergaya klasik.

Walau dengan lahan terbatas, kamu dapat membuat rumah country dengan desain industrial masa kini. Rumah seperti ini tetap terkesan klasik namun tetap cocok diaplikasikan pada zaman modern.

Itulah 10 desain rumah antik sederhana dengan sentuhan modern. Ternyata rumah-rumah klasik pun tidak kalah ya dengan rumah modern masa kini. Pins bisa memulainya dari ornamen kecil hingga bentuk keseluruhan arsitektur rumah. Jangan labil memilih ya Pins!

Baca juga:

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download