BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Referensi Desain Rumah Kayu Modern Ala Eropa
0
0

6 Referensi Desain Rumah Kayu Modern Ala Eropa

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah kayu modern Eropatop-right-banner

Tren hunian di masa sekarang semakin beragam. Tak hanya rumah bermaterial beton saja, masyarakat juga sudah mulai melirik rumah yang terbuat dari kayu. Salah satunya rumah kayu modern Eropa yang bisa menjadi pilihan hunian nyaman kamu.

Rumah kayu modern ala Eropa sangat cocok bagi kamu yang mengedepankan kesederhanaan. Meski demikian, desain yang disajikan dalam artikel ini tetap mengedepankan kesan mewah dan estetik. 

Jika tidak ingin ribet, kamu bisa memilih salah satu rumah di perumahan di Bekasi seperti Cluster Rosella dan Casa Alaia Residence. Buat kamu yang ingin tahu harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome. 

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Ala Villa Bali Yang Nyaman Dan Asri

Kelebihan Rumah Kayu

rumah kayu modern Eropa
Source : Pixabay

Sebelum membahas tentang desain, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan rumah kayu terlebih dulu. Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan membangun rumah dengan material apa. 

Rumah kayu modern memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menarik sebagai pilihan hunian. Berikut beberapa kelebihan tersebut. 

1. Hangat dan Alami

Kayu memberikan tampilan yang hangat dan alami pada rumah. Ini menciptakan atmosfer yang nyaman dan bersahaja di dalam rumah. Banyak orang menilai tampilan alami kayu yang memikat, yang seringkali sulit dicapai oleh bahan bangunan lain.

Tak dipungkiri, rumah kayu modern akan lebih cocok jika dibangun di area dataran tinggi atau pedesaan. Namun dengan desain yang tepat, konsep rumah ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri ketika di bangun di perkotaan. 

2. Isolasi Termal yang Baik

Kayu adalah isolator termal yang efisien. Ini berarti rumah kayu dapat mempertahankan suhu interior dengan baik, yang mengarah pada penghematan energi dan biaya pemanasan atau pendinginan yang lebih rendah. Ini sangat penting dalam iklim yang berubah-ubah.

3. Ramah Lingkungan

rumah kayu modern Eropa
Source : Pixabay

Kamu yang sangat memperhatikan kondisi lingkungan sangat cocok untuk membuat rumah kayu. Pasalnya, kayu adalah bahan bangunan yang ramah lingkungan jika dikelola dengan baik. Sehingga konsep ini cocok untuk kamu yang ingin punya rumah ramah lingkungan

Kayu yang diperoleh dari hutan berkelanjutan atau diproduksi secara berkelanjutan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah daripada beberapa bahan bangunan lainnya. Selain itu, kayu adalah bahan daur ulang dan dapat didaur ulang setelah pemakaian.

Namun, meskipun rumah kayu modern memiliki kelebihan ini, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan. Kayu cenderung rentan terhadap serangan hama, seperti rayap, dan memerlukan perawatan reguler untuk melindunginya. 

Selain itu, rumah kayu modern sering memerlukan biaya awal yang lebih tinggi dalam hal pembangunan dan pemeliharaan. Dalam lingkungan yang lembab, kayu juga mungkin memerlukan perlindungan tambahan dari cuaca.

Penting untuk berkonsultasi dengan profesional konstruksi atau arsitek yang berpengalaman dalam merencanakan dan membangun rumah kayu modern. Hal ini untuk memastikan rumah dibangun memenuhi kebutuhan dan standar tertentu.

Baca juga: Desain Rumah si Penggemar Kuliner

Desain Rumah Kayu Modern Eropa

Ada banyak pilihan desain untuk rumah kayu modern ala Eropa. Tentunya pemilihan desain harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter daerah tempat rumah ini dibangun. Berikut beberapa pilihan desain tersebut. 

1. Bergaya Klasik

rumah kayu modern Eropa
Source : Pinterest

Desain rumah ini bergaya Eropa klasik di masa lalu yang tampak sederhana tapi elegan. Fasad rumah didominasi warna alami kayu yaitu coklat. Selain itu rumah ini tidak memiliki teras sehingga langsung terhubung dengan pekarangan rumah. 

Jika dilihat dari arah depan, terdapat jendela berbentuk segitiga pada bagian atas pintu utama. Bisa disimpulkan bahwa konsep hunian ini adalah rumah lantai 1 setengah, dengan lantai atas difungsikan sebagai tambahan kamar atau ruang fungsional lain. 

2. Rumah Bernuansa Hijau

rumah kayu modern Eropa
Source : Pinterest

Berikutnya adalah konsep desain rumah bernuansa hijau. Rumah model ini sering ditemukan dalam film atau series Eropa yang menceritakan kehidupan di daerah pedesaan. Warna hijau tua yang kuat dalam rumah ini membuat kesan asri dan teduh semakin kuat. 

Gaya Eropa semakin terlihat dengan adanya jendela yang berada di atas pintu masuk dan cerobong asap pada bagian atap rumah. Nuansa Eropa akan semakin kuat jika rumah ini dibangun di tepi sungai dengan taman dan hamparan rumput di sekitarnya. 

3. Rumah Berwarna Terang

rumah kayu modern Eropa
Source : Pinterest

Desain rumah ini memanfaatkan warna terang yang mendominasi area depan rumah. Dengan pemilihan warna tersebut, rumah ini akan sangat terlihat gagah dan menarik perhatian siapa saja yang melintas. 

Seperti kebanyakan rumah bergaya Eropa, desain rumah ini juga tidak memiliki teras. Hanya terdapat beberapa anak tangga yang diapit dua tiang di sisi kanan dan kiri untuk mengarah ke pintu masuk. Bagian atap dibuat menjorok ke depan dengan bentuk lingkaran sebagai jendela. 

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

4. Rumah Berteras

rumah kayu modern Eropa
Source : Pinterest

Berikutnya adalah rumah kayu dengan konsep desain minimalis. Berbeda dengan rumah-rumah sebelumnya, rumah ini memiliki teras sepanjang fasad rumah dengan lebar sekitar 1,5-2 meter. 

Bagian atap rumah berbentuk segitiga, dengan dua jendela tepat di atas pintu masuk. Terdapat cerobong asap pada bagian atap layaknya rumah-rumah Eropa. Rumah ini dibuat lebih tinggi dari permukaan jalan sehingga harus menaiki beberapa anak tangga untuk masuk ke dalam. 

5. Industrial dengan Kaca

rumah kayu modern Eropa
Source : Pinterest

Konsep desain Industrial artinya adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Desain industrial juga bisa diterapkan pada rumah kayu bergaya Eropa. Seperti pada gambar, selain mengusung konsep industrial, rumah ini juga dikelilingi dinding kaca di bagian depan dan samping sehingga cahaya bebas masuk ke dalam rumah. 

6. Tangga di Luar

rumah kayu modern Eropa
Source : Pinterest

Konsep rumah ini mengusung desain 2 lantai dengan tangga di luar. Artinya, rumah dua lantai ini tidak memiliki tangga di dalam rumah dan akses untuk lantai atas harus melalui tangga yang ada di luar rumah. 

Gaya Eropa pada rumah ini terlihat dari jendela yang berada tepat di atas pintu utama. Sementara area balkon justru berada di samping, yaitu pada area yang terdapat tangga menuju lantai atas. 

Rumah kayu modern Eropa bisa menjadi pilihan rumah sederhana namun estetik. Namun kamu tetap perlu mempertimbangkan hal-hal lain, seperti sifat material kayu hingga kebutuhan hunian keluarga. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download