BlogPemilik PropertiFinansialMau Bangun Rumah 30 Juta? Ini Simulasi Biayanya!
0
0

Mau Bangun Rumah 30 Juta? Ini Simulasi Biayanya!

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 9, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
bangun rumah 30 jutatop-right-banner

Bangun rumah 30 juta bukan lagi sekadar mimpi. Pasalnya dengan budget tersebut, kamu sudah bisa membangun rumah yang layak dan nyaman. Hal ini bisa terwujudkan dengan catatan Pins sudah memiliki tanah terlebih dahulu. Anggaran tersebut memang hanya untuk membangun pondasi dan bangunannya.

Kamu juga bisa membeli rumah jadi di perumahan melalui aplikasi Pinhome. Tersedia layanan Take Over KPR yang dimanfaatkan untuk membeli rumah dengan harga terjangkau di pasaran.

Fitur pencariannya membantumu menemukan rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah bekas di Bogor. Kamu bahkan dapat menemukan hunian dekat bandara Husein Bandung lewat Pinhome juga, lho.

Baca juga: Berapa Biaya Arsitek Rumah? Ini Tarif, Cara Menghitung, dan Tipsnya!

Rincian Biaya Bangun Rumah 30 Juta

Rincian Biaya Bangun Rumah 30 Juta
Source : Pexels

Dengan budget di atas, model rumah 6×8 biaya 30 juta adalah salah satu luas rumah yang sesuai. Paling tidak, Pins bisa membangun rumah dengan type 21. Karena memiliki ruang terbatas, paling tidak, di rumah tersebut sudah tersedia 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan teras rumah minimalis

Hunian ini sangat cocok untuk ditempati oleh pasangan baru atau keluarga kecil yang sudah dikaruniai seorang buah hati yang masih kecil. Tempat tinggal ini juga cukup ideal untuk ditempati oleh satu orang yang enggan tinggal di unit apartemen karena ingin leluasa tinggal di komplek rumah. Untuk bisa membangun rumah mungil minimalis tersebut, paling tidak ini adalah rincian biaya yang perlu disiapkan:

  • 3.000 buah bata merah dengan harfa Rp1.000/buah = Rp3.000.000
  • 2 truk pasir bangunan yang mana dijual Rp500.000/truk = Rp1.000.000
  • 1 truk kerikil = Rp500.000
  • 1/2 truk batu kali = Rp400.000
  • 30 sak  Semen Padang seharga Rp62.000/sak = Rp1.860.000
  • Besi dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan = Rp1.021.000
  • 2 buah pintu seharga Rp500.000/buah = Rp1.000.000
  • 3 buah jendela memiliki harga Rp 300.000/buah = Rp900.000
  • 1 buah pintu kamar mandi = Rp250.000
  • Kayu untuk rangka dan plafon = Rp1.500.000
  • Triplek untuk plafon = Rp1.000.000
  • Lisplang = Rp500.000
  • 3 kodi genteng dengan harga Rp1.200.000/kodi = Rp3.600.000
  • 1/2 kubik papan = Rp1.000.000
  • Keramik biasa = Rp2.250.000
  • Biaya tak terduga = Rp3.000.000
  • Upah 3 pekerja untuk 30 hari = Rp10.000.000

Estimasi biaya di atas jika ditotal ada di kisaran Rp32.781.000. Material yang dipilih juga yang standar. Karena jika memilih bahan yang grade-nya lebih bagus, biaya yang harus disiapkan juga lebih besar. Untuk mendapatkan kualitas bagus dengan harga terjangkau, Pins juga harus mau mencari vendor, toko bangunan, dan memanfaatkan promosi serta diskon yang ada.

Baca juga: Tips Membangun Rumah dengan Biaya 100 Juta

Cara Bangun Rumah 30 Juta

tips bangun rumah 30 juta 2 lantai
Source : Pexels

Setelah memilih desain rumah dengan biaya 30 juta, Pins juga perlu mengikuti langkah ini dalam prosesnya. Mulai dari menentukan vendor pemborong hingga pemilihan materialnya. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mulai mencicil tahapan ini sebelum membeli dan memulai proses pembangunannya.

1. Memilih Tipe dan Ukuran Rumah yang Sesuai

Desain rumah tipe 21 adalah rekomendasi bangunan yang cocok untuk bangun rumah 30 juta. Kamu bisa menandai tanah 6 m x7 m. Jika ingin ada sisi yang lebih luas dan sekiranya tak membutuhkan tambahan biaya untuk membangunnya, kamu bisa menambah menjadi 6 m x 8 m.

2. Minimalis

Setelah menentukan luas tanah, Pins juga dituntut untuk mencari strategi agar rumah tetap luas. Kamu bisa menerapkan konsep minimalis dan memanfaatkan space yang ada dengan baik.

Jika ingin desainnya tepat sasaran, kamu bisa menambah biaya jasa arsitek yang tidak termasuk dalam budget Rp 30 juta. Paling tidak, kamu bisa mendapat arahan tentang penataan ruang serta inspirasi pemilihan furnitur yang menghemat tempat namun tetap fungsional. 

Jika ingin menghemat biaya, Pins juga bisa memilih konsep minimalis secara otodidak. Caranya pun adalah dengan banyak melihat referensi dan memilih aksen yang sederhana. Pasalnya, semakin banyak aksen yang ditonjolkan, akan membuat biaya menjadi semakin bengkak.

3. Tanpa Sekat

Salah satu bagian dari rumah yang membuatnya terkesan sempit adalah sekat tembok. Pins bisa mengusung desain rumah minimalis yang terinspirasi dari apartemen di Korea dan Jepang.

Di sana, luas bangunan di setiap unit tanah yang dimiliki memang tidak besar. Namun dengan penataan yang tepat dan tanpa banyak sekat justru membuat ruangannya terkesan lebih lowong.

4. Rumah Tumbuh

Konsep rumah tumbuh juga sangat mungkin untuk diterapkan ketika bangun rumah 30 juta 2 lantai. Pins harus menyiapkan cor di bagian atas rumah yang konsepnya sudah disiapkan saat awal membangun.

Jika sudah ada budget lagi di kemudian hari, kamu bisa membangun lantai atas atau pun menambah ruangan di lantai bawah. Sangat ramah untuk menerapkan konsep rumah tumbuh, bukan?

5. Pemilihan Material

Pins harus cermat dalam memilih material bahan bangunan yang akan dipakai. Tak asal pilih yang terjangkau, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas yang bagus. Kamu bisa berkonsultasi dengan yang ada di toko bangunan dan mau membandingkan banyak barang di beberapa tempat untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik.

6. Jasa Borongan

Untuk menghemat biaya, Pins bisa memilih jasa borongan untuk membangun rumah dengan budget tersebut. Kamu bisa membayar jasa tukangnya dan sudah menyediakan bahan bangunannya. Total pengeluaran juga lebih bisa ditekan daripada harus memanfaatkan jasa kontraktor.

7. Finishing Batu Bata atau Plester

Salah satu biaya yang habisnya cukup banyak adalah di tahap finishing. Jika merencanakan untuk membangun kembali dengan konsep rumah tumbuh, kamu bisa menunda finishing tembok. Sebagai gantinya, Pins bisa mengusung konsep industrialis tembok bata dan plester semen.

8. Memantau Pengeluaran

Supaya budget tetap on track dan tidak membengkak, Pins diwajibkan untuk mencatat dan memantau semua pengeluaran. Mulai dari pembelian material tambahan, anggaran biaya makan tukang, dan aspek lainnya. Jika ada pembelian barang tambahan, kamu juga perlu proaktif untuk mencari tahu dengan mandor dan melakukan survei sendiri untuk mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan konsep. 

Baca juga: Menghitung Anggaran Biaya Rumah

Contoh Rumah dengan Biaya 30 Juta

contoh rumah 6x8
Source : Pexels

Di bawah ini adalah beberapa referensi dan contoh rumah yang membutuhkan biaya dengan estimasi Rp30 juta. Ukurannya memang tidak terlalu besar. Pins bisa menyiasatinya dengan menerapkan beberapa trik di atas.

1. Desain Rumah 30 Juta Gaya Industrial

contoh rumah 6x7
Source : Pexels

Jika ingin menerapkan desain rumah dengan konsep industrial, Pins bisa menjajal finishing semen dengan tambahan aksen kayu. Selain itu, kamu juga bisa mendesain dengan jendela berukuran besar.

2. Desain Rumah 30 Juta Modern Kayu

desain rumah dengan biaya 30 juta
Source : Pexels

Jika Pins memiliki keinginan untuk membangun rumah yang dominan dengan kayu, tak ada salahnya untuk dicoba. Ukuran dan luas rumahnya tidak bisa terlalu besar supaya tidak ada pembengkakan biaya yang terlalu besar jumlahnya.

Dalam merencanakan dan bangun rumah 30 juta, Pins harus memperhatikan kebutuhan di atas. Sesuaikan dengan tanah dan konsep minimalis juga perlu dipilih. Kuncinya adalah dengan banyak-banyak melakukan riset untuk material dan vendornya. 

Baca juga: Mau Bangun Rumah 50 Juta? Bisa Dong!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Nismara Harapan Indah dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download