BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Desain Rumah Gaya Victorian Klasik
0
0

5 Tips Desain Rumah Gaya Victorian Klasik

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 22, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah gaya victoriantop-right-banner

Bagaimana tips desain rumah gaya victorian klasik yang benar? Di tengah trend rumah bergaya minimalis, desain rumah klasik ternyata masih banyak diminati. Tampilannya yang terkesan anggun dan elegan, membuat desain rumah klasik tampak semakin mewah dan eksklusif. Berbeda dengan rumah bergaya minimalis, desain rumah klasik biasanya dipenuhi dengan ornamen-ornamen di setiap sudut ruangannya.

Salah satu desain rumah klasik yang bisa diaplikasikan adalah rumah gaya Victorian, yakni rumah klasik Eropa masa kolonialisme. Ciri khas rumah gaya Victorian terletak pada ukuran pintu yang relatif tinggi serta model jendela berdaun pintu ganda. Daun pintu jendela bagian luar berbentuk krepyak sedangkan bagian dalamnya berupa dilengkapi dengan kaca.

Tentunya, setelah tahu apa saja tips desain rumah gaya victorian klasik akan membuat kamu semakin ingin punya rumah klasik sendiri. Seperti rumah yang ada di perumahan Paradise Serpong City 2, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Bila Pins tertarik untuk mengusung konsep rumah klasik bergaya Victorian ke dalam rumah Pins, tips desain rumah gaya Victorian klasik berikut ini bisa Pins pertimbangkan:

Baca juga:

Tips Desain Rumah Gaya Victorian Klasik

Gaya Victorian Klasik menghadirkan keanggunan era lampau ke dalam desain rumah modern. Untuk mencapai estetika yang autentik, pertimbangkan penggunaan elemen dekoratif, seperti ukiran halus dan warna netral. Pilih furniture minimalis dengan sentuhan vintage dan padukan dengan material berkualitas tinggi. 

Kenali proporsi yang tepat untuk menciptakan ruang yang elegan dan berkelas. Dengan menerapkan 5 tips ini, desain rumah Pins akan memancarkan pesona klasik Victoria yang timeless.

1. Kesimetrisan Bangunan

Rumah gaya victorian
Source : Unsplash

Perhatikan dengan cermat proporsi bangunannya. Misalkan bagian kaki bangunan berupa lantai dasar, badannya yakni pada bagian lantai atas, sedangkan posisi kepala bangunan adalah atapnya.

Baca juga : Desain Rumah Minimalis Favorit

2. Pemilihan Dekorasi

tips rumah gaya klasik victorian
Source : Modifico Interior

Pins bisa menerapkan konsep Victorian Italianate pada bagian atapnya, yakni atap berbentuk curam yang bagian puncaknya seolah-olah seperti terpancung. Untuk bagian jendelanya dibuat menonjol keluar dari bidang atapnya.

Ciri khas lain Victorian Italianate adalah cupola. Cupola merupakan bagian bangunan yang menyembul ke atas di antara atap bangunan. Bentuknya hampir menyerupai menara. Cupola biasanya difungsikan sebagai sudut pandang serta merupakan sumber pencahayaan dari sinar matahari.

Untuk dekorasi pada dinding, pagar, dan jendela bisa berupa motif stilasi berbentuk melengkung. Sedangkan pada elemen kayu bisa menggunakan finishing duco berwarna off white. Agar rumah klasik bergaya Victorian ini semakin elegan, Pins bisa menambahkan elemen batu alam pada lantainya.

Baca juga:

3. Pemilihan Warna

tips rumah gaya klasik victorian
Source : bramblefurniture

Warna yang cocok diterapkan pada rumah klasik gaya Victorian adalah putih klasik. Pins bisa memadukan dengan aksen warna-warna lainnya yang kontras dengan putih. Bisa warna-warna terang maupun gelap.

Hindari penggunaan warna-warna netral sebagai aksennya karena warna putih dengan warna-warna netral akan berkesan mati sehingga tampak kurang menarik bila dilihat.

4. Pemilihan Furnitur yang Khas

Source : bramblefurniture

Ketika merancang rumah bergaya Victorian, kehadiran furnitur besar perlu diimbangi dengan sentuhan artistik. Lampu chandelier yang megah dan gorden berwarna dasar emas dapat dipadukan dengan ornamen berpola kuat. Untuk memperkuat kesan arsitektur Victorian dalam ruang interior rumah

Selain menonjolkan keanggunan, penggabungan ornamen yang khas dengan elemen-elemen modern dapat menciptakan harmoni visual yang memukau. Dengan demikian, pemilihan furnitur tidak hanya menjadi fungsi praktis. Tetapi juga menjadi langkah kreatif untuk mengekspresikan keanggunan dan keindahan dalam rumah bergaya Victorian ini.

5. Perancangan Arsitektur

Source : InteriorDesign

Gaya arsitektur desain rumah Victorian menjadi ciri khas munculnya kelas menengah ke atas yang mengapresiasi keanggunan dan kemewahan. Oleh karena itu, rumah yang direncanakan memiliki dimensi yang cukup besar, terdiri dari beberapa lantai. Serta dilengkapi dengan halaman depan dan belakang.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download